5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony Gordon

Siap tunjukkan penampilan apik dengan nomor baru

Anthony Gordon memulai musim baru 2023/2024 dengan penampilan berbeda. Ia akan mengenakan nomor punggung 10 di Newcastle United. Pemilihan tersebut menyusul kepergian Allan Saint-Maximin yang hijrah ke Arab Saudi memperkuat Al Ahli.

Pemain berusia 22 tahun ini datang dari Everton pada bursa transfer Januari 2023 lalu. Ia mampu berkembang menjadi andalan di lini serang Newcastle United. Hal tersebut yang mendasari pemilihan nomor punggung 10 untuk musim anyar. Terlebih lagi, nomor tersebut juga ikonis dikenakan pemain di lini serang.

Sebelum Anthony Gordon, berikut sederet pemain yang pernah memakai nomor punggung 10 di Newcastle United.

1. Allan Saint-Maximin

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony GordonAllan Saint-Maximin (nufc.co.uk)

Allan Saint-Maximin adalah pengguna nomor punggung 10 terakhir sebelum Anthony Gordon. Pemain berusia 26 tahun tersebut memutuskan hijrah ke Arab Saudi membela Al Ahli. Ia merupakan penyerang andalan The Magpies pada periode 2019–2022.

Sejak pindah dari OGC Nice pada musim panas 2019, Saint-Maximin langsung memakai nomor punggung 10. Selama 4 musim di St James' Park, pemain asal Prancis ini tampil cukup produktif. Ia berhasil menorehkan 13 gol dan 21 assist dalam 121 pertandingan di berbagai ajang.

2. Mohamed Diame

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony GordonMohamed Diame (nufc.co.uk)

Sebelum Allan Saint-Maximin, ada Mohamed Diame yang memakai nomor punggung 10. ia membela Newcastle selama 3 musim mulai 2016–2019. Pada awalnya, ia memakai nomor punggung 15, tetapi berubah pada musim keduanya. 

Diame merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Penampilannya di lini tengah The Magpies cukup krusial. Pemain asal Senegal ini bermain sebanyak 103 pertandingan. Ia mampu mengemas 8 gol dan 3 assist. Pada musim panas 2019, kontraknya habis bersama Newcastle dan dilepas ke klub Qatar, Al Ahli SC.

Baca Juga: 5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahal

3. Siem de Jong

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony GordonSiem de Jong (nufc.co.uk)

Siem de Jong menjalani kiprah tak terlalu mentereng di Newcastle United. Ia didatangkan dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2014. Pemain asal Belanda itu langsung mengenakan nomor punggung 10.

Masa kerjanya di Newcastle juga singkat, yakni hanya 2 tahun pada 2014–2016. De Jong hanya tampil sebanyak 26 kali. Pada musim panas 2017, ia dipinjamkan ke Feyenoord selama semusim. Setelah kembali dari masa peminjaman, ia kembali ke Ajax pada musim panas 2018. Kini, ia sudah pensiun pada Juli 2023 dengan klub terakhir De Graafschap.

4. Hatem Ben Arfa

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony GordonHatem Ben Arfa (nufc.co.uk)

Hatem Ben Arfa menjadi salah satu sensasi saat berkiprah di Newcastle United. Ia mampu menarik perhatian dan menghuni lini serang The Magpies pada periode 2011–2014. Saat datang ke St James' Park pada Januari 2011, ia mengenakan nomor punggung 37.

Pada awal kedatangannya, Ben Arfa tampil cukup menjanjikan. Musim penuh perdananya pada 2011/2012, ia dipercaya memakai nomor punggung 10. Namun, performanya perlahan menurun dan pada musim panas 2014 dipinjamkan ke Hull City. Setelah masa peminjaman, pada musim dingin 2015, Ben Arfa dilepas Newcastle secara bebas transfer. Ben Arfa telah bermain sebanyak 86 pertandingan dengan torehan 14 gol dan 15 assist.

5. Stephen Ireland

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony GordonStephen Ireland (nufc.co.uk)

Stephen Ireland bisa disebut gagal bersama Newcastle United. Ia datang pada musim dingin 2011 dengan status pinjaman dari Aston Villa. Namun, pemain asal Irlandia ini gagal menunjukkan performa mengesankan bersama The Magpies usai hanya tampil dua kali.

Hal tersebut cukup disayangkan mengingat kiprahnya dengan klub sebelumnya. Ireland merupakan andalan di Manchester City sehingga membuat Aston Villa merekrutnya. Namun, usaha The Villans untuk mengembalikan performa apiknya gagal, begitu juga saat dipinjamkan ke Newcastle. Ireland pun sudah pensiun pada 2018 lalu dengan klub terakhir Bolton Wanderers.

Para pemain di atas terbilang tak begitu memuaskan ketika memakai nomor punggung 10. Namun, sejumlah pemain ikonis juga berhasil dengan nomor tersebut. Sebut saja Michael Owen, Craig Bellamy, hingga John Barnes. Mampukah Anthony Gordon tampil moncer dengan nomor punggung 10 di Newcastle United?

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub Inggris 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya