7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPL

Mohamed Salah cetak rekor baru!

Laga Manchester United kontra Liverpool pada pekan ke-32 English Premier League 2023/2024 menghadirkan pencapaian spesial bagi Mohamed Salah. Pemain internasional Mesir ini mencetak gol melalui tendangan penalti untuk memaksa laga berkesudahan dengan hasil imbang. Duel yang dihelat di Old Trafford, Minggu (7/4/2024), berakhir dengan skor 2-2. 

Kendati gagal mengantarkan Liverpool memenangi laga, satu gol yang dicetak Mohamed Salah itu membuatnya mencatatkan rekor baru. Winger berusia 31 tahun ini resmi menjadi pencetak gol terbanyak ke gawang Manchester United di ajang Premier League. Ia total sudah menjebol gawang Setan Merah sebanyak 11 kali. 

Mohamed Salah melewati rekor yang sebelumnya dibuat oleh Alan Shearer. Termasuk kedua nama tersebut, berikut tujuh pemain dengan gol terbanyak saat menghadapi Manchester United di Premier League. 

1. Les Ferdinand mencetak 8 gol ke gawang Manchester United dengan beberapa klub berbeda

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLLes Ferdinand (twitter.com/QPR)

Les Ferdinand merupakan salah satu striker tajam era awal Premier League medio 90-an hingga 2000-an. Ia total mengumpulkan 149 gol dan 44 assist dari 349 kali berlaga dengan beberapa klub. Manchester United menjadi salah satu tim yang kerap ia bobol. Ia membuat 8 gol saat bersua Setan Merah sebanyak 19 kali. Ia mencetak gol-gol tersebut saat berseragam Queens Park Rangers, Newcastle United, Tottenham Hotspur, dan Bolton Wanderers.

Baca Juga: EPL Mencapai Rekor 200 Hattrick dalam Sejarah, Begini Perjalanannya!

2. Steven Gerrard menjebol gawang Manchester United sebanyak 8 kali bersama Liverpool

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLSteven Gerrard (twitter.com/premierleague)

Steven Gerrard turut mencetak delapan gol saat menghadapi Manchester United. Ia membukukan jumlah gol tersebut bersama Liverpool. Gerrard mampu membuat catatan tersebut dari 30 kali bertemu satu sama lain. Hal itu juga ditambah dengan torehan empat assist yang buat selama periode 1998–2015.

3. Robbie Fowler membukukan 8 gol saat membela Liverpool dan Manchester City

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLRobbie Fowler (twitter.com/premierleague)

Robbie Fowler menjebol gawang Manchester United sebanyak delapan kali. Jumlah tersebut dibuatnya dengan dua klub berbeda. Ia mencatatkan rekor apik tersebut ketika memperkuat Liverpool pada 1993–2001 dan 2006–2007 serta Manchester City pada 2003–2006. Dari 19 kali berlaga, torehan golnya tersebut dilengkapi dengan catatan 3 assist.

4. Thierry Henry juga mengemas 8 gol ke gawang Manchester United saat berseragam Arsenal

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLThierry Henry (twitter.com/premierleague)

Thierry Henry tidak diragukan lagi termasuk salah satu pemain terbaik Arsenal sepanjang sejarah. Ketajamannya di depan gawang lawan menjadi tumpuan The Gunners. Manchester United menjadi salah satu korbannya dengan sudah dijebol sebanyak delapan kali. Ia membuat gol tersebut dengan dilengkapi empat assist dari 19 kali tampil. Sosok asal Prancis ini membukukannya selama 1999–2007. 

5. Sergio Aguero mencetak 8 gol saat bersama Manchester City

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLSergio Aguero (premierleague.com)

Jumlah delapan gol ke gawang Manchester United tercatat milik Sergio Aguero. Striker asal Argentina ini melakukan hal tersebut saat masih aktif bermain memperkuat Manchester City. Selama sedekade medio 2011–2021, ia membuat gol hanya dalam 13 kali penampilan.

6. Alan Shearer sukses menjebloskan 10 gol saat berhadapan dengan Manchester United

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLAlan Shearer (nufc.co.uk)

Alan Shearer merupakan striker tajam pada era awal Premier League. Ia berkarier di kasta teratas sepak bola Inggris ini medio 1992–2006. Hingga saat ini, ia masih memegang sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 260 gol. Dari jumlah tersebut, 10 gol di antaranya berhasil dibuat saat berhadapan dengan Manchester United. Ia melakukannya saat membela Blackburn Rovers dan Newcastle United.

7. Mohamed Salah mencetak rekor baru dengan torehan 11 gol ke gawang Manchester United

7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPLMohamed Salah (instagram.com/liverpoolfc)

Mohamed Salah menyalip perolehan gol Alan Shearer dengan catatan 11 gol. Satu gol terbaru ia cetak ke gawang Manchester United pada pekan ke-32 Premier League 2023/2024. Menariknya, dari catatan 11 gol tersebut, 6 gol di antaranya berhasil tercipta saat bermain di Old Trafford. Ia pun menjadi pemain pertama yang mencetak gol pada empat laga beruntun di markas Setan Merah tersebut. 

Boleh dibilang, gawang MU kini sah menjadi favorit Mohamed Salah untuk dijebol. Jumlah sebelas gol tersebut juga menjadi penanda dominasi Liverpool dalam beberapa tahun terakhir atas sang rival. 

Baca Juga: 3 Pemain Inggris yang Cetak Hattrick Melawan Manchester United di EPL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya