5 Pemain yang Dilepas Atletico Madrid pada Musim Panas 2023

Lepas pemain yang minim kontribusi

Atletico Madrid cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Tak cuma mendatangkan pemain anyar, Los Rojiblancos juga melepas sejumlah nama. Para pemain yang hengkang memang minim kontribusi di dalam skuad.

Beberapa pemain dilepas secara bebas transfer setelah kontraknya habis. Namun, terdapat juga nama yang dijual untuk menambah pemasukan dan mengurangi penumpukan pemain. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut deretan pemain yang dilepas Atletico Madrid pada musim panas 2023.

1. Matheus Cunha dipermanenkan Wolverhampton Wanderers

5 Pemain yang Dilepas Atletico Madrid pada Musim Panas 2023Matheus Cunha (wolves.co.uk)

Wolverhampton Wanderers mengaktifkan klausul pembelian Matheus Cunha. Sebelumnya, pemain asal Brasil ini dipinjam dari Atletico Madrid pada Januari 2023 lalu. Penampilan impresfinya membuat manajemen terkesan dan memermanenkannya. 

Selama masa peminjaman, Cunha berhasil tampil dalam 20 laga. Ia mampu menghasilkan 1 gol dan menciptakan 2 assist. Atletico Madrid mendapatkan dana segar senilai 50 juta euro atau Rp838 miliar. Wolves rela mengeluarkan biaya tersebut sebagai uang tebusan. Ia sendiri dikontrak selama 4 tahun, yang berlaku hingga 2027 mendatang.

2. Geoffrey Kondogbia dilepas ke Olympique Marseille

5 Pemain yang Dilepas Atletico Madrid pada Musim Panas 2023Geoffrey Kondogbia (instagram.com/kondogbia)

Geoffrey Kondogbia dijual Atletico Madrid ke Olympique Marseille. Los Rojiblancos mendapatkan dana 8 juta euro atau Rp134 miliar dari Los Phoceens. Ia dikontrak selama 4 tahun, yang akan berlaku hingga 2027 mendatang.

Gelandang asal Afrika Tengah ini sudah membela Atletico Madrid selama 3 tahun. Kondogbia mencatatkan 93 penampilan di berbagai kompetisi. Ia mampu mengemas 1 gol dan 4 assist. Prestasinya adalah membawa Los Rojiblancos menjuarai LaLiga Spanyol 2020/2021. 

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Atletico Madrid ke Klub EPL

3. Manu Sanchez merapat ke Celta Vigo

5 Pemain yang Dilepas Atletico Madrid pada Musim Panas 2023Manu Sanchez (instagram.com/manuelsanchez6)

Manu Sanchez dilepas Atletico Madrid secara bebas transfer ke Celta Vigo. Ia dikontrak selama 5 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang. Kepergian bek asal Spanyol ini sekaligus mengurangi penumpukan pemain. Kepindahannya tersebut juga menimbulkan kelegaan tersendiri bagi Sanchez.

Pada 3 musim terakhir, ia menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di Osasuna. Sanchez berhasil tampil sebanyak 88 kali. Sementara, ketika di Atletico Madrid, ia hanya mencatatkan tujuh penampilan. Padahal, ia merupakan lulusan akademi Los Rojiblancos. Ternyata hal tersebut bukan jaminan ia mendapatkan tempat utama.

4. Renan Lodi juga bergabung ke Olympique Marseille

5 Pemain yang Dilepas Atletico Madrid pada Musim Panas 2023Renan Lodi (instagram.com/renan_lodi)

Renan Lodi dilepas Atletico Madrid usai menyetujui kesepakatan dengan Olympique Marseille. Nilai 12 juta euro atau Rp201 miliar menjadi biaya transfernya. Ia sendiri akan berada di klub Prancis tersebut hingga 2028 mendatang.

Peran Lodi memang mulai terpinggirkan di Atletico Madrid. Pada 2022/2023 lalu, ia dipinjamkan ke klub Inggris, Nottingham Forest. Pemain berusia 25 tahun ini bermain dengan impresif dalam 32 pertandingan. Kini, pengalaman matangnya diharapkan mampu membawa Marseille bermain dengan kompetitif.

5. Matt Doherty kembali memperkuat Wolverhampton Wanderers

5 Pemain yang Dilepas Atletico Madrid pada Musim Panas 2023Matt Doherty (wolves.co.uk)

Matt Doherty memutuskan untuk kembali memperkuat Wolverhampton Wanderers. Periode pertamanya terjadi selama 10 tahun, yakni pada 2010–2020. Ia berhasil menjadi salah satu legenda di Molineux Stadium lewat penampilan gemilangnya.

Pada musim panas 2020, Doherty menjajal tantangan baru dengan bergabung ke Tottenham Hotspur. Ia berada di London Utara selama 2,5 tahun sebelum pindah ke Atletico Madrid pada Januari 2023 lalu. Ia hanya 6 bulan di Wanda Metropolitano dan memutuskan kembali membela Wolves dengan datang secara gratis.

Sejumlah pemain yang sudah dilepas Atletico Madrid kebanyakan perannya sudah terpinggirkan. Hal tersebut membuat manajemen rela melego mereka. Beberapa nama mampu menghasilkan dana tambahan untuk kelangsungan finansial klub. Sisanya pergi secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pindah Haluan ke Atletico Madrid

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya