5 Pemain Andalan Jose Mourinho Selama Melatih AS Roma

Mulai dari Bryan Cristante hingga Lorenzo Pellegrini

AS Roma resmi mengakhiri kerja sama dengan Jose Mourinho pada, Selasa (16/1/2024). Keputusan ini diambil manajemen menyusul performa inkonsisten tim pada musim 2023/2024. i Giallorossi kesulitan bersaing dan tercecer di posisi kesembilan klasemen Serie A Italia.

Jose Mourinho menghabiskan waktu di AS Roma selama 2,5 tahun sepanjang 2021–2024. Selama periode tersebut, pelatih berjuluk The Special One ini juga memiliki pemain andalan yang kerap dimainkan di berbagai kompetisi. Siapa saja mereka? Berikut lima pemain andalan Jose Mourinho ketika melatih AS Roma. 

1. Bryan Cristante dipercaya turun sebanyak 131 kali di berbagai ajang

5 Pemain Andalan Jose Mourinho Selama Melatih AS RomaBryan Cristante (twitter.com/ASRomaEN)

Bryan Cristante menjadi pemain yang paling sering dimainkan oleh Jose Mourinho. Ia tercatat turun dalam 131 pertandingan di berbagai ajang. Pemain asal Italia ini dominan bermain di pos gelandang bertahan. Namun, ia beberapa kali dipasang sebagai bek dan gelandang tengah.

Pemain berusia 28 tahun ini menjadi bagian penting dalam permainan AS Roma. Cristante berperan sebagai penjaga stabilitas tim sekaligus pemutus serangan lawan dari lini tengah. Ia juga tampil cukup produktif dengan membukukan 6 gol dan menciptakan 8 assist. 

Baca Juga: AS Roma Tunjuk Daniele De Rossi Jadi Suksesor Jose Mourinho

2. Rui Patricio tampil dalam 125 laga di bawah mistar gawang AS Roma

5 Pemain Andalan Jose Mourinho Selama Melatih AS RomaRui Patricio (instagram.com/rpatricio1)

Rui Patricio merupakan salah satu pemain yang datang saat masa awal Jose Mourinho melatih AS Roma. Ia direkrut dari Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2021 lalu. Pengalamannya sebagai kiper membantu I Giallorossi bisa bersaing di berbagai kompetisi. 

Kiper asal Portugal ini dipercaya menjaga gawang AS Roma dalam 125 pertandingan. Ia menjadi tembok pertahanan terakhir untuk menyelamatkan tim agar tidak kemasukan gol. Dari jumlah penampilannya tersebut, Patricio mencatatkan 47 clean sheets dan kebobolan 128 kali.

3. Gianluca Mancini menjadi bek andalan Jose Mourinho di AS Roma dalam 122 laga

5 Pemain Andalan Jose Mourinho Selama Melatih AS RomaGianluca Mancini (instagram.com/gianlumancio_23)

Gianluca Mancini menjadi sosok tak tergantikan di sektor pertahanan AS Roma. Selama ditangani Jose Mourinho, ia tampil dalam 122 laga di semua kompetisi. Permainannya yang spartan dan berani membuatnya diandalkan untuk mengawal lini belakang.

Kendati berposisi sebagai bek, Mancini tampil cukup produktif. Ia mampu berkontribusi dalam 4 gol dan menghasilkan 5 assist dari jumlah laga yang dilakoni tersebut. Kemampuannya ini juga menjadi salah satu alasannya menjadi pilihan utama.

4. Tammy Abraham diandalkan sebagai ujung tombak serangan dalam 107 laga

5 Pemain Andalan Jose Mourinho Selama Melatih AS RomaTammy Abraham (instagram.com/tammyabraham)

Jose Mourinho bisa disebut sebagai penyelamat karier Tammy Abraham yang meredup di Chelsea. Ia didatangkan pada musim panas 2021 lalu dan mampu bangkit bersama AS Roma. Striker berpaspor Inggris ini kemudian tampil moncer di bawah kendali sang pelatih. 

Selama ditangani Mourinho, pemain berusia 26 tahun ini bermain sebanyak 107 kali. Abraham sukses mengangkat namanya lagi dengan torehan 36 gol dan 13 assist bersama AS Roma. Sayangnya, pada 2023/2024, ia belum bisa bermain setelah mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada Juni 2023 lalu. 

5. Lorenzo Pellegrini menjadi kreator serangan AS Roma dengan tampil sebanyak 105 kali

5 Pemain Andalan Jose Mourinho Selama Melatih AS RomaLorenzo Pellegrini (twitter.com/ASRomaEN)

Lorenzo Pellegrini merupakan kapten tim AS Roma. Pengalamannya sebagai sosok pemain senior dimanfaatkan dengan maksimal oleh Jose Mourinho. Ia mampu memainkan peran dengan baik sebagai kreator serangan I Giallorossi. 

Berkat kualitasnya, Pellegrini telah dipercaya turun memimpin tim dalam 105 pertandingan. Berposisi sebagai gelandang serang, produktivitasnya cukup tinggi dalam membantu lini penyerangan. Ia total mengemas 25 gol dan menciptakan 19 assist. 

Selain kelima pemain di atas, banyak pemain lain juga yang diandalkan Jose Mourinho selama menangani AS Roma. Terlepas dari jumlah penampilannya, para pemain tersebut berhasil mengantarkan I Giallorossi meraih juara. Alhasil, pelatih asal Portugal ini pergi dengan mempersembahkan prestasi sebagai juara UEFA Europa Conference League bagi I Giallorossi.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Jose Mourinho

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya