5 Rekor Tercipta saat Inter Milan Raih Scudetto dengan Bekuk AC Milan

Inter Milan berpesta di San Siro

Inter Milan akhirnya memastikan diri sebagai peraih gelar juara Serie A Italia 2023/2024. Keberhasilan ini diperoleh usai mengalahkan sang rival sekota, AC Milan, pada Selasa (24/4/2024) dini hari WIB. Duel lanjutan pekan ke-33 yang digelar di San Siro ini sukses dimenangkan skuad asuhan Simone Inzaghi dengan skor 2-1.

Pertandingan sejatinya berjalan ketat bagi kedua tim. Intensitas tinggi dan jual beli serangan menjadi suguhan permainan. Namun, Inter Milan bermain lebih klinis dengan mencetak dua gol melalui Francesco Acerbi dan Marcus Thuram. Satu gol AC Milan yang dicetak Fikayo Tomori tidak mampu menunda pesta juara sang rival di San Siro. 

Kemenangan Inter Milan atas AC Milan ini tak hanya membuat mereka meraih scudetto musim ini. Terdapat sederet rekor yang berhasil dipecahkan setelah laga ini. 

1. Kali pertama gelar juara dipastikan di Derby della Madonnina

5 Rekor Tercipta saat Inter Milan Raih Scudetto dengan Bekuk AC MilanSelebrasi para pemain Inter Milan usai memastikan menjuarai Serie A 2023/2024. (inter.it)

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Inter Milan sukses menyegel gelar juara Serie A saat berlaga melawan AC Milan di Derby della Madonnina. Pencapaian ini terbilang prestise mengingat rivalitas keduanya yang sudah berlangsung lama. Hal ini sekaligus membuktikan siapa tim terkuat di Milan sehingga ada kebanggaan tersendiri yang tersemat.

Setelah laga ini, Derby della Madonnina telah digelar dalam total 310 pertandingan di berbagai ajang. Dari jumlah pertemuan tersebut, baik AC Milan maupun Inter Milan sama kuat. Kedua tim sama-sama sudah membuat 115 kemenangan. Sementara itu, 80 laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

2. Inter Milan menangi enam laga terakhir kontra AC Milan di semua kompetisi

5 Rekor Tercipta saat Inter Milan Raih Scudetto dengan Bekuk AC MilanInter Milan melawan AC Milan di Serie A 2023/2024. (inter.it)

Beberapa musim terakhir, pertarungan AC Milan dan Inter Milan selalu berjalan ketat. Namun, Lautaro Martinez dan kolega mampu menunjukkan dominasinya. Dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, I Nerazzurri mengalahkan I Rossoneri. 

Sejak ditangani Simone Inzaghi pada 2021, Inter Milan memang berbenah. Juru taktik berusia 48 tahun ini sukses membuat AC Milan tak berdaya ketika berhadapan dengan mereka. Gengsi yang dimiliki Inter Milan atas AC Milan membuat catatan ini menjadi pencapaian mewah bagi tim.

Baca Juga: 5 Nama Terakhir yang Juara Serie A sebagai Pemain dan Pelatih

3. Tim kedua yang mampu menjuarai Serie A sebanyak 20 kali

5 Rekor Tercipta saat Inter Milan Raih Scudetto dengan Bekuk AC MilanInter Milan merayakan keberhasilan menjuarai Serie A 2023/2024. (twitter.com/Inter)

Keberhasilan Inter Milan meraih scudetto ini terasa spesial dengan terjadi di San Siro usai mengalahkan AC Milan. Selain itu, gelar juara ini merupakan yang ke-20 sepanjang sejarah klub. Jumlah ini sekaligus melewati pencapaian milik sang rival sekota yang baru memiliki 19 trofi.

Inter Milan menjadi tim kedua yang mampu menjuarai Serie A sebanyak 20 kali. Sebelumnya, sudah ada Juventus yang menunjukkan dominasinya di tanah Italia. Klub asal Turin ini telah memenangkan 36 scudetto dengan juara terakhir terjadi pada 2019/2020.

4. Inter Milan menjadi tim pertama yang dua kali juara paling awal

5 Rekor Tercipta saat Inter Milan Raih Scudetto dengan Bekuk AC MilanSelebrasi para pemain Inter Milan usai memastikan menjuarai Serie A 2023/2024. (inter.it)

Inter Milan sukses menjuarai Serie A ketika musim masih menyisakan lima pertandingan. I Nerazzurri mencatatkan pencapaian sebagai tim tercepat yang berhasil melakukannya pada pekan ke-33. Mereka sejajar dengan Napoli pada 2022/2023, Juventus pada 2018/2019, Fiorentina pada 1955/1956, dan Torino pada 1947/1948.

Opta mencatat, Inter Milan tak hanya sekali melakukannya. Sebelumnya, mereka membukukan rekor ini ketika meraih scudetto pada 2005/2006. Artinya, I Nerazzurri menjadi tim pertama yang mampu menjuarai liga dengan lebih awal ketika musim masih harus melakoni lima laga terakhir.

5. Simone Inzaghi menjadi pelatih ketiga Inter Milan dengan koleksi trofi terbanyak

5 Rekor Tercipta saat Inter Milan Raih Scudetto dengan Bekuk AC MilanSimone Inzaghi (twitter.com/Inter)

Simone Inzaghi sukses mempersembahkan titel juara Serie A bagi Inter Milan. Gelar ini merupakan pencapaian pertamanya menjuarai liga sebagai pelatih. Trofi ini sekaligus yang keenam selama kariernya bersama I Nerazzurri. 

Jumlah tersebut membuat Inzaghi menjadi pelatih ketiga Inter Milan dengan koleksi trofi terbanyak. Termasuk Serie A, ia telah mempersembahkan 3 titel juara Coppa Italia dan 2 Supercoppa Italiana. Inzaghi hanya kalah dari Roberto Mancini (2004–2008 dan 2014–2016) serta Helenio Herrera (1960–1968 dan 1973–1974) yang sama-sama memberikan tujuh gelar juara.

Keberhasilan Inter Milan menjuarai Serie A 2023/2024 seperti pembuktian Simone Inzaghi yang sempat diragukan pada awal kedatangannya. Secara perlahan, ia mampu menunjukkan kualitasnya dengan membuat tim bermental juara di berbagai kompetisi. Raihan scudetto musim ini menjadi puncak pencapaiannya selama menangani I Nerazzurri.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Apik pada Pekan Ke-33 Serie A 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya