3 Pemain Irlandia Utara yang Berkarier di Premier League 2023/2024

Salah satunya Conor Bradley

Banyak pesepak bola asal Irlandia Utara yang berkarier di Inggris. Mereka berkompetisi di English Premier League dengan pamornya yang telah menjadi sorotan di dunia. Letak negara yang berdekatan juga membuat para pemain ini menjajal tantangan demi bisa mencuri perhatian di sana.

Pada 2023/2024, terdapat tiga pemain Irlandia Utara yang memperkuat klub-klub Premier League. Mereka memiliki peran masing-masing di dalam skuad yang dibela. Siapa saja mereka dan seperti apa performa mereka? Simak informasinya berikut ini!

1. Jonny Evans menjalani periode keduanya bersama Manchester United

3 Pemain Irlandia Utara yang Berkarier di Premier League 2023/2024Jonny Evans (instagram.com/6jevans)

Jonny Evans pulang ke Manchester United pada musim panas 2023 lalu. Ia merupakan jebolan akademi yang pernah memperkuat The Red Devils pada 2006–2015. Pada periode pertamanya tersebut, ia menjadi pemain muda potensial yang mampu diandalkan di lini pertahanan tim. Ia memainkan 198 laga dengan menyumbang 7 gol dan 7 assist. 

Perekrutannya kembali oleh manajemen Manchester United saat itu mendapatkan banyak pertanyaan. Pasalnya, Evans datang saat berusia 35 tahun. Ia dianggap terlalu tua untuk bermain kompetitif di skuad Erik ten Hag yang sedang membangun tim dengan pemain muda. Namun, hal itu berhasil dibuktikannya melalui performa yang apik. Pengalaman yang dimilikinya membantu tim kompetitif.

Sejauh ini, Evans sudah dimainkan dalam 24 laga di berbagai ajang dengan total bermain 1.270 menit. Didatangkan sebagai pelapis, ia nyatanya mampu menunjukkan kualitasnya dan menjadi andalan. Ia dapat menambal posisi para pemain yang cedera dan absen saat terjadi krisis pemain belakang. Sosok vitalnya kerap membantu Manchester United meraih kemenangan.

Baca Juga: 3 Tim Premier League yang Mampu Comeback setelah Tertinggal 0-3

2. Conor Bradley mencuri perhatian bersama Liverpool

3 Pemain Irlandia Utara yang Berkarier di Premier League 2023/2024Conor Bradley (instagram.com/conorbradley.03)

Nama Conor Bradley mencuat sebagai salah satu pemain akademi yang menembus skuad utama Liverpool. Laga debutnya terjadi saat melawan Norwich City pada September 2021. Pada 2022/2022, ia menjalani masa peminjaman di klub kasta ketiga Liga Inggris, Bolton Wanderers. Selepas dari masa peminjaman, ia perlahan mendapatkan kepercayaan.

Pada awal 2023/2024, Bradley sempat mengalami cedera punggung yang membuatnya menepi selama 4 bulan. Ia baru kembali pada Desember 2023 dan menunjukkan permainan impersif saat dipercaya bermain. Kiprahnya menjadi sorotan ketika berlaga melawan Chelsea di Premier League. Ia membawa Liverpool menang 4-1 dengan sumbangsih 1 gol dan 2 assist. Ia pun mendapatkan penghargaan Player of the Match berkat penampilan gemilangnya tersebut. 

Berposisi sebagai bek kanan, Bradley memainkan peran yang baik sebagai pemain ofensif maupun defensif. Cederanya Trent Alexander-Arnold menjadikan ajang pembuktian baginya untuk unjuk kualitas di Liverpool. Pemain yang baru berusia 20 tahun ini terus diandalkan hingga saat ini. Ia sudah mencatatkan 16 pertandingan dengan mengemas 1 gol dan 5 assist.

3. Oliver Norwood menjadi gelandang andalan Sheffield United

3 Pemain Irlandia Utara yang Berkarier di Premier League 2023/2024Oliver Norwood (instagram.com/ollie.norwood)

Oliver Norwood merupakan gelandang andalan Sheffield United. Ia sudah memperkuat The Blades sejak 2019 lalu. Peran vitalnya di lini tengah turut membantu tim promosi ke Premier League 2023/2024. Musim ini merupakan tahun kelimanya berada di Bramall Lane.

Pemain berusia 32 tahun ini beroperasi di lini tengah untuk menjaga stabilitas permainan Sheffield. Norwood bisa bermain di posisi gelandang sentral dan gelandang bertahan. Ia total telah memainkan 249 laga di seluruh kompetisi dengan mengemas 11 gol dan 21 assist.

Sheffield sendiri musim ini sedang terpuruk di dasar klasemen Premier League. Meski demikian, Norwood tetap menjadi andalan dengan sudah terlibat dalam 27 laga dengan rincian 1.674 menit. Sejauh ini, ia baru menyumbang 1 gol dan 1 assist bersama The Blades.

Nama-nama di atas mungkin kalah pamor dengan para pemain lokal dari Inggris. Namun, mereka membuktikan dengan dipercaya di tim masing-masing. Hal tersebut menunjukkan pemain dari Irlandia Utara juga mempunyai kualitas yang mumpuni sehingga diandalkan.

Baca Juga: 3 Bek Skotlandia yang Bermain di English Premier League 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya