5 Pesepak Bola Argentina yang Berkarier di Ligue 1 pada 2023/2024

Salah satunya Nicolas Tagliafico

Argentina dikenal sebagai salah satu negara penghasil talenta sepak bola berkualitas. Hal itu sudah dibuktikan dengan banyaknya pemain bintang yang terkenal. Tak hanya berkarier di negara asal untuk membuktikannya, banyak pemain melebarkan sayapnya ke tanah Eropa. Kompetisi di Benua Biru ini memang dikenal memiliki kualitas liga sepak bola paling kesohor.

Banyak klub-klub di Eropa mengontrak pemain asal Argentina berkat kualitasnya. Salah satunya adalah Prancis. Terkhusus di Ligue 1, yang merupakan kasta teratas Liga Prancis, terdapat beberapa pemain yang mentas di sini.

Pada 2023/2024, ada lima pemain Argentina yang memperkuat klub-klub Ligue 1 Prancis. Siapa saja mereka?

1. Nicolas Tagliafico menjadi andalan di Olympique Lyon berkat pengalamannya

5 Pesepak Bola Argentina yang Berkarier di Ligue 1 pada 2023/2024Nicolas Tagliafico (twitter.com/nico_taglia)

Nicolas Tagliafico merupakan sosok bek kiri berpengalaman asal Argentina. Ia memperkuat Olympique Lyon sejak 2022 lalu. Les Gones merupakan klub ketiga Eropa yang dibelanya setelah Real Murcia dan Ajax Amsterdam.

Pada 2023/2024, Tagliafico bermain reguler di sisi kiri pertahanan Lyon. Ia sudah mencatatkan 15 pertandingan di berbagai ajang dngan sumbangsih 1 gol dan 1 assist. Pemain 31 tahun ini juga salah satu figur penting Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Pengalamannya membantu Les Gones bangkit musim ini setelah memulai kompetisi dengan buruk.

2. Joaquin Correa menjalani masa peminjaman bersama Olympique Marseille

5 Pesepak Bola Argentina yang Berkarier di Ligue 1 pada 2023/2024Joaquin Correa (instagram.com/tucucorrea)

Joaquin Correa merapat ke Olympique Marseille dari Inter Milan pada musim panas 2023. Ia bakal menjalani masa peminjaman selama 2023/2024. Kehadirannya ke Stade Velodrome untuk menambah kedalaman skuad di lini penyerangan. 

Sejauh ini, Correa belum bisa menunjukkan permainan terbaiknya bersama Marseille. Pemain berusia 29 tahun ini baru bermain sebanyak sebelas pertandingan. Namun, ia belum berkontribusi gol maupun assist. Ditambah lagi, ia menderita cedera ankle pada Desember 2023 lalu dan belum diketahui kapan bisa kembali bermain. 

Baca Juga: 3 Pencetak Assist Tertinggi di Ligue 1 pada Paruh Pertama 2023/2024

3. Leonardo Balerdi menjadi bek andalan Olympique Marseille

5 Pesepak Bola Argentina yang Berkarier di Ligue 1 pada 2023/2024Leonardo Balerdi (instagram.com/leobardi5)

Leonardo Balerdi merupakan sosok penting di lini pertahanan Olympique Marseille. Ia sudah memperkuat Les Phoceens sejak 2020 lalu. Pada awalnya, ia dipinjam dari Borussia Dortmund. Berkat performa impresifnya, ia dipermanenkan pada musim panas 2021.

Hingga paruh musim 2023/2024, Balerdi telah mencatatkan 19 pertandingan di berbagai kompetisi. Peran kokohnya sebagai bek tengah mampu membawa Marseille kompetitif. Pemain 24 tahun ini menjadi tembok tangguh di lini pertahanan berkat gaya bermainnya yang spartan.

4. Facundo Medina bermain reguler sebagai bek tengah RC Lens

5 Pesepak Bola Argentina yang Berkarier di Ligue 1 pada 2023/2024Facundo Medina (instagram.com/facumedina99_)

Facundo Medina adalah andalan RC Lens di posisi bek tengah. Pemain berusia 24 tahun ini sudah memperkuat Les Sang et Or sejak 2020 lalu. Ia bergabung ketika masih muda dari klub Argentina, CA Talleres, sebagai pemain potensial.

Seiring waktu, hal tersebut berhasil dibuktikan Medina. Pada 2022/2023 lalu, ia berperan penting membawa Lens menjadi runner-up Ligue 1. Sementara itu, pada 2023/2024, ia masih menjadi andalan dengan turun dalam 22 perrtandingan di semua kompetisi.

5. Ignacio Miramon baru bergabung bersama LOSC Lille pada musim panas 2023

5 Pesepak Bola Argentina yang Berkarier di Ligue 1 pada 2023/2024Ignacio Miramon (instagram.com/nachomiramon_)

Ignacio Miramon menjajal tantangan baru dalam kariernya dengan mentas di Eropa bersama LOSC Lille. Ia direkrut dari klub Argentina, Gimnesia, senilai 4 juta euro atau Rp68 miliar. Ia menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang.

Lille merekrut Miramon sebagai salah satu gelandang muda potensial. Usianya baru 20 tahun. Sejauh ini, ia belum dipercaya bermain di banyak laga. Ia baru berlaga empat kali dan semuanya dimulai dari bangku cadangan. Meski belum reguler bermain, kualitasnya masih bisa ditingkatkan lagi, sehingga berpotensi menjadi gelandang andalan pada masa depan.

Sederet pemain di atas sudah menjadi andalan di timnya masing-masing berkat pengalaman dan kualitasnya. Namun, beberapa di antaranya masih berusia muda sehingga perlu waktu untuk bisa mengeluarkan potensi terbaiknya. Meski demikian, hal ini menjadi salah satu bukti bahwa pesepak bola Argentina terus melahirkan pemain-pemain potensial.

Baca Juga: 3 Kiper dengan Penyelamatan Tertinggi di Ligue 1 pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya