4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024

Adam Wharton jadi kejutan!

Sebanyak 33 pemain dipanggil ke Timnas Inggris oleh Gareth Southgate. Skuad provisional ini akan melakukan persiapan jelang Euro 2024. Dari jumlah tersebut, Crystal Palace menjadi salah satu klub yang banyak mengirimkan pemainnya.

Terdapat empat pemain Crystal Palace yang masuk ke dalam skuad. Performa mereka sepanjang musim 2023/2024 menjadi pertimbangan utama. Lalu, siapa saja mereka dan kontribusi apa yang bisa diberikan kepada Timnas Inggris untuk Euro 2024?

1. Eberechi Eze tampil produktif di lini serang

4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024Eberechi Eze (instagram.com/eze)

Eberechi Eze menampilkan permainan yang konsisten bersama Crystal Palace. Khusus di Premier League, ia menjadi salah satu pemain penting di lini serangan tim. Ia memainkan total 27 pertandingan. Ia berhasil mengemas 11 gol dan menghasilkan 4 assist. 

Kendati Crystal Palace sempat berganti manajer, peran Eze tidak terpinggirkan. Hal ini disebabkan kemampuan serbabisanya sebagai pemain ofensif. Ia memainkan peran sebagai gelandang serang. Namun, ia juga bisa ditempatkan sebagai winger di kedua sisi sayap. Sosoknya yang versatille ini membuatnya dapat menambah variasi serangan Timnas Inggris. 

2. Marc Guehi menjadi tembok kokoh pertahanan

4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024Narc Guehi (instagram.com/marcguehi10)

Marc Guehi menjadi sosok vital di lini pertahanan Crystal Palace. Pada 2023/2024, ia memainkan peranan penting sebagai bek tengah. Ia berlaga sebanyak 29 kali di berbagai kompetisi. Performa ini yang membuatnya dipanggil ke Timnas Inggris. 

Bek berusia 23 tahun ini merupakan salah satu pemain muda potensial. Sejak melakoni debutnya pada Maret 2022 lalu, ia sudah mengoleksi sembilan caps. Sosoknya sebagai bek yang tangguh dan spartan akan menambah kedalaman skuad TImnas Inggris di lini pertahanan.

Baca Juga: 6 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Euro 2024

3. Dean Henderson bermain apik sebagai kiper utama

4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024Dean Henderson (instagram.com/deanhenderson)

Dean Henderson akhirnya dipanggi lagi ke Timnas Inggris. Terakhir kali ia bermain dengan seragam The Three Lions adalah saat melakoni debut pada November 2020 lalu. Setelah itu, ia kehilangan satu tempat setelah berpindah ke beberapa klub dan mengalami cedera.  Keputusannya untuk bergabung pada musim panas 2023 lalu menjadi kebangkitan kariernya.

Sejatinya, Henderson dibeli untuk memberi persaingan kepada kiper utama Crystal Palace, Sam Johnstone. Namun, ia cedera pada pertengahan musim sehingga posisi kiper diambil alih Henderson. Ia berhasil tampil sebanyak 18 kali dengan catatan 4 clean sheet. Ia akan bersaing dengan Jordan Pickford, Aaron Ramsdale, dan James Trafford.

4. Adam Wharton mendapatkan panggilan pertamanya dari Timnas Inggris

4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024Adam Wharton (instagram.com/adamwharton10)

Adam Wharton mendapatkan panggilan pertamanya dari skuad senior Inggris. Ia menjadi salah satu nama kejutan yang dipanggil Gareth Southgate. Pasalnya, ia juga baru debut bersama Inggris U-21 pada jeda internasional Maret 2024 lalu. Salah satu alasan pemanggilannya adalah berkat performa gemilang bersama Crystal Palace. 

Padahal, Wharton baru bergabung dengan Crystal Palace pada Februari 2024. Ia direkrut dari Blackburn Rovers setelah penampilan apiknya bersama klub kasta kedua Liga Inggris tersebut. Debut ketika dilatih Roy Hodgson. ia menunjukkan potensinya sebagai pemain muda bertalenta di bawah komado Oliver Glasner.

Saat ini, Wharton masih berusia berusia 20 tahun. Meski masih muda, ia sudah dipercaya mengawal lini tengah Crystal Palace. Total 16 laga berhasil dicatatkannya dengan kontribusi 3 assist. Ia bisa memainkan tiga posisi gelandang, yakni bertahan, sentral, dan serang. Potensinya ini bakal berguna untuk Timnas Inggris dalam memilih pemain tengah di Euro 2024.

Empat pemain di atas masih harus menunjukkan kualitasnya sebelum masuk ke skuad final. Pasalnya, dari 33 nama yang dipanggil, Gareth Southgate akan menyeleksi lagi untuk menentukan 26 nama. Timnas Inggris nantinya masih melakoni laga uji coba melawan Bosnia & Herzegovina dan Islandia. Mampukah mereka menyegel tempat untuk mentas di Euro 2024?

Baca Juga: 9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya