5 Pemain Paling Sering Dimainkan Maurizio Sarri di Lazio

Maurizio Sarri mengundurkan diri sebagai pelatih

Maurizio Sarri memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan pelatih Lazio. Hal ini diumumkan melalui situs resmi klub pada, Rabu (13/3/2024). Kepergiannya dari tim Elang Ibu Kota ini menjadi kabar mengejutkan. Performa buruk dalam beberapa laga terakhir menjadi faktor terkuat hengkangnya pelatih 65 tahun ini dari Stadio Olimpico. 

Mundurnya Mauruzio Sarri sebagai pelatih Lazio otomatis mengakhiri masa kerjanya yang berlangsung selama hampir 3 tahun. Sejak ditunjuk pada 2021 lalu, I Biancocelesti mengalami peningkatan performa yang signifikan dan bisa kembali kompetitif. Selama kurun waktu tersebut pula ia banyak menggunakan pemain berpengalaman dengan kombinasi nama-nama baru yang membantu tim bersaing. 

Dari banyaknya pemain, terdapat sejumlah nama yang menjadi andalan Maurizio Sarri selama menukangi Lazio. Siapa saja mereka?

1. Felipe Anderson paling diandalkan Maurizio Sarri dengan total bermain dalam 137 laga

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Maurizio Sarri di LazioFelipe Anderson (instagram.com/fanderson)

Felipe Anderson merupakan salah satu pemain yang direkrut Lazio pada masa awal kepelatihan Maurizio Sarri. Ia didatangkan dari West Ham United pada musim panas 2021. Banderol senilai 3 juta euro atau Rp51 miliar menjadi biaya kepindahannya ke Olimpico. 

Kendati dibeli dengan harga murah, kualitas Felipe Anderson terbukti tidak murahan. Ia menjadi pemain yang paling sering dimainkan Sarri dengan total 137 laga. Sosoknya yang sanggup mengampu banyak peran di semua sektor penyerangan membuatnya sangat diandalkan Sarri. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mampu mengemas 22 gol dan menghasilkan 24 assist.  

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Maurizio Sarri sebagai Pelatih Napoli

2. Pedro Rodriguez menjadi winger paling banyak dimainkan dengan catatan 123 laga

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Maurizio Sarri di LazioPedro Rodriguez (instagram.com/_pedro17_)

Pedro Rodriguez juga salah satu pemain yang datang saat Maurizio Sarri menjadi pelatih baru pada 2021. Ia direkrut secara bebas transfer setelah memutus kontrak dengan rival abadi Lazio, yakni AS Roma. Sebelumnya, keduanya sudah pernah bekerja sama di Chelsea pada 2018/2019.

Kerja sama itu berlanjut ketika Pedro selalu menjadi andalan Sarri di sisi kiri penyerangan Lazio. Pemain berusia 36 tahun itu bermain dalam 123 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia mampu berkontribusi dengan torehan 20 gol dan 11 assist

3. Adam Marusic dipercaya mengisi sisi sayap pertahanan Lazio sebanyak 122 kali

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Maurizio Sarri di LazioAdam Marusic (instagram.com/adamarusa17)

Adam Marusic adalah sosok senior di dalam skuad Lazio. Pemain internasional Montenegro ini sudah membela I Biancocelesti sejak 2017 lalu. Ketika Maurizio Sarri datang pada 2021, ia tetap dipercaya sebagai salah satu pemain utama. 

Pemain berusia 31 tahun ini beroperasi di sisi sayap pertahanan. Marusic bisa memainkan peran sebagai bek sayap kanan maupun kiri sama baiknya. Bersama Sarri, ia dipercaya turun bermain dalam 122 laga di berbagai kompetisi. 

4. Luis Alberto mengawal lini tengah Lazio dalam 122 laga di berbagai ajang

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Maurizio Sarri di LazioLuis Alberto (instagram.com/10_luisalberto)

Sama halnya seperti Adam Marusic, Luis Alberto juga merupakan pemain senior di Lazio. Ia datang lebih dulu ke Olimpico pada 2016. Pengalamannya sebagai gelandang yang matang membuatnya menjadi andalan di lini tengah tim di bawah asuhan Maurizio Sarri. 

Pemain berpaspor Spanyol ini juga memainkan total 122 laga di bawah nakhoda Sarri. Alberto beroperasi sebagai gelandang sentral yang menjaga stabilitas permanan Lazio. Ia bermain cukup produktif dengan mampu membuat 12 gol dan menghasilkan 22 assist. 

5. Ciro Immobile diandalkan sebagai ujung tombak serangan Lazio dalam 112 laga

5 Pemain Paling Sering Dimainkan Maurizio Sarri di LazioCiro Immobile (instagram.com/ciroimmobile17)

Ciro Immobile telah membuktikan statusnya sebagai salah satu striker top. Loyalitasnya dengan Lazio sudah tidak perlu diragukan lagi. Meski pelatih datang silih berganti, ia tetap setiap membela I Biancocelesti sejak pertama kali membela Lazio pada 2016 lalu. 

Di bawah asuhan Maurizio Sarri, Immobile pun mampu bermain konsisten. Meski kini sudah berusia 34 tahun, ketajamannya tidak berkurang. Ia tetap diandalkan untuk menjadi ujung tombak serangan Lazio dalam 112 laga. Dari jumlah penampilan tersebut, ia mengemas 56 gol dan 12 assist. 

Selain kelima pemain di atas, banyak nama-nama lain yang juga menjadi andalan Maurizio Sarri selama di Lazio. Sebut saja Ivan Provedel, Mattia Zacagni, hingga Alessio Rogmanoli. Terlepas dari jumlah penampilannya, mereka membantu tim tampil kompetitif lagi. Pencapaian terbaik Sarri di ibu kota sendiri terjadi saat ia mampu membawa I Biancocelesti finis kedua Serie A 2022/2023. 

Baca Juga: 10 Fakta Maurizio Sarri, Pelatih yang Pernah Berprofesi sebagai Bankir

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya