9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024

Ada Bruno Fernandes!

Timnas Portugal telah mengumumkan skuadnya untuk kompetisi Euro 2024. Tidak seperti negara lainnya yang masih provisional, pelatih Roberto Martinez langsung memanggil untuk masuk skuad final. Sebanyak 26 nama dipanggil untuk membela Selecao das Quinas. 

Dari jumlah pemain yang dipanggil tersebut, sembilan nama di antaranya berasal dari klub-klub EPL. Siapa saja dan bagaimana kontribusi mereka untuk membantu Timnas Portugal juara di Euro 2024? 

1. Bernardo Silva berperan krusial bawa Manchester City juara Premier League 2023/2024

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Bernardo Silva (instagram.com/bernardocarvalhosilva)

Bernardo Silva merupakan sosok vital di balik keberhasilan Manchester City menjuarai Premier League 2023/2024. Berperan sebagai gelandang serang, ia tampil produktif dengan mengemas 11 gol dan 10 assist dari 48 penampilan di berbagai kompetisi. Sosoknya sebagai pemain kreatif diharapkan dapat membuat lini serangan lebih variatif untuk Timnas Portugal.

2. Ruben Dias menjadi tembok kokoh pertahanan Manchester City

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Ruben Dias (instagram.com/rubendias)

Sama seperti Bernardo Silva, Ruben Dias juga menjadi pemain kunci kesuksesan Manchester City merengkuh titel juara Premier League 2023/2024. Peran kokohnya sebagai bek tengah mampu menjaga lini pertahanan tim. Tipikal bermain yang spartan dan tak kenal taku membuat pertahanan tidak mudah ditembus. Ia dipercaya turun dalam 45 laga di berbagai kompetisi.

3. Diogo Jota merupakan andalan lini serang Liverpool

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Diogo Jota (instagram.com/diogoj_18)

Diogo Jota menjalani musim yang konsisten bersama Liverpool pada 2023/2024. Sempat absen dengan total waktu 3 bulan, ia kembali dengan baik. Ia menjadi pemain paling efektif di lini serangan meski hanya bermain 32 kali dengan sebagian dari bangku cadangan. Jota berhasil mengemas 15 gol dan 3 assist serta membantu The Reds menjuarai Piala Liga Inggris. Kehadirannya akan menambah opsi di lini serangan Timnas Portugal.

4. Bruno Fernandes menjadi kreator serangan Manchester United

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Bruno Fernandes (instagram.com/brunofernandes8)

Manchester United melakoni musim yang jauh dari harapan di bawah asuhan Erik ten Hag. Meski demikian, Bruno Fernandes tetap menunjukkan kualitasnya. Ia berperan sebagai kreator serangan tim dengan bertanding sebanyak 47 kali di berbagai ajang. Ia bermain produktif dengan mampu mengemas 15 gol dan menghasilkan 12 assist.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo dan Pepe Bela Portugal di Euro 2024

5. Diogo Dalot tampil konsisten bersama Manchester United

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Diogo Dalot (instagram.com/diogodalot)

Diogo Dalot mengikuti Bruno Fernandes dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024. Meski Manchester United inkonsisten sepanjang musim, penampilannya cukup apik di sisi kanan pertahanan. Ia diandalkan dalam 49 laga di berbagai ajang dengan kontribusi 3 gol dan 5 assist.

6. Pedro Neto diandalkan di sisi kanan penyerangan Wolverhampton Wanderers

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Pedro Neto (instagram.com/pedroneto_30)

Pedro Neto berhasil menunjukkan konsistensinya bersama Wolverhampton Wanderers. Ia mengisi pos sisi kanan penyerangan dengan total 24 kali berlaga. Walau sempat absen dua kali akibat cedera hamsting, ia dengan cepat kembali menemukan ritme bermain. Dari jumlah penampilannya itu, ia berhasil mencetak 2 gol dan menghasilkan 11 assist.

7. Jose Sa dipercaya sebagai kiper utama Wolverhampton Wanderers

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Jose Sa (instagram.com/josesaoficial)

Jose Sa menjadi sosok krusial di bawah mistar gawang Wolverhampton Wanderers selama musim 2023/2024. Ia diandalkan sebagai kiper utama tim dengan catatan 40 laga. Dari jumlah penampilannya itu, ia mampu membuat empat clean sheets. Kehadirannya di Timnas Portugal akan menambah persaingan di sektor kiper bersama Rui Patricio dan Diogo Costa.

8. Nelson Semedo merupakan sosok berpengalaman di sektor bek kanan

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Nelson Semedo (instagram.com/nelsonsemedo50)

Nelson Semedo dipanggil ke Timnas Portugal untuk mengisi sektor bek kanan. Ia berperan penting di lini pertahanan Wolverhampton Wanderers sepanjang musim 2023/2024. Total, ia bermain sebanyak 41 laga dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Pengalaman matangnya diharapkan dapat membantu Selecao das Quinas melaju jauh di Euro 2024.

9. Joao Palhinha menjadi gelandang andalan Fulham

9 Pemain Premier League yang Dibawa Timnas Portugal ke Euro 2024Joao Palhinha (instagram.com/joaopalhinha6)

Joao Palhinha merupakan andalan Timnas Portugal di posisi gelandang bertahan. Ia sudah mengoleksi 25 caps sejak debutnya pada 2021 lalu. Bersama Fulham di musim 2023/2024, ia menjadi jenderal lapangan tengah tim. Ia diandalkan dalam 39 laga dengan 4 gol dan 1 assist.

Nama-nama di atas adalah pemain penting di klubnya masing-masing. Premier League sebagai liga yang dikenal dengan intensitas tinggi dan persaingan ketat akan sangat membantu kualitas di dalam skuad. Timnas Portugal yang dijagokan pada turnamen kali ini banyak diperkuat pemain gemilang. Mampukah mereka membantu Selecao das Quinas merengkuh gelar juara Euro 2024? Menarik dinantikan.

Baca Juga: 6 Pemain Top Portugal yang Tak Dibawa ke Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya