3 Pelatih yang Berhasil Bawa Borussia Dortmund ke Final Liga Champions

Edin Terzic terbaru!

Borussia Dortmund sukses melaju ke final Liga Champions Eropa 2023/2024. Kepastian ini didapatkan usai mengalahkan Paris Saint-Germain pada semifinal leg kedua yang digelar di Parc des Princes, Rabu (8/5/2024). Wakil Jerman ini menang dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Mats Hummels. Die Borussen lolos ke partai puncak berkat keunggulan agregat 2-0.

Keberhasilan Borussia Dortmund mencapai final ini merupakan yang ketiga kalinya sepanjang sejarah. Edin Terzic sebagai pelatih berperan besar terhadap kesuksesan ini. Ia menjadi pelatih ketiga yang mampu mengantarkan tim lolos ke final kompetisi tertinggi antarklub Eropa ini.

Termasuk Edin Terzic, inilah tiga sosok pelatih yang berhasil membawa Borussia Dortmund mentas di final Liga Champions. 

1. Ottmar Hitzfeld menjadi pelatih pertama yang ke final sekaligus membawa Borussia Dortmund juara

3 Pelatih yang Berhasil Bawa Borussia Dortmund ke Final Liga ChampionsOttmar Hietzfeld (twitter.com/ChampionsLeague)

Ottmar Hietzfeld merupakan pelatih pertama yang mengantarkan Borussia Dortmund ke final Liga Champions. Hal ini terjadi pada musim kompetisi 1996/1997. Hebatnya, pria asal Jerman sukses mempersembahkan trofi Si Kuping Besar untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

Dalam perjalanannya, Dortmund tergabung dalam Grup B bersama Atletico Madrid, Widzew Lodz, dan FCSB. Mereka lolos sebagai runner-up usai mengumpulkan 13 poin hasil dari 4 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kekalahan. Pada perempat final, Auxerre menjadi lawan mudah yang dikalahkan dengan agregat 4-1. Mentas di semifinal kontra Manchester United, Dortmund memberi kejutan dengan menang agregat 2-0. 

Pada partai final, Juventus yang bestatus sebagai juara bertahan sukses dikalahkan. Brace Karl-Heinz Riedle yang dicetak pada babak pertama menjadi harapan. Juventus sempat mencetak gol melalui Alessandro Del Piero. Namun, tambahan satu gol dari Lars Ricken memastikan Dortmund keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 3-1.

Baca Juga: Wembley Sambut Dortmund Lagi di Final Liga Champions

2. Juergen Klopp membawa Borussia Dortmund ke final Liga Champions 2013

3 Pelatih yang Berhasil Bawa Borussia Dortmund ke Final Liga ChampionsJuergen Klopp (uefa.com)

Pelatih kedua yang mampu membawa Borussia Dortmund ke final adalah Juergen Klopp. Pencapaian ini dibuat pada musim 2012/2013. Sayangnya, final berakhir pahit dengan hanya sebagai runner-up. Menghadapi Bayern Munich, mereka takluk dengan skor 1-2. 

Perjalanan Borussia Dortmund pada musim tersebut terbilang mengejutkan. Berada di Grup D bersama Real Madrid, Manchester City, dan Ajax Amsterdam, mereka tampil digdaya. Die Borussen lolos ke fase gugur sebagai juara grup dengan perolehan 14 poin hasil dari 4 kemenangan dan 2 imbang. 

Pada babak 16 besar, Shakhtar Donetsk dikalahkan dengan agregat 5-2. Sementara di perempat final, Dortmund susah payah membekuk Malaga dengan agregat 3-2. Pada semiifinal, mereka kembali bertemu Real Madrid. Namun, wakil Spanyol itu mampu dikalahkan lewat agregat 3-2. Keperkasaan ini akhirnya tumbang di tangan tim senegara, Bayern Munich. Dortmund sempat unggul melalui gol penalti Ilkay Guendogan. Sayangnya, masing-masing satu gol dari Mario Mandzukic dan Arjen Robben memupuskan harapan juara tersebut. 

3. Edin Terzic berpotensi mengakhiri penantian panjang Borussia Dortmund menjadi juara

3 Pelatih yang Berhasil Bawa Borussia Dortmund ke Final Liga ChampionsEdin Terzic (uefa.com)

Edin Terzic menjadi sosok magis di balik keberhasilan Borussia Dortmund menembus final Liga Champions 2023/2024. Terseok-seok di Bundesliga Jerman, Die Borussen tampil ganas di kompetisi Eropa. Mereka menyingkirkan Paris Saint-Germain di semifinal dengan agregat 2-0.

Tergabung di Grup F yang dianggap sebagai grup neraka, Dortmund lolos sebagai juara grup. Mereka bersaing dengan Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Newcastle United untuk lolos ke fase gugur. Dortmund memperoleh 11 poin hasil dari 3 kemenangan, 2 seri, dan 1 kekalahan. 

Sepanjang fase gugur, Dortmund memiliki performa yang naik turun di tiap laga. Pada babak 16 besar, PSV Eindhoven disingkirkan dengan agregat 3-1. Sempat kalah pada leg pertama perempat final dari Atletico Madrid, mereka bangkit dan menang pada leg kedua. Dortmund berhasil lolos ke semifinal berkat keunggulan agregat 5-4. 

Kini, Dortmund tinggal menunggu siapa lawan mereka di final. Bayern Munich dan Real Madrid sama-sama merupakan lawan tangguh yang siap dihadapi. Edin Terzic kini berpotensi mengakhiri penantian panjang tim selama 27 tahun tidak juara. Mampukah ia mempersembahkan trofi juara Liga Champions? Menarik dinantikan!

Baca Juga: Edin Terzic, Fans yang Bawa Dortmund ke Final Liga Champions

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya