5 Pertemuan Terakhir Tottenham Hotspur dan Arsenal di Premier League

Siapa yang lebih unggul?

Pertandingan sarat gengsi akan tersaji pada pekan ke-35 English Premier League 2023/2024. Tottenham Hotspur dan Arsenal bakal saling bentrok memperebutkan tiga poin penting. Duel bertajuk derbi London Utara ini dihelat di Tottenham Hotspur Stadium pada, Minggu (28/4/2024) pukul 20.00 WIB. 

Duel ini dikenal sebagai salah satu yang paling ketat di Inggris. Dalam beberapa musim terakhir, pertarungan selalu berjalan sengit antara Tottenham Hotspur dan Arsenal. Jelang pertemuan keduanya, mari melihat riwayat kedua tim saat saling berhadapan dalam lima laga terakhir. 

1. Arsenal tumbangkan Tottenham dengan skor 3-1 pada 2021/2022

5 Pertemuan Terakhir Tottenham Hotspur dan Arsenal di Premier LeagueArsenal melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Arsenal dan Tottenham Hotspur bertemu pada pekan keenam Premier League 2021/2022. Duel ini dihelat di Emirates Stadium dan berhasil dimenangi tim tuan rumah. The Gunners mempecundangi The Lilywhites dengan skor 3-1.

Bermain di kandang sendiri membuat Arsenal tampil percaya diri. Pada babak pertama, The Gunners sudah mencetak tiga gol. Gelontoran gol-gol tersebut dihasilkan melalui Emile Smith Rowe, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Bukayo Saka. Sementara itu, Tottenham gagal mengejar dan hanya mampu membuat satu gol hiburan melalui Son Heung Min. 

Baca Juga: 4 Lawan Terakhir Arsenal di EPL 2023/2024, Bisa Juara?

2. Pada pertemuan kedua musim 2021/2022, giliran Tottenham yang mengalahkan Arsenal

5 Pertemuan Terakhir Tottenham Hotspur dan Arsenal di Premier LeagueSelebrasi para pemain Tottenham Hotspur usai mencetak gol ke gawang Arsenal di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Tottenham Hotspur berhasil membalas kekalahan dari Arsenal yang mereka derita pada pertemuan perdana di Premier League 2021/2022. Bertanding di Tottenham Hotspur Stadium, The Lilywhites mengalahkan sang rival dengan skor telak 3-0. 

Pada laga ini, Harry Kane menampilkan permainan yang gemilang. Ia menjadi aktor kemenangan Tottenham atas Arsenal. Penyerang andalan Timnas Inggris ini berhasil mencetak dua gol. Sementara itu, satu gol tambahan lainnya diciptakan oleh Son Heung Min. 

3. Arsenal membuat Tottenham tak berdaya pada 2022/2023

5 Pertemuan Terakhir Tottenham Hotspur dan Arsenal di Premier LeagueArsenal melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Arsenal menerima kunjungan Tottenham Hotspur pada pekan kesembilan Premier League 2022/2023. Emirates Stadium menjadi saksi dominasi yang ditunjukkan The Gunners. Pasukan Mikel Arteta berhasil memenangi laga dengan skor 3-1. 

Permainan berjalan dengan dikuasai oleh Arsenal. Hal ini dibuktikan dengan gol cepat yang dicetak Thomas Partey pada menit ke-20. Tottenham sempat menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol penalti Harry Kane. Namun, Arsenal berhasil bangkit dan mencetak dua gol kemenangan melalui Gabriel Jesus dan Granit Xhaka.

4. Pada pertemuan kedua musim 2022/2023, Arsenal permalukan Tottenham di kandangnya sendiri

5 Pertemuan Terakhir Tottenham Hotspur dan Arsenal di Premier LeagueSelebrasi para pemain Arsenal usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Derbi London Utara kembali tersaji pada pekan ke-20 Premier League 2022/2024. Kali ini, duel diadakan di Tottenham Hotspur. Di luar dugaan, Arsenal berhasil mempermalukan Tottenham Hotspur di hadapan pendukungnya sendiri dengan skor 2-0. 

Permainan sejatinya berjalan ketat bagi kedua tim. Namun, kesalahan Hugo Lloris dalam mengantisipasi tendangan Bukayo Saka berbuah gol ke gawangnya sendiri pada menit ke-14. Arsenal yang mendapatkan momentum tak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka kembali mencetak gol melalui tendangan jarak jauh Martin Odegaard pada menit ke-36 dan hasil tersebut bertahan hingga laga usai. 

5. Pada pertemuan perdana 2023/2024, Spurs dan Arsenal bermain seri

5 Pertemuan Terakhir Tottenham Hotspur dan Arsenal di Premier LeagueArsenal melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Pada pertemuan perdana di Premier League 2023/2024, derbi London Utara berakhir dengan hasil seri. Bertanding pada pekan keenam, Arsenal dan Tottenham Hotspur bermain ketat. Kedua tim akhirnya berbagi satu poin usai menyudahi laga dengan skor 2-2. 

Bertindak sebagai tuan rumah, Arsenal mendapatkan keuntungan dengan gol bunuh diri Cristian Romero pada menit ke-26. Namun, Son Heung Min menyamakan kedudukan jelang turun minum. Selepas jeda babak, Bukayo Saka membawa tim unggul. Akan tetapi, semenit kemudian Son kembali mencetak gol. Hingga laga berakhir, tidak ada gol tambahan tercipta. 

Pertemuan ini tak hanya sekadar tiga poin bagi kedua tim. Arsenal wajib menang untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen demi menjaga asa juara Premier League. Sementara itu, Tottenham juga tak ingin kalah sebab tengah berupaya mengakhiri musim dengan finis di empat besar. Siapakah yang bakal memenangi derbi London utara edisi kali ini?

Baca Juga: 3 Klub EPL yang Mencetak 4 Gol atau Lebih dalam 4 Laga Beruntun

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya