4 Pemain AS Roma di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024

Stephan El Shaarawy jadi salah satu nama kejutan

Intinya Sih...

  • 30 pemain dipanggil ke Timnas Italia untuk Euro 2024
  • Lorenzo Pellegrini, Stephan El Shaarawy, Gianluca Mancini, dan Bryan Cristante dari AS Roma masuk skuad sementara
  • Kontribusi para pemain AS Roma di musim 2023/2024 berpotensi membantu Timnas Italia bersaing di Euro 2024

Sebanyak 30 pemain dipanggil ke Timnas Italia oleh pelatih Luciano Spalletti. Para pemain tersebut dipilih dari beberapa klub untuk menjalani persiapan Euro 2024. Salah satu klub yang mengirimkan banyak pemainnya adalah AS Roma

Tercatat, terdapat empat pemain AS Roma yang masuk ke dalam skuad sementara Timnas Italia. Pemanggilan ini berdasarkan performa yang ditunjukkan sepanjang musim 2023/2024. Para pemain ini mempunyai peran krusial di balik kebangkitan I Gialorossi yang sempat terpuruk di awal musim. 

Siapa saja dan kontribusi seperti apa yang bisa diberikan para pemain AS Roma ini untuk Timnas Italia untuk Euro 2024?

1. Lorenzo Pellegrini berperan penting mengangkat performa tim sebagai kapten

4 Pemain AS Roma di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Lorenzo Pellegrini (x.com/Azzurri)

Lorenzo Pellegrini menjadi sosok krusial di balik kebangkitan AS Roma di Serie A 2023/2024. Pada awal musim, ia menderita cedera hamstring sehingga absennya memengaruhi produktivitas tim. Perannya sebagai gelandang pengatur serangan pun begitu berdampak ketika ia absen. 

Terlebih lagi, statusnya sebagai kapten tim juga berpengaruh. Pergantian pelatih di pertengahan musim juga membuat tugasnya menjadi berat. Namun, ia berhasil membantu tim bangkit. Ia memainkan 28 laga dengan koleksi 8 gol dan 4 assist. Produktivitas yang dimilikinya ini nantinya bisa membantu Timnas Italia untuk bersaing di Euro 2024.

Baca Juga: 6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024

2. Stephan El Shaarawy kembali mendapatkan kesempatan di Timnas Italia

4 Pemain AS Roma di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Stephan El Shaarawy (instagram.com/stewel92)

Stephan El Shaarawy merupakan nama lama di skuad Timnas Italia. Namun, ia juga sudah jarang dipanggil sebab sering berpindah klub. Penampilan pemain berusia 31 tahun ini di AS Roma sejatinya cenderung biasa saja di sepanjang musim 2023/2024. 

Sebagai seorang winger, El Shaarawy hanya membuat 3 gol dan 4 assist dari 32 kali berlaga. Meski demikian, sosoknya yang berpengalaman dibutuhkan Timnas Italia. Ia sudah mengoleksi 31 caps dengan kontribusi 7 gol dan 4 assist. Ia bisa menjadi opsi di lini penyerangan.

3. Gianluca Mancini menjadi tembok kokoh di lini pertahanan tim

4 Pemain AS Roma di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Gianluca Mancini (instagram.com/gianlumancio_23)

Gianluca Mancini merupakan pemain andalan AS Roma. Beroperasi di sektor bek tengah, ia tampil spartan di lini pertahanan. Catatan 48 laga di berbagai ajang menjadi bukti peran vitalnya bagi tim Serigala Ibu Kota di sepanjang musim 2023/2024. 

Pemanggilannya ke Timnas Italia menambah kedalaman di lini pertahanan. Meski merupakan bek tengah, Mancini bisa memberi opsi lain berkat kemampuan ofensifnya. Ia bermain cukup produktif bersama AS Roma dengan mampu menyumbang 7 gol dan 1 assist

4. Bryan Cristante tampil spartan sebagai gelandang bertahan

4 Pemain AS Roma di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Bryan Cristante (instagram.com/bryancristante)

Bryan Cristante menunjukkan peran pentingnya di dalam permainan AS Roma. Ia mampu menjadi jenderal lapangan tengah tim. Berposisi sebagai gelandang bertahan, ia menjadi pemutus serangan lawan agar tidak masuk ke lini pertahanan. 

Pemain berusia 29 tahun ini merupakan sosok tak tergantikan. Cristante memainkan hampir semua laga di musim ini dengan total 51 kali. Dari jumlah penampilannya itu, ia tercatat hanya absen dua kali akibat akumulasi kartu. Kehadirannya di Timnas Italia akan menambah opsi di sektor gelandang bertahan. 

Para pemain di atas berpeluang untuk bisa masuk ke skuad final Euro 2024. Timnas Italia masih akan melakoni laga uji coba melawan Turki dan Bosnia & Herzegovina. Mereka mempunyai kesempatan untuk membuktikan kualtiasnya pada laga uji coba tersebut. Nantinya, dari 30 nama yang dipanggil, hanya ada 26 pemain yang bakal dibawa. Akankah keempat pemain AS Roma ini bisa menyegel tempat di dalam skuad?

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya