5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPL

Setan Merah hasilkan catatan buruk!

Manchester United menderita kekalahan menyakitkan dari Crystal Palace pada pekan ke-36 English Premier League 2023/2024. Bertandang ke Selhurst Park, Selasa (7/5/2024), tim besutan Erik ten Hag pulang dengan rasa malu. Setan Merah dihajar empat gol tanpa balas.

Kekalahan ini tentunya membuat Manchester United menjadi sorotan. Performa jeblok sepanjang musim berujung gagal kompetitif. Tak hanya itu, selepas laga ini, terdapat sederet rekor buruk yang tercipta. Apa saja?

1. Manchester United mencatatkan kekalahan terbanyak dalam semusim

5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPLManchester United (premierleague.com)

Kekalahan Manchester United melawan Crystal Palace adalah yang ke-13 di Premier League 2023/2024. Jumlah ini merupakan terbanyak dalam semusim yang pernah dicatatkan Setan Merah. Catatan kekalahan ini juga menjadi yang terburuk pada era Premier League.

Manchester United sendiri masih menyisakan tiga pertandingan hingga musim selesai. Lawan-lawan berat akan menjadi mimpi buruk pada sisa musim. Pasukan Erik ten Hag masih harus menghadapi Arsenal, Newcastle United, dan Brighton & Hove Albion. Dengan performa yang jeblok dan lawan yang sulit, bukan tidak mungkin Setan Merah mengalami kekalahan lagi.

2. Rekor buruk saat bertandang ke tim London terus berlanjut

5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPLCrystal Palace melawan Manchester City di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Rekor minor lainnya yang diderita Manchester United adalah mengalami kekalahan lima kali saat bertandang ke tim asal London di Premier League 2023/2024. Crystal Palace menggenapi hasil buruk tersebut dengan kekalahan memalukan 0-4. Sebelumnya, Manchester United tidak pernah menderita lebih dari empat kekalahan melawan tim asal ibu kota.

Empat kekalahan sebelumnya sudah dicatatkan Manchester United saat bertandang ke London. Kekalahan pertama diderita dari Tottenham Hotspur (2-0) dan disusul dengan Arsenal (3-1). Dua laga lainnya juga keok dari West Ham United (2-0) dan Chelsea (4-3).

Baca Juga: 5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPL

3. Manchester United mengulangi catatan buruk 47 tahun silam

5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPLEkspresi kekecewaan Manchester United usai kalah dari Crystal Palace di Premier League 2023/2024. (manutd.com)

Kekalahan menghadapi Crystal Palace menunjukkan pertahanan yang buruk dari Manchester United. Musim ini, Harry Maguire dan kolega sudah kebobolan sebanyak 81 kali. Jumlah kemasukan gol tersebut didapatkan dari 48 berlaga di seluruh kompetisi.

Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dalam semusim di liga teratas. Manchester United mengulangi catatan buruk pertahanan pada 47 tahun silam. Pada 1976—1977, Setan Merah juga kebobolan 81 gol dari total 59 kali bertanding di semua ajang.

4. Sejak dilatih Erik ten Hag, Manchester United sudah tiga kali menderita kekalahan tandang terbesar

5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPLErik ten Hag (premierleague.com)

Rekor buruk Manchester United saat diasuh Erik ten Hag seakan tidak berhenti. Kekalahan 0-4 melawan Crystal Palace merupakan kekalahan tandang dengan margin terbesar ketiga. Hal ini tentu bukanlah hal yang membanggakan mengingat ia belum genap 2 musim melatih.

Sebelumnya, Manchester United menderita kekalahan melawan Brentford (4-0) di Premier League 2022/2023. Masih pada musim yang sama, Erik ten Hag juga membuat Manchester United mengalami kekalahan dengan margin terbesar. Hal itu terjadi saat bertandang ke Anfield melawan Liverpool. Tak tanggung-tanggung, Liverpool membabat habis tanpa ampun dengan skor 7-0.

5. Crystal Palace menang back-to-back dalam semusim atas Manchester United

5 Rekor Miris Manchester United Usai Dibantai Crystal Palace di EPLSelebrasi Crystal Palace usai mencetak gol ke gawang Manchester United di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Crystal Palace berhasil memenangi laga kontra Manchester United dalam semusim. Sebelum menang 4-0 pada pekan ke-36 ini, mereka juga mencatatkan kemenangan di pertemuan perdana pada pekan ketujuh dengan skor 1-0. 

Kekalahan ini membuat nasib Manchester United tak menentu jelang akhir musim untuk penentuan lolos zona Eropa. Saat ini, mereka berada di peringkat kedelapan. Dengan peluang di Premier League terlhat sulit, Setan Merah mempunyai satu jalan untuk bisa mentas di Liga Europa dengan memenangkan Piala FA. Namun, hal ini tidak akan mudah sebab di partai final mereka akan bertemu Manchester City.

Baca Juga: Manchester Ukir Rekor Buruk Usai Dipecundangi Crystal Palace

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya