4 Pemain Prancis yang Memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024

Salah satunya Jordan Veretout

Olympique Marseille cukup konsisten pada 2023/2024. Klub berjuluk Les Phoceens ini bersaing di papan atas Ligue 1 Prancis. Hal itu terjadi berkat komposisi skuad yang merata di tiap lininya. Ini membuat tim bisa bermain kompetitif. 

Konsistensi yang ditunjukkan Marseille tentu tidak bisa terlepas dari peran para pemain. Menariknya, Les Phoceens banyak dihuni nama-nama yang berasal dari luar Prancis. Para pemain lokal berjumlah sedikit saja pada 2023/2024 ini. Tercatat, hanya ada empat pemain Prancis yang menghuni skuad musim ini.

Berikut pemain Prancis yang memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024.

1. Jordan Veretout merupakan gelandang andalan Olympique Marseille

4 Pemain Prancis yang Memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024Jordan Veretout (instagram.com/jordanveretout)

Jordan Veretout kembali berkarier di Prancis setelah memperkuat klub-klub Italia dalam beberapa musim terakhir. Ia bergabung dengan Olympique Marseille pada musim panas 2022 lalu. Perekrutannya bertujuan untuk menambah kedalaman skuad di lini tengah. 

Pemain yang kini berusia 30 tahun ini datang dengan segudang pengalaman. Veretout tak perlu waktu lama untuk langsung menyegel satu tempat utama di lini tengah. Ia telah mencatatkan 74 pertandingan dengan koleksi 8 gol dan 10 assist. Sosoknya sebagai pemain serbabisa sangat membantu tim kompetitif. Ia dominan bermain sebagai gelandang bertahan, tetapi juga bisa berperan di sektor gelandang tengah dan gelandang serang. 

2. Samuel Gigot mampu bermain apik sebagai bek tengah

4 Pemain Prancis yang Memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024Samuel Gigot (instagram.com/mum84)

Samuel Gigot menjadi salah satu bek tengah Olympique Marseille. Ia datang pada 2022 lalu untuk membantu pertahanan tim. Pemain berusia 30 tahun ini mampu menjadi andalan tim dengan perannya yang tangguh.

Sejauh ini, Gigot sudah memainkan 53 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia turut menyumbang 4 gol dan 2 assist untuk Marseille. Permainannya yang spartan membuatnya terus menjadi pilihan utama di lini pertahanan tim. Hal tersebut tidak terlepas dari pengalamannya sebagai pemain yang matang.

Baca Juga: Kiprah 6 Pemain Marseille yang Dipinjamkan pada 2023/2024

3. Valentin Rongier merupakan kapten tim yang bisa bermain di berbagai posisi

4 Pemain Prancis yang Memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024Valentin Rongier (instagramm.com/valrongier28)

Valentin Rongier bertugas sebagai kapten Olympique Marseille. Bergabung pada 2019 lalu, ia berkembang menjadi pemain serbabisa di dalam skuad. Kemampuannya itu menjadi salah satu kelebihannya selain bisa memimpin rekan-rekannya di atas lapangan. 

Berposisi asli gelandang bertahan, Rongier bisa ditempatkan di berbagai sudut lapangan. Ia pernah bermain sebagai gelandang tengah, gelandang serang, gelandang sayap, hingga bek sayap. Ia sudah terlibat dalam 169 pertandingan di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilan tersebut, ia berhasil menyumbang 3 gol dan 10 assist untuk Marseille.

4. Jonathan Clauss beroperasi di sisi kanan permainan

4 Pemain Prancis yang Memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024Jonathan Clauss (instagram.com/djoninho25)

Salah satu pemain serbabisa lainnya yang dimiliki Olympique Marseille adalah Jonathan Clauss. Ia bisa beroperasi di sisi kanan permainan tim mulai dari bek hingga winger. Namun, ia dominan bermain sebagai gelandang kanan. Ia juga beberapa kali ditempatkan sebagai gelandang kiri. 

Berkat kemampuan serbisanya tersebut, Clauss menjadi andalan di skuad Marseille. Ia telah terlibat dalam 69 pertandingan di berbagai kompetisi. Penampilannya di atas lapangan juga cukup produktif saat berperan sebagai kreator. Ia mampu mencatatkan 4 gol dan 20 assist. 

Marseille sejatinya juga banyak dihuni para pemain yang lahir di Prancis. Namun, sebagian besar dari mereka memilih membela negara lain yang masih memiliki garis keturunan. Hal itu yang membuat pemain dari Prancis hanya berjumlah sedikit di dalam skuad.

Kendati demikian, para pemain di atas mempunyai kontribusi penting. Meski harus bersaing dengan nama-nama yang berasal dari negara lain, mereka menunjukkan bahwa talenta asal Prancis tetap menjadi andalan. Semua pemain tersebut memberikan pengalamannya untuk membawa Les Phoceens kompetitif di berbagai ajang pada 2023/2024.

Baca Juga: Kinerja 3 Pemain Marseille di Laga Senegal vs Gambia Piala Afrika 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya