6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024

Alessandro Bastoni tampaknya kunci posisi starter

Timnas Italia telah mengumumkan skuad provisional untuk persiapan Euro 2024. Sebanyak 30 pemain dipanggil oleh pelatih Luciano Spalletti dari beberapa klub. Inter Milan tercatat paling banyak mengirimkan pemainnya sejumlah enam nama. 

Banyaknya pemain Inter Milan yang dipanggil ini tidak terlepas dari performa di sepanjang musim 2023/2024. Para pemain ini berperan krusial dalam kesuksesan I Nerazzurri merengkuh gelar juara Serie A Italia. Lalu, siapa saja dan kontribusi seperti apa yang bisa diberikan deretan pemain Inter Milan ini untuk Timnas Italia di Euro 2024? 

1. Alessandro Bastoni tampil gemilang di sektor pertahanan

6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Alessandro Bastoni (instagram.com/alessandrobastoni)

Alessandro Bastoni menjadi salah satu sosok krusial di balik keberhasilan Inter Milan menjuarai Serie A. Berposisi sebagai bek tengah kiri, ia acapkali bermain ofensif membantu lini penyerangan. Hal ini menjadi salah satu kelebihannya sebagai seorang pemain bertahan.

Bek berusia 25 tahun ini terlibat dalam 37 laga di berbagai ajang. Bastoni cukup produktif dengan catatan 1 gol dan 4 assist. Ia juga merupakan salah satu sosok yang membantu Timnas Italia menjuarai Euro 2020 lalu. Dengan permainannya yang sudah lebih berkembang, kualitasnya sebagai pemain pertahan akan sangat berguna bagi Timnas Italia di Euro 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 

2. Nicolo Barella jadi maestro lini tengah tim dengan kreativitas bermainnya

6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Nicolo Barella (x.com/Azzurri)

Nicolo Barella memainkan peran sebagai gelandang sentral sepanjang musim 2023/2024. Kemampuannya dalam menjaga permainan Inter Milan membuatnya diandalkan dalam 47 laga di berbagai kompetisi. Ia mampu mengemas 2 gol dan 7 assist.

Bersama Timnas Italia, Barella adalah sosok vital lini tengah permainan. Sejak debutnya 2018 lalu, ia sudah mengoleksi 53 caps dengan 9 gol dan 9 assist. Kreativitas yang dimilikinya akan membantu Gli Azzurri bersaing di Euro 2024 dengan ambisi mempertahankan trofi. 

3. Davide Frattesi tampil menjanjikan meski tak selalu menjadi starter

6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Davide Frattesi (instagram.com/davidefrattesi_22)

Davide Frattesi berhasil tampil mengesankan selama menjalani masa peminjaman di Inter Milan. Ia mengisi sektor gelandang tengah dengan catatan 41 laga di seluruh kompetisi. Ia mampu tampil produktif dengan kontribusi 8 gol dan 6 assist. Hal ini yang membuat manajemen Inter Milan akhirnya mempermanenkannya statusnya dari Sassuolo dengan biaya 29 juta euro atau Rp504 miliar. 

Gelandang berusia 24 tahun ini akan menambah kedalaman skuad di lini tengah. Frattesi sendiri sudah mencatatkan 12 caps sejak melakoni debut pada Juni 2022 lalu. Euro 2024 berpotensi menjadi turnamen major pertamanya di level internasional bersama Timnas Italia.

4. Matteo Darmian bermain apik di sisi kanan penyerangan

6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Matteo Darmian (instagram.com/matteodarmian36)

Matteo Darmian menjalani musim yang konsisten bersama Inter Milan. Ia turun berlaga sebanyak 43 kali dengan kontribusi 2 gol dan 2 assist. Perannya seabgai wingback kanan berhasil dijalani dengan ciamik. Ia bisa bermain defensif dan ofensif dengan sama baiknya.

Berkat kemampuannya ini, Timnas Italia memanggilnya untuk Euro 2024. Kualitas Darmian akan menambah opsi pemain di posisi tersebut. Ia juga merupakan pemain senior di Gli Azzurri yang sudah mengoleksi 42 caps dengan mengemas 2 gol dan 1 assist. 

5. Francesco Acerbi berperan kokoh di lini pertahanan

6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Francesco Acerbi (instagram.com/francescoacerbi88)

Francesco Acerbi adalah sosok senior di Timnas Italia. Kehadirannya dibutuhkan untuk mengisi sektor pertahanan. Ia sendiri sudah mengoleksi 34 caps. Tak hanya itu, ia juga merupakan alumni Timnas Italia yang menjuarai Euro 2020 lalu. 

Musim 2023/2024, Acerbi mencatatkan 37 pertandingan di semua ajang bersama Inter Milan. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mampu memberi sumbangan 3 gol dan 2 assist. Sebagai pemain berusia 36 tahun, pengalamannya akan sangat dibutuhkan di dalam tim.

6. Federico Dimarco tampil produktif di sisi kiri permainan

6 Pemain Inter Milan di Skuad Sementara Timnas Italia Euro 2024Federico Dimarco (instagram.com/federicodimarco)

Federico Dimarco menjalani musim yang mengesankan bersama Inter Milan. Bertugas di posisi wingback kiri, ia dipercaya turun dalam 39 pertandingan di berbagai ajang. Dari jumlah penampilannya itu, ia mampu tampil produktif melalui torehan 6 gol dan 8 assist. 

Pemain berusia 26 tahun ini bisa menjadi opsi Timnas Italia untuk bermain lebih ofensif. Dimarco juga merupakan salah satu pengumpan andal di Inter Milan. Kualitasnya ini bakal membantu tim meningkatkan produktivitas gol. 

Luciano Spalletti nantinya akan menyeleksi 30 nama menjadi 26 pemain. Timnas Italia masih melakoni laga uji coba melawan Turki dan Bosnia & Herzegovina. Dengan peran krusial mereka di Inter Milan, potensi untuk masuk skuad final dan berlaga di Euro 2024 bagi sederet pemain Inter Milan ini pun terbuka lebar. 

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Italia ke Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya