5 Pengguna Nomor Punggung 22 Juventus sebelum Timothy Weah

Ada nama-nama seperti Angel Di Maria hingga Arturo Vidal

Timothy Weah memulai petualangan baru di Italia dengan bergabung ke Juventus pada musim panas 2023. Ia pindah setelah menuai kesuksesan bersama LOSC Lille di Prancis. Pemain asal Amerika Serikat ini dikontrak selama 5 tahun. Kontraknya akan berlaku hingga 2028 mendatang.

Nomor punggung 22 dipilih Timothy Weah ketika datang ke Turin. Sebelumnya, beberapa nama mentereng pernah menggunakan nomor ini saat memperkuat I Bianconeri. Mampukah Weah mengikuti jejak kesuksesan dari deretan mantan pemilik nomor punggung 22 Juventus ini?

1. Angel Di Maria hanya memperkuat Juventus selama semusim

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Juventus sebelum Timothy WeahAngel Di Maria (instagram.com/angeldimariajm)

Angel Di Maria merupakan pengguna nomor punggung 22 terakhir Juventus sebelum dimiliki oleh Timothy Weah. Pemain asal Argentina ini memakainya hanya semusim pada 2022/2023 lalu. Hal itu sesuai dengan masa kerjanya yang singkat di Turin. 

Kendati hanya semusim berseragam Juventus, Di Maria memiliki dampak signifikan di dalam tim. Ia terlibat dalam 40 pertandingan di berbagai kompetisi. Winger berusia 35 tahun tersebut mampu menyumbang 8 gol dan 7 assist selama membela sang raksasa Italia. Pada musim panas 2023, ia hengkang dari Juve untuk pulang memperkuat Benfica.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Juventus Kontra Napoli 

2. Federico Chiesa menjadi andalan di lini serangan Juventus

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Juventus sebelum Timothy WeahFederico Chiesa (instagram.com/fedexchiesa)

Federico Chiesa pernah menggunakan nomor punggung 22 saat masa peminjaman di Juventus. Sebelum dipermanenkan, ia merupakan pemain pinjaman dari Fiorentina medio 2020–2022. Saat ini, pemain internasional Italia ini beralih memakai nomor punggung 7.

Kiprah Chiesa di Juventus cukup konsisten sejak pertama kali hadir. Ia sukses menjelma menjadi salah satu andalan di lini serangan. Kontribusi 26 gol dan 22 assist berhasil dibuatnya dalam 206 pertandingan. Kini, ia menjadi salah satu pemain tak tergantikan di skuad Massimiliano Allegri.

3. Mattia Perin diplot sebagai kiper pelapis dari Wojciech Szczesny

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Juventus sebelum Timothy WeahMattia Perin (instagram.com/mattiaperin)

Mattia Perin bergabung dengan Juventus dari Genoa pada musim panas 2018 lalu. Ia didatangkan untuk mengisi posisi kiper pelapis dari Wojciech Szczesny. Pada tahun perdananya di musim kompetisi 2018/2019, ia memilih menggunakan nomor punggung 22. 

Sempat dipinjamkan ke Genoa pada 2020, Perin kembali ke Juventus dan berjuang memperebutkan posisi kiper utama. Namun, ia tetap kesulitan sehingga hanya menjadi kiper kedua hingga saat ini. Sejauh ini, ia sudah bermain dalam 41 laga dengan catatan 18 clean sheets bagi Juventus.

4. Kwadwo Asamoah merupakan pemain serbabisa selama di Juventus

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Juventus sebelum Timothy WeahKwadwo Asamoah (juventus.com)

Kwadwo Asamoah menghabiskan waktu lama bersama Juventus, yakni medio 2012–2018. Selama 6 tahun tersebut, ia memakai nomor punggung 22. Kiprahnya di Turin membuatnya berkembang menjadi sosok gelandang sayap yang serbabisa. 

Posisi utamanya adalah gelandang kiri. Tapi, Asamoah juga bisa bermain sebagai bek kiri, gelandang tengah, hingga bek tengah. Pemain asal Ghana ini tercatat bermain sebanyak 156 kali bersama Juventus. Ia mampu membukukan 5 gol dan menciptakan 20 assist di sana. Pada 4 Oktober 2022 lalu, ia memutuskan pensiun bersama Cagliari Calcio sebagai klub terakhirnya.

5. Arturo Vidal menjadi sosok gelandang spartan dan produktif

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Juventus sebelum Timothy WeahArturo Vidal (juventus.com)

Arturo Vidal didatangkan Juventus dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2011. Ia memilih menggunakan nomor punggung 22 pada musim perdananya. Setelah itu, ia berganti ke nomor 23. Ia menghabiskan waktu selama 4 tahun di Turin, yakni medio 2011–2015.

Pemain asal Cile ini dikenal sebagai sosok gelandang yang spartan. Kemampuannya dalam menjaga stabilitas tim menghadirkan 4 titel Serie A, 2 Supercoppa Italiana, dan 1 Coppa Italia bagi Si Nyonya Tua. Vidal total memainkan 171 pertandingan di berbagai ajang. Ia merupakan gelandang produktif dengan kontribusi 48 gol dan 25 assist. Saat ini, ia membela klub Brasil, Athletico Paranaense.

Para pemain di atas mempunyai rekam jejak yang apik di Juventus. Kini mengenakan nomor punggung 22, Timothy Weah memiliki kesempatan yang sama untuk membawa I Bianconeri kembali tampil kompetitif. 

Baca Juga: 3 Gol Federico Gatti di Serie A 2023/2024, Bek Tajam Pahlawan Juventus

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya