4 Pemain OGC Nice yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Ada Aaron Ramsey hingga Kasper Schmeichel

Bursa transfer musim panas 2023 telah resmi ditutup. Sejumlah klub berbenah dengan mendatangkan pemain anyar, tak terkecuali juga dengan OGC Nice. Klub asal Prancis ini tercatat merekrut lima nama baru ke Allianz Riviera Stadium.

Tak hanya mendatangkan pemain baru, OGC Nice juga melepas sejumlah pemain. Beberapa di antaranya berhasil dijual, tetapi ada juga yang meninggalkan klub secara bebas transfer. Ada empat pemain yang dilepas secara gratis pada musim panas 2023. Siapa saja?

1. Aaron Ramsey pulang ke Wales dan memperkuat Cardiff City

4 Pemain OGC Nice yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Aaron Ramsey (cardiffcityfc.co.uk)

Aaron Ramsey meninggalkan OGC Nice setelah membela Les Aiglons dalam waktu singkat. Ia bergabung pada musim panas 2022 lalu secara bebas transfer. Ia tercatat membela klub hanya selama setahun pada musim 2022/2023.

Pada masa singkatnya tersebut, Ramsey mampu menjadi andalan lini tengah OGC Nice. Gelandang asal Wales ini tampil dalam 34 pertandingan di berbagai ajang. Ia turut menyumbang 1 gol dan menghasilkan 2 assist untuk Les Aiglons.

Pada musim panas 2023, Ramsey memutuskan untuk hengkang dari OGC Nice. Ia memilih kembali memperkuat Cardiff City dan dikontrak selama 2 tahun di sana. Meski harus bermain di kasta kedua liga Inggris atau EFL Championship, ia punya ikatan batin dengan klub berjuluk Bluebirds ini karena merupakan tempat Ramsey memulai karier sepak bola.

2. Ross Barkley kembali ke Inggris dan bergabung dengan Luton Town

4 Pemain OGC Nice yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Ross Barkley (twitter.com/LutonTown)

Ross Barkley membela OGC Nice hanya pada musim 2022/2023 lalu. Ia bergabung secara gratis pada musim panas 2022 lalu dan menjadi gelandang andalan di lini tengah Les Aiglons. Pemain berusia 29 tahun ini bermain dalam 28 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 2 assist.

Musim panas 2023, Barkley memutuskan kembali ke Inggris. Ia direkrut oleh klub promosi English Premier League, Luton Town. Kehadirannya diharapkan dapat membantu The Hatters kompetitif berkat pengalaman yang dimilikinya di sepak bola Inggris.

Barkley pernah memperkuat klub-klub top di Premier League. Ia pernah bermain untuk Everton, Leeds United, Aston Villa, dan Chelsea. Pengalaman tersebut diyakini bisa membawa Luton Town untuk bertahan di Premier League 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain yang Dijual OGC Nice pada Musim Panas 2023

3. Morgan Schneiderlin masih tanpa klub

4 Pemain OGC Nice yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Morgan Schneiderlin (ogcnice.com)

Morgan Schneiderlin meninggalkan OGC Nice setelah perannya terpinggirkan dari skuad utama. Ia membela Les Aiglons pada 2020–2023 dengan catatan 59 pertandingan. Pada Januari 2023, ia sempat dipinjamkan ke Western Sydney Wanderers sebelum kontraknya habis pada musim panas 2023.

Pemain asal Prancis ini bergabung dengan Konyaspor pada 1 Agustus 2023. Namun, Schneiderlin tak bertahan lama di klub Turki ini. Ia sejatinya dikontrak selama 2 tahun, tetapi ia memutus kontraknya 10 hari kemudian. Pihak klub mengumumkan bahwa faktor keluarga menjadi alasan sang pemain pergi.

Setelah memilih untuk melakukan pemutusan kontrak, Schneiderlin hingga saat ini masih berstatus tanpa klub. Belum diketahui pasti apakah hanya karena faktor keluarga atau ada alasan lain yang mendasarinya. Meski keputusan itu terbilang mengejutkan, sang pemain juga belum memberikan pernyataan terkait hal tersebut.

4. Kasper Schmeichel berpindah ke Belgia membela Anderlecht

4 Pemain OGC Nice yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Kasper Schmeichel (rsca.be)

Kasper Schmeichel hengkang dari OGC Nice setelah hanya semusim berada di sana. Ia datang pada musim panas 2022 lalu dari Leicester City dan dikontrak selama 3 tahun. Namun, ia memutuskan untuk mengakhiri kontraknya lebih cepat pada musim panas 2023.

Musim 2022/2023 lalu, Schmeichel merupakan andalan di bawah mistar gawang OGC Nice. Ia berhasil tampil dalam 46 pertandingan di berbagai ajang. Ia mencatatkan 17 kali clean sheet dan hanya kebobolan 47 kali. Ia membawa Les Aiglons finis di urutan kesembilan klasemen akhir LIgue 1 Prancis.

Kiper asal Denmark ini kemudian bergabung dengan Anderlecht pada musim panas 2023. Schmeichel dikontrak untuk musim 2023/2024 dengan opsi perpanjangan setahun sesuai performa. Klub asal Belgia ini adalah klub ke-11 yang dibelanya sepanjang karier sepak bolanya.

Keempat pemain di atas sebagian besar pergi setelah membela OGC Nice dalam waktu singkat. Meski beberapa di antaranya merupakan pemain andalan pada musim 2022/2023 lalu, manajemen mempersilakan tidak menghalangi jika mereka ingin pergi. Les Aiglons juga sudah mendatangkan pemain anyar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan para pemain tersebut.

Baca Juga: Jalan Terjal Kasper Schmeichel Hingga Tiba di Pentas Piala Dunia

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya