3 Pemain Jepang yang Memperkuat Klub Premier League pada 2023/2024

Wataru Endo jadi pemain Jepang terbaru di Premier League

Jepang merupakan salah satu negara penghasil talenta pesepak bola yang andal. Banyak pemain dari Negeri Sakura ini berkarier di daratan Eropa. Mereka ingin bersaing di level top dan adu kualitas dengan pemain dari negara lain.

Inggris menjadi salah satu negara tempat berkarier para pemain asal Jepang. Banyak dari mereka bermain di kasta teratas liga di Inggris yang dikenal sebagai English Premier League (EPL). Ajang ini dinilai sebagai salah satu liga sepak bola paling kompetitif di dunia saat ini.

Pada musim 2023/2024, terdapat tiga pemain asal Jepang yang bermain di EPL. Siapa saja?

1. Takehiro Tomiyasu jadi andalan lini pertahanan Arsenal

3 Pemain Jepang yang Memperkuat Klub Premier League pada 2023/2024Takehiro Tomiyasu (arsenal.com)

Takehiro Tomiyasu bakal menjalani musim ketiganya di EPL bersama Arsenal pada 2023/2024. Pemain berusia 24 tahun ini direkrut The Gunners pada musim panas 2021 lalu. Ia didatangkan dari Bologna dengan biaya 16 juta pound sterling atau Rp306 miliar.

Pemain kelahiran Fukuoka ini merupakan andalan di sisi kanan pertahanan Arsenal. Ia sudah dipercaya bermain dalam 56 pertandingan di berbagai kompetisi. Kemampuannya untuk bermain ofensif sama baiknya ketika mengawal lini pertahanan.

Tomiyasu sendiri merupakan andalan di Timnas Jepang. Ia melakoni debutnya pada 12 Oktober 2018 lalu saat usianya masih 18 tahun. Ia kemudian berkembang menjadi sosok bek tak tergantian di dalam tim. Sejauh ini, ia sudah memiliki 33 caps di skuad Samurai Biru.

2. Kaoru Mitoma tampil gemilang di Brighton & Hove Albion

3 Pemain Jepang yang Memperkuat Klub Premier League pada 2023/2024Kaoru Mitoma (premierleague.com)

Kaoru Mitoma menunjukkan penampilan sensasional pada musim debutnya di Brighton & Hove Albion pada 2022/2023 lalu. Ia menjadi sorotan berkat kontribusinya dalam skuad The Seagulls. Ia mampu bermain produktif dengan catatan 10 gol dan 8 assist dari 41 kali bermain.

Kemampuan olah bolanya dianggap sebagai salah satu yang terbaik di EPL. Posisi bermainnya berada di sayap kiri penyerangan Brighton & Hove Albion. Ia berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai individu yang sulit untuk ditaklukkan berkat etos kerjanya dalam bermain.

Mitoma melakoni debutnya bersama Timnas Jepang pada 16 November 2021 lalu. Pemain berusia 26 tahun ini menjadi andalan baru bagi Samurai Biru untuk mencetak gol. Ia sudah mengoleksi 18 caps dan mampu mengemas 7 gol.

3. Wataru Endo baru bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2023

3 Pemain Jepang yang Memperkuat Klub Premier League pada 2023/2024Wataru Endo (liverpoolfc.com)

Wataru Endo menjadi pemain Jepang teranyar yang mentas di EPL pada 2023/2024. Ia dibeli Liverpool dari VfB Stuttgart dengan biaya senilai 16 juta pound sterling atau Rp307 miliar. Perekrutannya ini diproyeksikan untuk menggantikan Fabinho yang hengkang ke Al-Ittihad.

Pembelian Endo ini merupakan kejutan tersendiri pada musim panas 2023. Sang gelandang sejatinya bukan bidikan utama Liverpool. The Reds sebelumnya mengincar Romeo Lavia dan Moises Caicedo untuk didatangkan. Namun, kedua pemain tersebut memilih untuk bergabung dengan Chelsea. 

Kendati bukan pilihan utama untuk direkrut, Endo dinilai lebih baik ketimbang kedua pemain incaran Liverpool itu. Meski usianya sudah 30 tahun, pengalamannya akan berguna bagi skuad. Terlebih lagi, ia merupakan kapten dari Timnas Jepang. Pemain kelahiran Yokohama ini sudah mencatatkan 51 caps sejak debutnya pada 2015 lalu.

Banyak pemain asal Jepang yang berkarier di EPL mampu menunjukkan kualitasnya. Mereka berhasil menjadi andalan dan bahkan beberapa di antaranya mampu mempersembahkan gelar juara bagi klubnya masing-masing. Akankah para pemain di atas mampu meniru para pendahulunya untuk meraih juara? Menarik dinantikan.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Endo Termahal

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya