5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UEL 2023/2024

Salah satunya Pierre-Emerick Aubameyang

Matchday perdana fase grup UEFA Europa League (UEL) 2023/2024 telah bergulir. Pada musim ini, banyak tim elite yang mentas di kompetisi kasta kedua antarklub Eropa ini. Sebut saja Liverpool, Ajax Amsterdam, AS Roma, Bayer Leverkusen, hingga Sporting CP.

Adanya klub-klub tersebut menjadi daya tarik tersendiri pada musim ini. Banyak pertandingan yang menyajikan keseruan dengan intenstas tinggi. Sejumlah pemain pun berhasil menunjukkan kualitasnya bersama klub masing-masing. Siapa saja? Berikut lima pemain yang tampil gemilang pada matchday perdana UEL 2023/2024. 

1. Brace Pierre-Emerick Aubameyang hindarkan Olympique Marseille dari kekalahan lawan Ajax Amsterdam

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UEL 2023/2024Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/olympiquedemarseille)

Ajax Amsterdam bertemu Olympique Marseille pada laga perdana Grup B UEL 2023/2024. Duel kedua klub ini menjadi salah satu pertandingan yang berjalan ketat. Hal itu bisa dilihat dari hasil akhir yang berkesudahan dengan skor imbang 3-3.

Sejatinya pertandingan dikuasai oleh Ajax yang berlaku sebagai tuan rumah. Pada babak pertama, mereka sudah unggul 2-0, tetapi Marseille berhasil mengimbangi menjadi 2-2 saat jeda turun minum. Pada babak kedua, Ajax berhasil unggul kembali, tetapi kemenangan di depan mata buyar setelah Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol penyama kedudukan.

Aubameyang berhasil tampil sebagai pahlawan Marseille lewat torehan dua golnya. Pemain asal Gabon ini sukses memaksakan hasil imbang dan menghindarkan tim dari kekalahan. Berkat peran pentingnya tersebut, Merseille pulang ke Prancis dengan membawa satu poin.

2. Mohammed Kudus antarkan West Ham United menang kontra TSC Backa Topola

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UEL 2023/2024Mohammed Kudus (instagram.com/westham)

West Ham United mengawali laga perdana Grup A melawan TSC Backa Topola. The Hammers yang bertindak sebagai tuan rumah nyatanya dibuat kesulitan oleh klub asal Serbia ini. Kendati demikian, klub asuhan David Moyes ini berhasil menang dengan skor 3-1.

Status sebagai juara UEFA Europa Conference League 2022/2023 membuat West Ham tampil mendominasi laga. Namun, mereka justru tertinggal terlebih dahulu lewat gol Peter Stanic pada menit ke-47. Hal tersebut membuat The Hammers terkejut dan bereaksi dengan terus melancarkan serangan dan membombardir pertahanan Backa Topola.

West Ham kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-66 berkat gol bunuh diri Nemanja Petrovic. Tak berselang lama, Mohammed Kudus mencetak gol dan membawa tim berbalik unggul. Permainan impresifnya di sepanjang laga mampu membuat The Hammers tampil apik. Tomas Soucek kemudian memastikan tiga poin perdana bagi tim asal London ini lewat lesakan golnya di pengujung laga.

Baca Juga: 11 Fakta Mohammed Kudus, Gelandang Anyar West Ham United asal Ghana

3. Amine Adli bawa Bayer Leverkusen pesta gol saat melawan Hacken

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UEL 2023/2024Amine Adli (instagram.com/amine_ad10)

Bayer Leverkusen menghadapi Hacken pada laga perdana Grup H. Bermain di kandang sendiri, tim asuhan Xabi Alonso tidak mendapatkan kesulitan berarti. Die Werkself berhasil menang telak dengan skor 4-0.

Gelontoran gol-gol Bayer Leverkusen diciptakan oleh Florian Wirtz, Amine Adli. Victor Okoh Boniface, dan Jonas Hofmann. Salah satu pemain yang tampil gemilang adalah Amine Adli. Gelandang berusia 23 tahun ini menjadi motor serangan tim dengan berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist.

Kemenangan besar ini membawa Bayer Leverkusen patut diperhitungkan. Performa di awal musim 2023/2024 membuat mereka menjadi kandidat kuat untuk menjuarai UEL. Terlebih lagi, komposisi pemain dan kualitas skuad membuat potensi melaju mulus di fase grup dan dan lolos ke fase gugur terbuka lebar.

4. Brace Ladislav Krejci menangkan Sparta Praha atas Aris Limassol

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UEL 2023/2024Ladislav Krejci (twitter.com/ACSparta_CZ)

Sparta Praha menjamu Aris Limasson pada partai perdana Grup C. Pertarungan kedua klub ini berlangsung dengan sengit. Drama kejar-kejaran gol tercipta dan berhasil dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor 3-2.

Tim tamu berhasil membuat gol terlebih dahulu melalui Aleksandr Kokorin. Namun, Ladislav Krejci mencetak brace hanya dengan waktu 5 menit sekaligus membuat Sparta Praha unggul. Tuan rumah kemudian memperlebar jarak lewat gol Martin Vitik sebelum diperkecil oleh Shavy Babicka di pengujung laga.

Penampilan gemilang yang ditunjukkan Ladislav Krejci itu mampu menghadirkan tiga poin perdana. Berkat performanya itu, ia dinominasikan sebagai Player of The Week. Kemenangan ini juga menjadi pijakan awal yang bagus di fase grup bagi Sparta Praha. Pasalnya, mereka masih harus berjumpa tim kuat lain, yakni Real Betis dan Rangers.

5. Adrian Truffet berperan vital dalam kemenangan Rennes atas Maccabi Haifa

5 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday Perdana UEL 2023/2024Adrien Truffet (kiri) (twitter.com/staderennais)

Rennes memulai petualangannya di UEL 2023/2024 dengan melawan Maccabi Haifa. Pertandingan ini merupakan duel sesama penghuni Grup F. Bertindak sebagai tuan rumah, kemenangan mudah diraih dengan skor 3-0.

Gol-gol Rennes dihasilkan dari Ludovic Blas, Adrien Truffet, dan Bertug Yildirim. Kredit khusus diberikan kepada Adrien Truffert yang bermain gemilang. Tak hanya mencetak gol, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan. Penampilannya tersebut mampu mengantarkan Les Rouges et Noirs meraih tiga poin perdana.

Kualitas dari para pemain di atas mampu mengubah jalannya pertandingan. Sebagian besar berhasil membuat klub meraih kemenangan pada partai perdana UEL 2023/2024. Menarik untuk menantikan kiprah mereka di laga-laga selanjutnya.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci Sevilla Saat Meraih Gelar Juara Europa League 2022/2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya