5 Pengguna Nomor Punggung 7 West Ham United sebelum James Ward-Prowse

Mayoritas bertahan singkat

James Ward-Prowse menjadi kreator serangan baru dalam skuad West Ham United. Bergabung pada musim panas 2023 lalu, ia tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi. Gelandang berusia 29 tahun ini langsung nyetel dengan permainan tim. 

Pemain internasional Inggris ini memilih menggunakan nomor punggung 7. Sebelumnya, terdapat sejumlah nama yang pernah mengenakan nomor ini. Maklum saja, nomor ini kerap kali dipakai para pemain ofensif. James Ward-Prowse menjadi salah satu yang memilihnya.

Berikut lima pengguna nomor punggung 7 di West Ham United sebelum James Ward-Prowse.

1. Gianluca Scamacca hanya semusim memperkuat West Ham United

5 Pengguna Nomor Punggung 7 West Ham United sebelum James Ward-ProwseGianluca Scamacca (instagram.com/iamscamacca)

Gianluca Scamacca merupakan pengguna nomor punggung 7 terakhir sebelum James Ward-Prowse. Kiprahnya bersama West Ham United terbilang gagal. Ia hanya memperkuat The Hammers selama semusim pada 2022/2023 lalu.

Faktor terbesar kegagalan Scamacca di West Ham adalah kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Padahal, ia tampil apik bersama Sassuolo sebelum pindah pada musim panas 2022. Ia tercatat memainkan 28 pertandingan di seluruh kompetisi dengan koleksi 6 gol. Meski tak begitu impresif, ia berhasil membantu tim menjuarai UEFA Europa Conference League. 

2. Andriy Yarmolenko berperan sebagai pemain serbabisa di West Ham United

5 Pengguna Nomor Punggung 7 West Ham United sebelum James Ward-ProwseAndriy Yarmolenko (instagram.com/yarmolenkoandrey)

Andriy Yarmolenko membela West Ham United pada 2018–2022. Pada musim perdananya, ia memilih menggunakan nomor punggung 20. Baru semusim setelahnya, ia mengganti nomor menjadi 7 hingga pergi secara bebas transfer pada musim panas 2022. 

Selama 4 tahun berada di London, pemain asal Ukraina ini mempunyai peran vital sebagai sosok yang serbabisa di lini serangan. Yarmolenko bisa bermain di posisi winger, striker, dan gelandang serang. Ia mencatatkan 86 pertandingan di berbagai ajang. Dari jumlah penampilan tersebut, ia mampu mengemas 13 gol dan 7 assist. 

Baca Juga: Rapor 4 Bek Tengah West Ham pada Paruh Musim Pertama 2023/2024

3. Marko Arnautovic tampil produktif saat berseragam West Ham United

5 Pengguna Nomor Punggung 7 West Ham United sebelum James Ward-ProwseMarko Arnautovic (instagram.com/m.arnautovic7)

Marko Arnautovic bergabung dengan West Ham United pada musim panas 2017. Ia direkrut dari Stoke City dengan biaya senilai 22,3 juta euro atau Rp382 miliar. Pemain berpaspor Austria ini membela The Hammers hanya 2 musim pada 2017–2019. 

Pada awal kedatangannya, Arnautovic memilih memakai nomor punggung 27. Ia berganti ke nomor punggung 7 pada pertengahan musim 2017/2018. Hal itu juga diikuti dengan performanya yang menjadi andalan di lini serangan West Ham. Ia total memainkan 65 pertandingan di semua ajang. Ia berhasil membukukan 22 gol dan 12 assist. 

4. Sofiane Feghouli bermain apik di lini tengah meski hanya semusim membela West Ham United

5 Pengguna Nomor Punggung 7 West Ham United sebelum James Ward-ProwseSofiane Feghouli (whufc.com)

West Ham United mendatangkan Sofiane Feghouli secara bebas transfer pada musim panas 2016. Ia bergabung setelah kontraknya habis bersama Valencia. Kiprahnya di London hanya sebentar, yakni selama semusim pada 2016/2017. 

Selama masa singkatnya di West Ham, Feghouli mengenakan nomor punggung 7. Ia bertugas sebagai gelandang bertahan di dalam tim. Ia dipercaya menjaga stabilitas permainan tim dalam 27 pertandingan. Ia cukup produktif dengan gelontoran 4 gol dan 3 assist

5. Matt Jarvis kurang impresif menjalani perannya sebagai winger

5 Pengguna Nomor Punggung 7 West Ham United sebelum James Ward-ProwseMatt Jarvis (whufc.com)

Matt Jarvis memperkuat West Ham United pada 2012–2015. Penampilannya saat bersama The Hammers terbilang tidak begitu impresif. Dalam waktu 3 tahun, ia mampu bermain sebanyak 90 laga di berbagai kompetisi dengan jersey bernomor 7.

Sayangnya, penampilan tidak produktif sebagai seorang winger. Jarvis hanya mampu mencetak 6 gol dan 8 assist. Hal tersebut yang membuatnya dipinjamkan ke Norwich City pada musim panas 2015 dan dilepas permanen pada musim dingin 2016. 

Para pemain di atas tidak semuanya berhasil. Namun, James Ward-Prowse sebagai gelandang berpengalaman berbeda. Terlebih lagi, skuad West Ham United saat ini lebih matang dengan adanya pemain berkualitas lainnya. Perannya sebagai kreator serangan memberikan nyawa baru terhadap permainan tim yang dilatih oleh David Moyes ini. 

Baca Juga: 3 Gelandang Akademi West Ham yang Bela Tim EPL Lain pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya