4 Pemain PSG yang Dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024

Salah satunya Goncalo Ramos

Timnas Portugal telah memanggil 26 pemain untuk persiapan Euro 2024. Salah satu klub yang melepas pemainnya dengan cukup banyak adalah Paris Saint-Germain. Les Parisiens mengirimkan empat nama untuk memperkuat Selecao das Quinas. 

Para pemain tersebut dipanggil berdasarkan performa yang dilakoni di sepanjang musim 2023/2024. Mereka telah membantu PSG mengukir sejarah dengan menjuarai Ligue 1 Prancis dalam 3 musim beruntun. Siapa saja mereka dan apa yang bisa mereka berikan untuk Timnas Portugal di Euro 2024? Simak ulasannya berikut ini!

1. Vitinha berperan sebagai jenderal lapangan tengah permainan PSG

4 Pemain PSG yang Dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024Vitinha (instagram.com/vitinha)

Vitinha menjalani peran krusial bersama Paris Saint-Germain sepanjang musim 2023/2024. Bertugas sebagai gelandang sentral, ia mampu menjadi penghubung antarlini dengan baik. Ia tercatat memainkan 45 pertandingan di berbagai ajang bersama Les Parisiens. Pemain berusia 24 tahun ini juga tampil produktif dengan gelontoran 9 gol dan 5 assist. 

Peran sentralnya di PSG ini membuatnya dipanggil Timnas Portugal. Potensinya sebagai gelandang muda menambah kedalaman skuad di lini tengah. Sejak debut pada Maret 2022 lalu, ia telah mengoleksi 15 caps. Euro 2024 merupakan turnamen major keduanya setelah Piala Dunia 2022 di Qatar lalu. Dengan peran vitalnya di klub, ia berpeluang menjadi andalan. 

2. Goncalo Ramos tampil moncer pada musim debutnya di PSG

4 Pemain PSG yang Dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024Goncalo Ramos (instagram.com/goncaloramos88)

Goncalo Ramos menjalani musim debut bersama PSG dengan mengesankan. Didatangkan dari Benfica dengan status pinjaman pada musim panas 2023 lalu, ia langsung nyetel dengan permainan tim. Pemain berusia 22 tahun ini kemudian dipermanenkan pada Januari 2024 berkat performa impresifnya di lini serangan tim. 

Selama musim 2023/2024, Ramos dipercaya turun bermain dalam 40 pertandingan, Ia berkontribusi dengan membuat 14 gol dan menghasilkan 2 assist. Ia menjadi salah satu sosok penting di balik keberhasilan PSG merengkuh titel juara Ligue 1. Potensinya sebagai pemain muda terasah di klub ibu kota Prancis ini. Ia bisa menambah opsi serangan di Timnas Portugal.

Baca Juga: Rentetan Trofi yang Diraih Kylian Mbappe bersama PSG

3. Danilo Pereira tampil kokoh di lini pertahanan PSG

4 Pemain PSG yang Dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024Danilo Pereira (instagram.com/iamdanilopereira)

Danilo Pereira menjalani musim yang apik bersama PSG pada 2023/2024. Sejak bergabung pada 2021 lalu, ia terus menunjukkan pengaruhnya meski tak lagi muda. Pemain berusia 32 tahun ini berperan penting membantu tim menjuarai Ligue 1 dalam 3 musim beruntun. Musim ini, ia berlaga sebanyak 34 kali dengan sumbangsih 1 gol dan 1 assist. 

Pemain bertinggi 188 cm ini sejatinya berposisi asli sebagai gelandang bertahan. Namun, musim ini dipasang sebagai bek tengah oleh pelatih Luis Enrique di PSG. Pereira mampu menjalani tugas di posisi tersebut dengan sama baiknya. Hal ini akan menjadi keuntungan untuk Timnas Portugal. Ia sendiri termasuk sosok berpengalaman dengan koleksi 71 caps.

4. Nuno Mendes tetap dipanggil meski sempat cedera lama bersama PSG

4 Pemain PSG yang Dipanggil Timnas Portugal ke Euro 2024Nuno Mendes (instagram.com/nunomendes_5)

Timnas Portugal tidak mau meninggalkan Nuno Mendes untuk Euro 2024. Kiprahnya pada 2023/2024 terbilang terbatas akibat cedera. Ia tercatat absen selama hampir 9 bulan pada Mei 2023–Februari 2024 untuk menjalani pemulihan pada hamstringnya. Pemain berusia 21 tahun ini baru kembali di paruh kedua musim dan berhasil 13 kali berlaga dengan 1 gol dan 1 assist.

Kendati sempat absen lama, Mendes tetap dipanggil oleh pelatih Roberto Martinez. Usianya baru 21 tahun, tetapi ia termasuk bek kiri andalan. Pada usia yang masih muda, ia sudah memiliki koleksi 20 caps bersama Timnas Portugal. Selepas kembali dari cedera, ia juga mampu menemukan kembali ritme bermainnya sehingga tetap dibawa ke Euro 2024. 

Para pemain di atas berkontribusi penting terhadap keberhasilan PSG menjuarai Ligue 1 2023/2024. Berdasarkan performa itu, mereka dipanggil ke Timnas Portugal demi memenuhi ambisi merengkuh gelar juara Euro 2024. Mampukah mereka mewujudkan hal tersebut?

Baca Juga: Daftar Juara Liga Prancis Ligue 1 Sejak 1893 hingga 2024, Terbaru PSG

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya