3 Pemain Non-Spanyol yang Mencapai 400 Penampilan Bersama Barcelona

Marc-Andre ter Stegen bisa susul Lionel Messi

Marc-Andre ter Stegen menorehkan pencapaian spesial bersama Barcelona. Dalam lanjutan pekan ke-28 LaLiga Spanyol 2023/2024, ia membantu tim meraih kemenangan kontra RCD Mallorca dengan skor 1-0, Sabtu (9/3/2024). Pada laga ini, ter Stegen mencatatkan penampilan ke-400 bersama Barca. 

Jumlah penampilan tersebut membuat Ter Stegen menjadi kiper ketiga Barcelona yang mampu mencapainya. Tak hanya itu, ia juga menjadi pemain non-Spanyol ketiga yang berhasil membuat 400 penampilan. Loyalitas yang ditunjukkan pemain asal Jerman ini juga membuatnya dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim mulai 2023/2024.

Selain Ter Stegen, terdapat dua pemain non-Spanyol lainnya yang sudah lebih dulu mencatatkan 400 penampilan bersama Barcelona. Siapa mereka?

1. Lionel Messi menorehkan 778 penampilan dengan Barcelona

3 Pemain Non-Spanyol yang Mencapai 400 Penampilan Bersama BarcelonaLionel Messi (fcbarcelona.com)

Lionel Messi merupakan salah satu legenda Barcelona. Kiprahnya bersama Barca terbukti penuh prestasi, baik secara kolektif maupun individu. Ia diboyong dari Argentina saat anak-anak dan dimasukkan ke akademi La Masia pada 2000. Ia sudah menembus tim utama saat masih muda. Ia mencatatkan 778 penampilan di berbagai kompetisi pada 2003–2021.

Selama 18 tahun bersama Barcelona, Messi menjelma menjadi pemain kelas elite. Karier gemilangnya di Camp Nou merupakan cerita manis tersendiri dengan dilengkapi berbagai prestasi mentereng. Dari total penampilannya tersebut, pemain berjuluk La Pulga ini membukukan 672 gol dan 303 assist. Ia menjadi salah satu ikon Barca di sepak bola modern. 

Prestasi individu paling prestise tentunya adalah raihan trofi Ballon d'Or. Bukan hanya sekali, Lionel Messi mendapatkan penghargaan ini sebanyak 8 kali dengan 6 di antaranya diperoleh saat ia masih berseragam Barcelona. Ia juga pernah menyabet tiga kali penghargaan pemain terbaik Eropa. Dari segi kolektif, ia membantu Barcelona menjuarai 10 kali LaLiga, 8 Supercopa de Espana, 7 Copa del Rey, 4 Liga Champions, 3 UEFA Super Cup, dan 3 Piala Dunia Antarklub. 

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Mencapai 150 Laga LaLiga di Barcelona

2. Dani Alves mencatatkan 408 penampilan bersama Barcelona dalam dua periode berbeda

3 Pemain Non-Spanyol yang Mencapai 400 Penampilan Bersama BarcelonaDani Alves (fcbarcelona.om)

Dani Alves adalah salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Barcelona. Pemain asal Brasil ini berada di Camp Nou dalam dua periode yang berbeda. Periode pertamanya terjadi pada 2008–2016. Ia didatangkan dari Sevilla pada musim panas 2008. Tak butuh waktu lama, ia langsung menjadi andalan di sisi kanan pertahanan Barca. 

Selepas kontraknya habis pada 2016, Alves melanglang buana ke beberapa klub. Ia pernah memperkuat Juventus, Paris Saint-Germain, dan Sao Paulo. Ia lalu bergabung kembali dengan Barcelona pada paruh kedua 2021/2022. Selama periode kedua yang singkat itu, ia membantu Barca bangkit. Berkat pengalamannya, ia membawa Barca kembali kompetitif.

Secara keseluruhan, Dani Alves mencatatkan 408 penampilan bersama Barcelona. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia menyumbang 22 gol dan 105 assist. Ia turut andil menghasilkan berbagai gelar bergengsi. Ia membantu Barca meraih 6 trofi LaLiga, 5 Copa del Rey, 5 Supercopa de Espana, 4 UEFA Super Cup, 3 Liga Champions, dan 3 Piala Dunia Antarklub.

3. Marc-Andre ter Stegen baru saja mencapai 400 penampilan bersama Barcelona

3 Pemain Non-Spanyol yang Mencapai 400 Penampilan Bersama BarcelonaMarc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Marc-Andre ter Stegen menyusul dua pendahulunya itu dengan capaian 400 penampilan. Laga Barcelona kontra RCD Mallorca menjadi panggung bersejarah baginya. Kiper asal Jerman ini menjadi andalan sejak bergabung dari Borussia Moenchengladbach pada 2014 lalu. Dari jumlah laga tersebut, ia kebobolan 388 gol dan mencetak clean sheets sebanyak 168 kali.

Secara prestasi, Ter Stegen telah menghasilkan deretan gelar bergengsi ke Camp Nou. Ia mempersembahkan 5 gelar juara LaLiga, 5 Copa del Rey, 3 Supercopa de Espana, serta masing-masing 1 titel Liga Champions, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub. Musim 2023/2024 merupakan tahun kesembilannya berseragam Barcelona.

Jumlah penampilan Marc-Andre ter Stegen ini bisa terus bertambah untuk melewati capaian milik Dani Alves. Kontraknya yang masih berlaku hingga 2026 membuatnya punya kans besar mewujudkannya. Jika bisa terus konsisten, bukan tidak mungkin rekor milik Lionel Messi berhasil disamai, atau bahkan ia lewati. Mampukah ia membuktikannya?

Baca Juga: 3 Kiper yang Mencapai 400 Penampilan Bersama Barcelona

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya