4 Pemain Bayer Leverkusen yang Mentas di Piala Afrika 2023

Termasuk sang striker utama, Victor Boniface

Piala Afrika bakal berlangsung mulai 13 Januari–11 Ferbruari 2024. Kali ini, ajang bergengsi antarnegara Afrika ini diselenggarakan di Pantai Gading. Turnamen yang berlangsung pada pertengahan musim kompetisi papan atas Eropa ini membuat sejumlah klub Eropa harus rela melepas pemainnya. 

Salah satu klub yang terdampak dengan adanya Piala Afrika 2023 adalah Bayer Leverkusen. Klub asal Jerman ini kehilangan empat pemainnya yang pergi untuk membela masing-masing negara. Hal ini tentu menjadi kerugian mengingat Die Werkself tengah bersaing dalam perebutan gelar juara Bundesliga 2023/2024.

1. Victor Boniface menjalani Piala Afrika pertama bersama Timnas Nigeria

4 Pemain Bayer Leverkusen yang Mentas di Piala Afrika 2023Victor Boniface (twitter.com/boniface_jrn)

Victor Boniface bakal menjalani kompetisi Piala Afrika perdananya bersama Timnas Nigeria. Ia dipanggil berkat performa impresifnya bersama Bayer Leverkusen pada 2023/2024. Bersama klub Jerman ini, ia menjadi andalan di lini serangan dengan sumbangan 16 gol dan 8 assist dari 23 laga di semua ajang. 

Striker berusia 23 tahun ini memang baru bergabung ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Namun, Boniface langsung bisa nyetel dan tampil tajam. Ia sejatinya baru menjalani debutnya bersama Timnas Nigeria pada 10 September 2023. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 4 caps dengan mengemas 1 gol. Dengan ketajamannya selama di klub, Super Eagles berharap bisa mengandalkannya untuk menjuarai Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Afrika

2. Edmond Tapsoba bakal menjadi andalan di lini pertahanan Timnas Burkina Faso

4 Pemain Bayer Leverkusen yang Mentas di Piala Afrika 2023Edmond Tapsoba (instagram.com/edmondtapsoba)

Edmond Tapsoba akan membela Timnas Burkina Faso di Piala Afrika 2023. Ia merupakan bek yang sudah langganan dipanggil timnas sejak 2016 lalu. Koleksi 36 caps menjadi bukti dirinya diandalkan di berbagai ajang oleh negara yang terletak Afrika Barat ini. 

Konsistensi yang ditunjukkan Tapsoba di Bayer Leverkusen pada 2023/2024 menjadi modal berharga. Berkat peran kokohnya di lini pertahanan tim, ia mampu membawa Die Werkself kompetitif di berbagai ajang. Performa apiknya di klub diharapkan bisa ia teruskan saat memperkuat Timnas Burkina Faso di Piala Afrika 2023. 

3. Amine Adli menjadi tumpuan di sisi kiri penyerangan Timnas Maroko

4 Pemain Bayer Leverkusen yang Mentas di Piala Afrika 2023Amine Adli (instagram.com/amine_ad10)

Amine Adli dipanggil untuk mengisi sisi kiri penyerangan Timnas Maroko. Edisi Piala Afrika 2023 merupakan yang pertama kali dilakoninya. Setelah debutnya pada September 2023 lalu, ia berkesempatan untuk membela skuad Singa Atlas di ajang bergengsi Benua Hitam ini.

Bersama Bayer Leverkusen, Adli tampil impresif pada 2023/2024. Winger berusia 23 tahun ini sudah memainkan 20 laga di berbagai ajang. Ia mengemas 5 gol dan menghasilkan 8 assist. Kelebihannya sebagai pemain versatile membuatnya menjadi sosok yang fleksibel ditempatkan di posisi mana saja. Kualitasnya tentu bakal membantu Timnas Maroko tampil lebih kompetitif pada Piala Afrika 2023. 

4. Odilon Kossounou berambisi membawa Timnas Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika 2023

4 Pemain Bayer Leverkusen yang Mentas di Piala Afrika 2023Odilon Kossounou (instagram.com/odillonkossounou)

Piala Afrika 2023 bakal diselenggarakan di Pantai Gading. Sebagai tuan rumah, tentu Les Elephants ingin tampil maksimal. Status tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi tim sebab mendapatkan banyak dukungan dari penonton di stadion. 

Odilon Kossounou akan berusaha mewujudkan hal tersebut bersama Timnas Pantai Gading. Kali terakhir mereka meraih gelar juara terjadi pada Piala Afrika 2015. Kompetisi kali ini akan menjadi kesempatan yang tepat untuk kembali mendapatkannya. Performa sang bek di Bayer Leverkusen merupakan modal penting. Sejauh musim ini berlangsung, ia sudah bermain sebanyak 20 kali di semua ajang. 

Bayer Leverkusen sejatinya memiliki lima pemain yang berasal dari Afrika. Namun, hanya Nathan Tella yang tidak dipanggil ke skuad Timnas Nigeria untuk Piala Afrika 2023. Hal tersebut bisa menjadi keuntungan bagi tim. Kehilangan sejumlah pemain andalan tentu bakal berdampak bagi Die Werkself. Akan tetapi, mereka sudah bersiap untuk menyiasati kepergian para pemainnya agar bisa tetap kompetitif pada 2023/2024.

Baca Juga: 6 Pemain Nottingham Forest yang Bermain di Piala Afrika 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya