5 Pengguna Nomor Punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu Dragusin

Beberapa di antaranya mampu jadi andalan

Tottenham Hotspur mendapatkan amunisi baru di sektor pertahanan. The Lilywhites berhasil mengamankan jasa Radu Dragusin pada bursa transfer Januari 2024. Bek berusia 21 tahun ini ditebus dari Genoa dengan biaya transfer senilai 25 juta euro atau Rp425 miliar.

Radu Dragusin memilih menggunakan nomor punggung 6 di Tottenham Hotspur. Sebelum sang pemain, sejumlah nama pernah mengenakan nomor ini selama kariernya bersama The Lilywhites. Beberapa di antaranya mampu menjadi andalan di dalam tim. 

Lalu, siapa saja dan seperti apa performanya? Berikut lima pemain yang menggunakan nomor punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu Dragusin.

1. Davinson Sanchez reguler bermain di lini pertahanan Tottenham Hotspur

5 Pengguna Nomor Punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu DragusinDavinson Sanchez (instagram.com/daosanchez13)

Davinson Sanchez merupakan pengguna nomor punggung 6 terakhir sebelum Radu Dragusin. Ia adalah salah satu bek tengah andalan selama berseragam Tottenham Hotspur. Pemain berpaspor Kolombia ini menghabiskan waktu selama 6 tahun pada 2017–2023.

Catatan 207 pertandingan dengan sumbangsih 5 gol dan 1 assist menjadi kontribusinya bersama Spurs. Meski tim mengalami beberapa kali pergantian pelatih, ia tetap menjadi andalan. Namun, ia memutuskan hengkang ke Galatasaray pada musim panas 2023 lalu. Kurangnya jaminan menit bermain menjadi alasannya pergi ke klub Turki tersebut.

2. Nabil Bentaleb gagal bersinar akibat berkutat dengan cedera

5 Pengguna Nomor Punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu DragusinNabil Bentaleb (twitter.com/SpursOfficial)

Nabil Bentaleb adalah pemain yang memperkuat Tottenham Hotspur pada 2013–2016. Ia merupakan salah satu jebolan akademi yang berhasil menembus tim utama saat masih berusia 19 tahun. Debutnya terjadi ketika melawan Southampton di Premier League pada 22 Desember 2013. Saat itu, ia mengenakan nomor punggung 42.

Dalam 2 musim awalnya, Bentaleb membuktikan sebagai gelandang muda potensial dengan bermain sebanyak 55 kali.Ia kemudian mengganti nomor punggungnya menjadi 6 pada 2015/2016. Sayangnya, cedera ankle dan lutut membuatnya absen lama. Ia hanya berlaga sepuluh kali pada musim tersebut. Ia kemudian dipinjamkan kepada Schalke untuk musim 2016/2017. Berkat performanya, ia dipermanenkan setahun setelahnya.

Baca Juga: Profil Radu Dragusin, Bek Baru Tottenham Jebolan Akademi Juventus

3. Vlad Chiriches hanya berada di Tottenham Hotspur selama 2 musim

5 Pengguna Nomor Punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu DragusinVlad Chiriches (twitter.com/SpursOfficial)

Vlad Chiriches membela Tottenham Hotspur hanya 2 musim pada 2013–2015. Ia merupakan salah satu bek menjanjikan saat berseragam The Lilywhites. Pada awal kedatangannya, ia memakai nomor punggung 12, tetapi berganti di pertengahan musim menjadi 6.

Sayangnya, Chieiches kesulitan bersaing memperebutkan posisi utama. Meski bermain apik ketika diturunkan, pemain asal Rumania ini tetap tidak dimainkan reguler. Ia hanya mencatatkan 43 pertandingan dalam 2 musim tersebut. Ia kemudian dilepas ke Napoli pada musim panas 2015. Saat ini, ia memperkuat klub Rumania, FCSB.

4. Tom Huddlestone menjadi andalan di sektor gelandang bertahan

5 Pengguna Nomor Punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu DragusinTom Huddlestone (spurs.fandom.com)

Tom Huddlestone menjadi salah satu pemain penting saat memperkuat Tottenham Hotspur pada 2006–2013. Ia adalah sosok gelandang bertahan yang selalu diandalkan. Pada awal kedatangannya, ia memilih nomor punggung 22. Baru pada musim ketiganya, ia berganti menggunakan nomor punggung 6. 

Penampilan Huddlestone bersama Spurs terbilang stabil dan konsisten. Ia mencatatkan 209 laga di berbagai ajang. Meski berposisi sebagai gelandang bertahan, ia cukup produktif dengan torehan 16 gol dan 31 assist. Ia turut mengantarkan tim menjuarai Piala Liga Inggris 2007/2008. Saat ini, ia menjadi pemain dan pelatih di Manchester United U-21 sejak 2022 lalu.

5. Teemu Tainio kesulitan bersaing di lini tengah Tottenham Hotspur

5 Pengguna Nomor Punggung 6 Tottenham Hotspur sebelum Radu DragusinTeemu Tainio (twitter.com/SpursOfficial)

Teemu Tainio memperkuat Tottenham Hotspur selama 3 tahun pada 2005–2008. Ia didatangkan secara bebas transfer setelah kontraknya habis di AJ Auxerre. Ia direkrut untuk menambah opsi di sektor gelandang bertahan dan memilih menggunakan nomor punggung 6.

Selama berseragam Spurs, Tainio bermain dalam 83 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia menyumbang 3 gol dan 3 assist. Pada musim panas 2008, ia hengkang ke Sunderland sebab minimnya menit bermain reguler. Ia kemudian melanglang buana dengan membela Birmingham, Ajax Amsterdam, New York RedBulls, dan pensiun di HJK Helsinki pada 1 Januari 2015. Saat ini, ia bekerja sebagai asisten pelatih di klub Siprus, AEL Limassol.

Para pemain di atas tidak semuanya tampil apik. Beberapa di antaranya mampu jadi andalan. Namun, ada juga yang kurang maksimal sehingga hanya menghabiskan waktu singkat. Radu Dragusin sebagai salah satu bek muda potensial punya kans untuk menunjukkan kualitasnya. Kehadirannya diharapkan menambah kokoh lini pertahanan Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Radu Dragusin, Bintang Muda Rumania yang Mengikuti Jejak Orang Tuanya

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya