Rekor Impresif Virgil van Dijk Usai Liverpool Juara Carabao Cup 2024

Tampil gemilang dengan satu gol

Liverpool sukses keluar sebagai juara Carabao Cup 2023/2024. Keberhasilan ini didapatkan usai mengalahkan Chelsea pada partai final yang berlangsung di Wembley Stadium, Minggu (25/2/2024). The Reds mengalahkan The Blues dengan skor 1-0.

Gol kemenangan Liverpool dicetak melalui tandukan Virgil van Dijk pada menit ke-118. The Reds harus bersusah payah hingga babak tambahan untuk memastikan gelar juara. Namun, kesuksesan ini membuat tim asal Merseyside itu menambah koleksi trofi mereka menjadi sepuluh. Jumlah tersebut sekaligus merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah turnamen.

Pada final kali ini, Virgil van Dijk tak hanya berperan sebagai pahlawan Liverpool. Sosok vitalnya sebagai kapten tim membuat The Reds bermain tanpa lelah dan solid. Ia mampu memimpin rekan-rekannya yang didominasi nama-nama muda minim pengalaman. Sederet rekor impresif pun dicatatkannya selepas mengantarkan Liverpool menjadi juara Carabao Cup 2023/2024.

1. Meraih penghargaan Man of the Match pada tiga partai final

Rekor Impresif Virgil van Dijk Usai Liverpool Juara Carabao Cup 2024Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Virgil van Dijk berhasil memenangkan Alan Hardaker Trophy atau penghargaan Man of the Match pada final Carabao Cup 2023/2024. Penghargaan ini diberikan berkat gol yang dicetaknya ke gawang Chelsea untuk membawa Liverpool menjadi juara. Tak cuma itu, solidnya lini pertahanan yang dipimpin olehnya membuat bek asal Belanda ini pantas mendapatkannya.

Terpilihnya Van Dijk sebagai Man of the Match pada partai final Piala Liga Inggris 2023/2024 merupakan hal yang spesial. Penghargaan ini adalah yang ketiga kalinya diperoleh sang kapten Liverpool pada partai final. Pencapaiannya ini membuktikan dirinya belum habis meski sempat diragukan setelah pulih dari cedera beberapa musim lalu.

Van Dijk mendapatkan penghargaan Man of the Match pertamanya pada final Liga Champions Eropa 2018/2019. Penampilan kolosalnya dalam mengawal lini pertahanan Liverpool berbuah trofi Si Kuping Besar keenam bagi The Reds. Saat itu, mereka mengalahkan Tottenham Hotspur melalui skor 2-0.

Penampilan gemilang pada partai final juga diulangi ketika Liverpool menjuarai Carabao Cup 2021/2022. Van Dijk menjaga pertahanan tim tidak kebobolan hingga adu penalti harus menjadi penentu juara saat melawan Chelsea. Pada akhirnya, ia sukses mengantarkan The Reds meraih kemenangan dengan skor akhir 11-10.

Baca Juga: Fans Chelsea Minta Pochettino Dipecat Usai Kalah dari Liverpool

2. Samai catatan impresif John Terry dan Vincent Kompany

Rekor Impresif Virgil van Dijk Usai Liverpool Juara Carabao Cup 2024Selebrasi bek Liverpool, Virgil van Dijk, usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada partai final Carabao Cup 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Alan Hardaker Trophy bukanlah penghargaan Man of the Match pertama yang didapatkan Virgil van Dijk. Ia sudah mendapatkannya pada final Carabao Cup 2021/2022. Saat itu, ia mampu mengantarkan Liverpool juara dengan mengalahkan Chelsea. The Reds menang adu penalti dengan skor 11-10 setelah bermain tanpa gol pada waktu normal dan babak tambahan.

Berkat penghargaan ini, Van Dijk kini setara dengan dua bek tengah legendaris, John Terry dan Vincent Kompany. Ketiganya merupakan pemain yang berhasil memperoleh Alan Hardaker Trophy sebanyak dua kali. John Terry menjadi pemain pertama yang mendapatkannya saat membawa Chelsea juara Carabao Cup pada 2004/2005 dan 2014/2015. Vincent Kompany kemudian masuk daftar elite ini usai membawa Manchester City menjadi juara pada 2015/2016 dan 2017/2018.

3. Pencetak gol tertua Liverpool pada partai final di Wembley

Rekor Impresif Virgil van Dijk Usai Liverpool Juara Carabao Cup 2024Selebrasi bek Liverpool, Virgil van Dijk, usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada partai final Carabao Cup 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Wembley merupakan stadion legendaris yang dipakai untuk pertandingan final kompetisi domestik Inggris. Keberhasilan Liverpool menjuarai Carabao Cup 2023/2024 ini menghadirkan catatan apik bagi sang pencetak gol kemenangan The Reds, Virgil van Dijk. Ia menjadi pemain tertua klub yang melakukannya pada usia 32 tahun 232 hari.

Sebelumnya, rekor ini dipegang mantan pemain Liverpool yang juga berasal dari Belanda, Dirk Kuyt. Ia menciptakan gol saat berusia 31 tahun 219 hari ketika melawan Cardiff City pada partai final 2011/2012. Pada akhirnya, The Reds mampu memenangi laga tersebut setelah adu penalti dengan skor akhir 3-2.

Keberhasilan Liverpool menjuarai Carabao Cup alias Piala Liga Inggris 2023/2024 adalah langkah awal menuju quadruple. The Reds masih bersaing di Piala FA, Liga Europa, dan English Premier League. Musim ini bakal menjadi yang terakhir bagi Juergen Klopp sebagai manajer. Misi sapu bersih semua trofi menjadi hal yang diperjuangkan. Mampukah Virgil van Dijk dkk mewujudkannya untuk mengantarkan kepergian Klopp pada akhir musim?

Baca Juga: 3 Pemain yang Bawa Liverpool Juara Piala Liga 2023/24

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya