Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPL

Tapaki karier wasit mulai kasta bawah

English Premier League (EPL) 2023/2024 menciptakan sejarah baru pada, Sabtu (23/12/2023). Untuk pertama kalinya, wasit perempuan menjadi pengadil utama di tengah lapangan. Momen tersebut terjadi pada pekan ke-18 EPL 2023/2024 saat Fulham melawan Burnley di Craven Cottage. 

Rebecca Welch adalah pencipta sejarah tersebut. Perempuan berusia 40 tahun ini dipercaya memimpin pertandingan sebagai wasit utama. Ia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik pada laga yang dimenangkan Burnley atas Fulham dengan skor 2-0.

Siapakah sebenarnya sosoknya dan bagaimana kiprahnya sebagai wasit? Intip profil Rebecca Welch, wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan di EPL berikut, yuk!

1. Rebecca Welch pada awalnya merupakan pekerja layanan kesehatan nasional

Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPLRebecca Welch (thefa.com)

Rebecca Welch memulai kariernya sebagai wasit pada tahun 2010. Namun, ia sejatinya merupakan pekerja di NHS (National Health Service) atau layanan kesehatan nasional Inggris. Ia bekerja sebagai administrator di Bussiness Services Authorityatau Otoritas Layanan Bisnis 

Perempuan kelahiran Washington, Tyne and Wear, Inggris, ini merupakan sosok yang akrab dengan dunia kulit bundar. Sejak usia belia, Welch aktif bermain sepak bola. Berkat saran temannya yang merupakan seorang wasit, ia kemudian mempelajari ilmu wasit di Durham County Football Association.

Baca Juga: 6 Pemain Inggris Pemenang Premier League Player of the Season

2. Mendalami ilmu wasit dan mulai memimpin laga-laga di universitas serta liga sepak bola amatir

Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPLRebecca Welch (efl.com)

Pada periode 2010–2019, Rebecca Welch mulai memimpin laga-laga di universitas dan liga sepak bola amatir. Hal itu dilakukannya di luar pekerjaannya di NHS atau layanan kesehatan nasional. Kemampuannya dalam memimpin laga di sepak bola perempuan membuatnya mendapatkan pengalaman baru. Ia kemudian juga menjadi wasit di laga-laga sepak bola pria. 

Pada tahun 2017, Welch pernah menjadi wasit di Women's Super League atau kompetisi kasta teratas sepak bola wanita di Inggris. Pada 2018/2019, ia memimpin beberapa laga di National League atau kasta kelima sepak bola Inggris. Demi fokus menjadi wasit, ia meninggalkan pekerjaannya di NHS pada 2019. Ia memutuskan bekerja penuh sebagai wasit.

3. Kariernya meningkat pesat setelah fokus menjadi wasit

Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPLRebecca Welch (womenscompetitions.thefa.com)

Sejak bekerja penuh sebagai wasit, Rebeeca Welch mulai menunjukkan kualitas kepemimpinannya. Ia reguler menjadi wasit di Women's Super League. Berkat kemampuannya,i a dipercaya memimpin laga final Women's FA Cup dan Women's Community Shield pada 2020. Pada Desember tahun yang sama, ia masuk daftar elite wasit perempuan UEFA. 

Pencapaian tersebut membuatnya naik jenjang dengan cepat. Pada April 2021, Welch menjadi wasit perempuan pertama yang ditunjuk EFL (English Football League) untuk memimpin laga di liga sepak bola pria. Ia menjadi wasit di laga yang mempertemukan Harrogate dan Port Vale.

Pada 8 Januari 2022, Welch menjadi wasit dalam laga Birmingham City versus Plymouth Arygle pada ronde ketiga Piala FA 2021/2022. Berkat konsistensi dan kualitasnya yang terus meningkat, FIFA menunjukanya pada 9 Januari 2023 untuk menjadi wasit di Piala Dunia Wanita 2023 Australia dan Selandia Baru. Dalam turnamen ini, ia memimpin laga sebanyak tiga kali.

4. Mencetak sejarah sebagai wasit perempuan pertama yang memimpin laga di Premier League

Profil Rebecca Welch, Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin Laga EPLRebecca Welch (kanan) saat memimpin laga Fulham melawan Burnley pada pekan ke-18 EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Pertandingan antara Fulham kontra Burnley pada pekan ke-18 Premier League 2023/2024 menarik atensi. Pada 23 Desember 2023, Craven Cottage menjadi saksi sejarah baru tercipta. Rebecca Welch untuk pertama kalinya memimpin pertandingan sebagai wasit utama.

Sebelumnya, Welch sudah menjadi perempuan pertama yang terlibat sebagai perangkat pertandingan. Ia berperan sebagai ofisial keempat saat Fulham menghadapi Manchester United. Laga ini juga digelar di Craven Cottage pada 4 November 2023. 

Pada pertandingan Fulham melawan Burnley, Welch menunjukkan kualitasnya sebagai pengadil lapangan. Penampilannya berjalan apik tanpa ada kontoversi yang timbul dari keputusannya maupun VAR (Video Assistant Referee). Ia bahkan mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton yang memadati Craven Cottage sebagai bentuk apresiasi.

Pelatih Burnley, Vincent Kompany, secara khusus meberikan selamat kepada Welch. Ia turut berbahagia terlibat dalam momen bersejarah baginya. Juru taktik asal Belgia itu juga memberi pujian terhadap penampilannya yang tenang tanpa keputusan kontroversial. Eks Manchester City itu berharap akan ada wasit perempuan lainnya yang bisa seperti Welch.

Rebecca Welch menciptakan sejarah sekaligus membuka peluang bagi wasit perempuan lainnya. Debutnya dalam memimpin laga di Premier League membuktikan bahwa ia mampu memimpin pertandingan dengan tegas. Meski masih jauh dari kata sempurna, pencapaian ini menjadi satu pencapaian yang patut diapresiasi.

Baca Juga: 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya