5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean Huijsen

Beberapa di antaranya mampu jadi andalan

AS Roma mendatangkan Dean Huijsen dari Juventus pada bursa transfer Januari 2024. Ia bergabung dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim 2023/2024. Kedatangannya menambah kedalaman skuad di lini pertahanan yang menjadi sorotan sebab inkonsistensi yang terjadi di awal musim.

Dean Huijsen memilih menggunakan nomor punggung 3 di AS Roma. Nomor ini lazim digunakan bagi para pemain yang beroperasi di lini belakang. Sebelum sang pemain, sederet nama pernah memakainya selama berkarier di Stadio Olimpico. Siapa saja dan bagaimana kiprahnya?

1. Roger Ibanez menjadi andalan di lini pertahanan AS Roma

5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean HuijsenRoger Ibanez (twitter.com/ibanez41oficial)

Roger Ibanez merupakan pengguna terakhir nomor punggung 3 di AS Roma. Namun, ia mengawali kariernya dengan nomor punggung 41 saat berstatus pemain pinjaman pada paruh kedua musim 2019/2020. Baru pada 2020/2021 setelah dibeli permanen, ia berganti nomor punggung. Ia memperkuat I Giallorossi selama 3,5 tahun pada 2020–2023. 

Selama berseragam AS Roma, Ibanez merupakan bek tengah andalan. Ia memainkan 149 pertandingan di berbagai kompetisi. Pemain asal Brasil ini mampu mengemas 9 gol dan 2 assist. Kontribusi pentingnya bersama I Giallorossi adalah membawa tim menjuarai UEFA Europa Conference League 2021/2022 lalu. Pada musim panas 2023 lalu, ia memutuskan untuk hengkang ke Arab Saudi dengan bergabung bersama Al-Ahli. 

2. Luca Pellegrini kesulitan bersaing meski lulusan akademi AS Roma

5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean HuijsenLuca Pellegrini (twitter.com/OfficialASRoma)

Luca Pellegrini adalah jebolan akademi AS Roma yang berhasil promosi ke tim utama. Ia sudah menggunakan nomor punggung 3 sejak awal. Meski berstatus sebagai pemain dari akademi, hal itu tak membuatnya mudah menjadi andalan. Ia kesulitan menjadi pilihan utama di bek kiri.

Pemain bertinggi 178 cm ini memperkuat AS Roma selama 6 bulan. Pellegrini hanya berseragam I Giallorossi pada paruh pertama musim 2018/2019. Ia bermain sebanyak delapan kali untuk tim Serigala Ibu Kota. Ia pindah ke Cagliari pada 2019 dan kemudian dibeli Juventus pada musim panas tahun yang sama. Saat ini, ia justru membela tim rival sekota, yakni Lazio.

Baca Juga: 6 Pemain AS Roma yang Meroket selama Dilatih Jose Mourinho

3. Juan Jesus bermain impresif sebagai bek tengah

5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean HuijsenJuan Jesus (asroma.com)

Juan Jesus membela AS Roma selama 5 tahun pada 2016–2021. Selama berseragam I Giallorossi, ia merupakan andalan di sektor pertahanan. Ia menggunakan nomor punggung 3 hanya di musim pertamanya pada 2016/2017. Selepas itu, ia berganti ke nomor punggung 5. 

Bek asal Brasil ini total memainkan 102 pertandingan di berbagai kompetisi bersama AS Roma. Juan Jesus mengemas 1 gol dan 1 assist selama berkarier untuk tim Serigala Ibu Kota. Pada musim panas 2021, ia tidak memperpanjang kontraknya dan hengkang ke Napoli. 

4. Lucas Digne hanya semusim memperkuat AS Roma sebagai pemain pinjaman

5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean HuijsenLucas Digne (asroma.com)

Lucas Digne pernah membela AS Roma pada 2015/2016. Saat itu, ia didatangkan dari Paris Saint-Germain dengan status pemain pinjaman selama semusim. Opsi pembelian permanen disertakan dalam kontraknya Ia memilih mengenakan nomor punggung 3. 

Pemain asal Prancis ini sejatinya bermain apik selama masa peminjaman di AS Roma. Digne menjadi bek kiri andalan dengan catatan 42 laga di berbagai ajang. Ia juga mampu membuat 3 gol dan 4 assist. Meski menyatakan ingin bertahan, ia pada akhirnya dijual PSG ke Barcelona pada musim panas 2016. Kini, ia berada di Inggris memperkuat Everton sejak 2022 lalu.

5. Ashley Cole gagal membawa pengalaman matangnya untuk menjadi andalan di AS Roma

5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean HuijsenAshley Cole (asroma.com)

Ashley Cole memperkuat AS Roma setelah menuai kesuksesan di Inggris. Berlabuh ke tim ibu kota Italia menjadi tantangannya sebagai pemain berpengalaman. Ia membela I Giallorossi selama 2 tahun pada 2014–2016. Ia memakai nomor punggung 3 selama berada di Olimpico.

Sayangnya, Cole kesulitan bersaing di sektor bek kiri. Selama waktunya di AS Roma, ia hanya bermain sebanyak 16 kali di semua ajang. Ia kemudian pergi ke LA Galaxy setelah kontraknya habis. Pada 18 Agustus 2019, ia pensiun dengan klub terakhir Derby County.

Para pemain di atas mempunyai kisah masing-masing dengan nomor punggung 3 di AS Roma. Dean Huijsen sendiri merupakan pemain muda potensial. Terlebih lagi, ia bergabung untuk mendapatkan menit bermain reguler. Jika bisa konsisten, potensinya untuk dipermanenkan menjadi terbuka lebar di akhir masa pinjaman pada musim panas 2024 mendatang.

Baca Juga: 3 Pemain Baru AS Roma yang Direkrut pada Bursa Transfer Januari 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya