5 Pelatih Tersering Memainkan Marouane Fellaini di Level Klub

Fellaini putuskan pensiun pada usia 36 tahun

Mantan pemain Everton dan Manchester United, Marouane Fellaini, resmi mengumumkan gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional. Keputusan ini disampaikan melalui Instagram pribadinya, Sabtu (3/2/2024). Ia pensiun dari lapangan hijau pada usia 36 tahun.

Keputusan yang diambilnya ini sekaligus mengakhiri kariernya di dunia kulit bundar selama 18 tahun. Selama aktif bermain, Fellaini membela sejumlah klub. Ia pernah memperkuat Standard Liege, Everton, Manchester United, dan Shandong Taishan sebagai klub terakhirnya.

Kiprah Marouane Fellaini di beberapa klub ini membuatnya banyak ditangani oleh pelatih kenamaan. Sederet pelatih mengandalkannya berkat kemampuan dan kualitasnya sebagai seorang gelandang. Siapa saja mereka? Berikut lima pelatih yang paling sering memainkan Marouane Fellaini di level klub. 

1. David Moyes paling sering memainkan Marouane Fellaini dengan total 193 laga

5 Pelatih Tersering Memainkan Marouane Fellaini di Level KlubDavid Moyes (twitter.com/premierleague)

David Moyes merupakan pelatih yang paling sering memainkan Marouane Fellaini. Total 193 laga dipercayakan kepada pemain asal Belgia ini. Keduanya bekerja sama di dua klub berbeda, yakni ketika di Everton dan Manchester United. 

Kerja sama keduanya diawali ketika berada di Everton. Pada musim panas 2008, Fellaini dibeli dari Standar Liege. Ia menjadi andalan di lini tengah The Toffees dengan kontribusi 32 gol dan 26 assist. Ketika Moyes menangani Manchester United pada 2013/2014, ia juga ikut diboyong ke Old Trafford. Di Theatre of Dream, ia bermain sebanyak 20 laga dengan menyumbang 2 assist di bawah asuhan David Moyes.

Baca Juga: 4 Klub Terakhir yang Memecat Jose Mourinho

2. Jose Mourinho mempercayainya dalam 89 laga saat memperkuat Manchester United

5 Pelatih Tersering Memainkan Marouane Fellaini di Level KlubJose Mourinho (twitter.com/premierleague)

Jose Mourinho mengandalkan Marouane Fellaini ketika ia menukangi Manchester United medio 2016–2018. Dalam waktu 2,5 tahun tersebut, sang gelandang bermain dalam 89 laga di semua ajang. Ia mengemas 11 gol dan 5 assist selama dilatih sosok berjulukan The Special One.

Pencapaiannya bersama Jose Mourinho ini terbilang sukses. Fellaini berperan penting membawa Manchester United meraih empat trofi. Sang gelandang berkontribusi dengan mempersembahkan masing-masing satu gelar juara Piala Liga Inggris, Community Shield, dan Liga Europa.

3. Michel Preud'homme memainkannya dalam 72 laga saat membangun karier di Standard Liege

5 Pelatih Tersering Memainkan Marouane Fellaini di Level KlubMichel Preud'homme (uefa.com)

Michel Preud'homme merupakan pelatih yang berjasa besar mengangkat nama Marouane Fellaini. Ia adalah sosok yang mempromosikannya ke tim utama Standar Liege. Keduanya bekerja sama selama 2 tahun medio 2006–2008. 

Fellaini dipercaya tampil sebanyak 72 kali oleh Preud'homme. Penampilannya mencuri perhatian sebagai gelandang box to box di usia yang masih belasan. Ia mampu berkontirbusi dengan mengemas 12 gol dan 5 assist. Kala itu, ia juga turut berperan penting membawa Standar Liege menjuarai Liga Belgia sebanyak dua kali. 

4. Marouane Fellaini tampil produktif dalam 69 laga saat dilatih Hao Wei di Shandong Taishan

5 Pelatih Tersering Memainkan Marouane Fellaini di Level KlubHao Wei (the-afc.com)

Shandong Taishan merupakan klub terakhir yang dibela Marouane Fellaini. Ia bekerja sama dengan Hao Wei selama 3 tahun pada 2020–2023. Gelandang asal Belgia ini dipercaya turun bermain dalam 69 pertandingan di berbagai ajang. 

Penampilan Fellaini di Shandong Taishan cukup produktif bersama Hao Wei. Ia mampu membukukan 24 gol dan menghasilkan 6 assist. Kerja sama keduanya juga berhasil dibayarkan lewat 2 titel Chinese FA Cup dan 1 gelar juara Chinese Super League.

5. Louis van Gaal memainkannya dalam 65 laga saat berada di Manchester United

5 Pelatih Tersering Memainkan Marouane Fellaini di Level KlubLouis van Gaal (twitter.com/premierleague)

Marouane Fellani dan Louis van Gaal pernah bekerja sama ketika berada di Manchester United. Periode tersebut terjadi pada 2014–2016. Pelatih asal Belanda ini memercayai sang gelandang turun dalam 65 laga di berbagai kompetisi. 

Bersama dengan Van Gaal, Fellaini mampu menunjukkan permainannya yang konsisten. Ia berhasil mengemas 11 gol dan 3 assist. Kontrbusi pentingnya ketika dilatih Louis van Gaal adalah membantu Manchester United menjuarai Piala FA 2015/2016.

Kiprah Marouane Fellaini memang lebih tersohor saat membela Everton dan Manchester United. Ia juga menjadi gelandang andalan Timnas Belgia saat masih aktif di level internasional. Dalam 18 tahun kariernya, ia membukukan 118 gol dan 59 assist dalam 580 penampilan di berbagai klub. Momen apa yang paling kamu ingat dari sosok Marouane Fellaini selama berkarier?

Baca Juga: 3 Pemain Aktif MU yang Terlibat Masalah Internal di Era Erik Ten Hag

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya