5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024

Salah satunya Marco Reus

Borussia Dortmund tampil kurang konsisten pada 2023/2024. Die Borussen terlempar dari persaingan titel juara Bundesliga Jerman. Padahal, musim lalu, mereka mampu bertarung hingga akhir meski gagal juara dan hanya finis di posisi kedua setelah Bayern Munich. 

Hal tersebut tentu berpengaruh kepada kondisi tim. Pada 2024/2025 mendatang, Borussia Dortmund berpotensi bakal merombak skuad demi kembali kompetitif memperebutkan gelar juara. Banyak pemain sudah masuk daftar incaran untuk direkrut pada musim panas 2024.

Di sisi lain, sejumlah pemain Borussia Dortmund akan kedaluwarsa masa kerjanya pada akhir musim 2023/2024. Beberapa nama masih menjadi andalan, tetapi ada yang hanya berperan sebagai pelapis. Berikut lima pemain yang habis kontrak pada musim panas 2024 mendatang.

1. Jadon Sancho bakal kembali ke Manchester United usai masa peminjaman selesai

5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Jadon Sancho (twitter.com/BVB)

Jadon Sancho merapat ke Borussia Dortmund pada bursa transfer Januari 2024. Ia bergabung dari Manchester United sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim 2023/2024. Pemnjamannya ini bertujuan untuk mengembalikan performanya yang menurun akibat tidak dimainkan. Namun, tidak ada opsi pembelian permanen dalam transfer ini.

Borussia Dortmund sendiri merupakan tempat berkarier Sancho pada 2017–2021. Ia menuai kesuksesan berkat torehan 50 gol dan 64 assist dari 137 laga. Manchester United berharap ia bisa menemukan kembali sentuhan terbaiknya saat dipinjamkan ke Die Borussen. Sejauh ini, ia sudah terlibat dalam 5 laga dengan menciptakan 2 assist.

2. Marco Reus berpotensi pergi setelah 12 tahun mengabdi kepada Borussia Dortmund

5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Marco Reus (instagram.com/marcinho11)

Marco Reus merupakan salah satu pemain loyal di Borussia Dortmund. Sejak bergabung pada 2012 lalu, ia menjadi andalan di lini tengah Die Borussen. Meski beberapa kali mendapat tawaran dari klub lain, gelandang berusia 34 tahun ini setia membela Die Borussen. 

Kontraknya akan habis pada musim panas 2024. Kemungkinan besar Reus bisa pergi setelah pengabdiannya selama 12 tahun. Selama memperkuat Borussia Dortmund, pemain asal Jerman ini sendiri sudah terlibat dalam 413 pertandingan. Ia berkontribusi melalui 167 gol dan 124 assist untuk Die Borussen.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Meraih Trofi Bareng Timnas

3. Mats Hummels belum menentukan masa depannya di Borussia Dortmund

5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Mats Hummels (instagram.com/aussenrist15)

Mats Hummels akan habis kontrak pada musim panas 2024. Namun, bek asal Jerman ini belum memikirkan masa depannya. Pemain berusia 35 tahun ini lebih memilih fokus terlebih dahulu untuk bermain bersama Borussia Dortmund. 

Penampilannya sendiri bersama Borussia Dortmund terbilang impresif pada 2023/2024. Sejauh ini, Hummels diandalkan dalam 24 laga di berbagai ajang. Secara keseluruhan, ia sudah terlibat dalam 492 laga, termasuk pada periode pertamanya pada 2008–2016. Ia mampu menyumbang 36 gol 22 assist. Meski demikian, ia juga tidak menutup kemungkinan untuk pindah ke klub lain.

4. Marius Wolf kemungkinan tidak memperpanjang kontraknya di Borussia Dortmund

5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Marius Wolf (instagram.com/mariuswolf27)

Marius Wolf berpotensi pergi saat kontraknya habis pada akhir musim 2023/2024. Meski menjadi andalan di sektor bek kanan, kepindahannya ini tampaknya bakal terwujud. Pasalnya, ia dilaporkan sudah mendapatkan tawaran dari sejumlah klub Arab Saudi dan Qatar.

Borussia Dortmund sendiri belum memberikan perpanjangan kontrak. Manajemen masih melihat kontribusinya bersama tim hingga musim selesai. Situasi Wolf untuk pindah atau bertahan terbilang seimbang. Musim ini, pemain berusia 28 tahun ini juga kerap dirotasi. Namun, ia selalu menjadi pilihan utama meski jarang bermain penuh selama 90 menit.

5. Mateu Morey masih punya potensi untuk diperpanjang

5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Mateu Morey (instagram.com/mateujaume2)

Sama halnya dengan Marius Wolf, Mateu Morey juga masih akan dilihat hingga akhir musim 2023/2024. Ia mempunyai potensi sebagai pemain muda yang baru berusia 23 tahun. Kemungkinan besar ia akan diperpanjang kontraknya untuk bersaing di pos bek kanan.

Sejak bergabung pada 2019 lalu, perannya memang kerap sebagai pelapis. Namun, Morey menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Ia telah dipercaya dalam 30 pertandingan di berbagai ajang. Salah satu peran pentingnya juga membawa Borussia Dortmund menjuarai DFB-Pokal 2020/2021.

Sebagian besar para pemain di atas merupakan andalan Borussia Dortmund. Namun, dengan kontrak yang bakal berakhir pada musim panas 2024, masa depan mereka belum pasti. Beberapa di antaranya berpotensi untuk dipertahankan, tetapi ada juga yang kemungkinan besar pergi pada akhir musim 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pertukaran Pemain antara PSV Eindhoven dan Borussia Dortmund

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya