3 Pemain yang Didatangkan Porto pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?

Rekrut pemain sesuai kebutuhan

FC Porto salah satu klub yang tak begitu aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Klub asal Portugal ini tidak banyak merekrut pemain anyar untuk meningkatkan kedalaman skuad pada 2023/2024. Manajemen lebih banyak melepas pemain dibandingkan membeli.

Sejauh ini, baru ada tiga pemain yang didatangkan oleh Porto. Ketiga pemain yang direkrut ke Estadio do Dragao memiliki usia yang relatif muda. Kendati masih berusia muda, para pemain ini sudah punya pengalaman matang dalam bermain di klub sebelumnya.

Siapa saja para pemain tersebut? Berikut tiga rekrutan anyar Porto pada musim panas 2023.

1. Nico Gonzalez didatangkan dari Barcelona

3 Pemain yang Didatangkan Porto pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?Nico Gonzalez (twitter.com/FCPorto)

Porto memboyong Nico Gonzalez dari Barcelona pada musim panas 2023. Gelandang kelahiran 2 Januari 2002 ini direkrut dengan harga senilai 8,4 juta euro atau Rp138 miliar. Ia diikat kontrak dengan durasi 5 tahun hingga 2028 mendatang.

Nico merupakan gelandang muda yang potensial. Dalam klausul transfernya dengan Porto, Barcelona memasukkan syarat buy-back atau membeli kembali di masa depan. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk mengikat pemain yang bisa bersinar. Blaugrana nantinya bisa mendapatkan kembali sang pemain dengan harga yang lebih murah dari nilai pasar.

Pemain berusia 21 tahun ini mampu menembus skuad utama Barcelona pada 2021/2022. Saat itu, Nico terlibat dalam 37 pertandingan di berbagai ajang. Pada musim 2022/2023 lalu, ia dipinjamkan ke Valencia. Ia mampu mencatatkan 26 penampilan dan membantu Los Che terhindar dari degradasi LaLiga Spanyol.

2. Alan Varela diboyong dari Boca Juniors

3 Pemain yang Didatangkan Porto pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?Alan Varela (twitter.com/FCPorto)

Porto mendapatkan salah satu bintang potensial dari Argentina, yakni Alan Varela. Ia diboyong dari Boca Juniors dengan biaya 8 juta euro (Rp132 miliar) dan bonus performa 3 juta euro (Rp49 milliar). Ia dikontrak selama 5 tahun dan akan berlaku hingga 2028.

Varela merupakan gelandang bertahan yang bermain dengan mengesankan di Boca Juniors. Ia adalah lulusan akademi tersebut yang sudah menembus tim utama sejak 2020. Kiprahnya mulai menjadi andalan lini tengah Xeneizes pada musim 2021.

Selama 2,5 tahun di Boca Juniors, Varela menjadi sosok penting lini tengah tim. Ia sudah mencatatkan 111 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 4 assist. Pemain berusia 22 tahun ini juga mempersembahkan prestasi mentereng. Ia turut menghasilkan 2 Copa de la Liga Argentina, 1 Copa Argentina, 1 Supercopa Argentina, dan 1 trofi Liga Argentina.

3. Fran Navarro dibeli dari Gil Vicente

3 Pemain yang Didatangkan Porto pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?Fran Navarro (twitter.com/FCPorto)

Fran Navarro didatangkan dari salah satu klub Portugal, Gil Vicente. Porto mengeluarkan biaya transfer senilai 7 juta euro atau Rp115 miliar. Ia diberi kontrak dengan durasi 5 tahun hingga 2028 mendatang.

Pemain berusia 25 tahun ini merupakan lulusan akademi Valencia. Meski berasal dari Spanyol, ia sudah punya pengalaman di Portugal. Ia bergabung dengan Gil Vicente sejak 2021 lalu. Kemampuan adaptasinya terbilang cepat dan mampu bermain dengan produktif.

Kehadiran Navarro akan menjadi tambahan signifikan bagi lini serang Porto. Bersama Gil Vicente, ia sudah bermain dalam 78 pertandingan di berbagai kompetisi. Dari jumlah pertandingan tersebut, ia berhasil mengemas 37 gol dan menghasilkan 3 assist.

Tambahan sejumlah pemain di atas akan berguna bagi Porto untuk melakoni musim 2023/2024. Meski tak banyak merekrut nama baru, skuad yang ada saat ini sudah cukup untuk bisa kompetitif. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan pemain anyar jelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Didatangkan Porto dari Barcelona

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya