3 Rekrutan Bayern Munich pada Bursa Transfer Januari 2024

Salah satunya Bryan Zaragoza

Bayern Munich berbenah dengan aktif pada bursa transfer Januari 2024. Saat ini, Die Roten masih dalam perebutan gelar juara Bundesliga Jerman bersaing dengan Bayer Leverkusen. Sementara itu, di Liga Champions Eropa, tim besutan Thomas Tuchel masih mentas di fase gugur dan menjadi unggulan juara.

Demi tetap bisa kompetitif, Bayern Munich merekrut sejumlah nama untuk menambah kedalaman skuad yang ada. Fokus utama adalah lini pertahanan yang kekurangan pemain akibat banyaknya yang cedera. Hal ini membuat mereka harus menjalani pemulihan dan absen dalam waktu yang cukup lama.

Siapa saja mereka? Berikut tiga pemain yang didatangkan Bayern Munich pada bursa transfer Januari 2024.

1. Eric Dier didatangkan untuk menambah kedalaman skuad di lini pertahanan

3 Rekrutan Bayern Munich pada Bursa Transfer Januari 2024Eric Dier (fcbayern.com)

Bayern Munich mendatangkan Eric Dier dari Tottenham Hotspur dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim 2023/2024. Kontraknya bersama tim asal Inggris itu hanya sampai Juni 2024. Nantinya, Die Roten bisa merekrutnya secara gratis jika performa memuaskan. 

Kedatangan Dier ini bertujuan untuk menambah opsi pemain di sektor bek tengah. Bayern Munich saat ini sedang mengalami krisis bek. Kim Min Jae masih absen sebab membela Korea Selatan di Piala Asia 2023. Sementara itu, Tarek Buchmann dan Dayot Upamecano cedera. Praktis hanya tersisa Matthijs de Ligt di dalam skuad.

Kepergian Dier dari Spurs ini disebabkan minimnya menit bermain reguler yang didapatkannya pada 2023/2024. Ia terpinggirkan dan tidak masuk skema pelatih Ange Postecglou. Ia menghabiskan waktu di London Utara selama 9,5 tahun dengan total 364 laga. Catatan 12 gol dan 13 assist berhasil dibuatnya bersama The Lilywhites. Pengalaman matangnya ini akan membantu Bayern Munich tampil kokoh di sisa musim ini.

2. Sacha Boey direkrut untuk mengisi posisi bek kanan

3 Rekrutan Bayern Munich pada Bursa Transfer Januari 2024Sacha Boey (fcbayern.com)

Sacha Boey direkrut Bayern Munich dari Galatasaray dengan harga 30 juta euro atau Rp509 miliar. Ia menandatangani kontrak berdurasi 4,5 tahun bersama Die Roten. Kontrak tersebut akan membuatnya berada di Allianz Arena hingga 2028 mendatang.

Kebutuhan bek kanan membuat Bayern Munich berani membayar harga cukup mahal untuk Boey. Potensinya sebagai pemain muda membuatnya bisa diproyeksikan untuk masa depan. Saat ini, pemain asal Prancis ini berusia 23 tahun. Dengan bergabung bersama Die Roten, ia bisa belajar banyak dari para pemain top dan berpengalaman demi perkembangan kariernya.

Boey membela Galatasaray selama 2,5 tahun pada 2021–2023. Dalam periode tersebut, ia diandalkan dalam 83 pertandingan di semua ajang. Ia mampu menghasilkan 4 gol dan 4 assist. Prestasi penting yang dipersembahkannya untuk publik RAMS Park adalah membawa Cimbom Aslan meraih juara Super Lig Turki pada 2022/2023 lalu.

3. Bryan Zaragoza datang untuk menambah opsi penyerangan

3 Rekrutan Bayern Munich pada Bursa Transfer Januari 2024Bryan Zaragoza (twitter.com/FCBayern)

Bryan Zaragoza datang ke Bayern Munich dengan status pemain pinjaman dari Granada. Ia sejatinya sudah menyepakati kepindahan, tetapi baru akan terealisasi pada musim panas 2024 mendatang. Biaya 13 juta euro atau Rp220 miliar merupakan kesepakatan transfer kedua klub.

Cederanya Kingsley Coman membuat Bayern Munich memboyongnya lebih cepat pada bursa transfer Januari 2024. Granada kemudian menerima kompensasi biaya peminjaman senilai 4 juta euro atau Rp67 miliar. Pada musim panas 2024 mendatang, kontrak Zaragoza yang sebelumnya ditandangani hingga 2029 mendatang bakal berlaku.

Pemain berusia 22 tahun ini mampu mencuri perhatian bersama Granada. Sosoknya yang lincah sebagai seorang winger membuat Bayern Munich kepincut. Bersama klub asal Spanyol itu, Zaragoza menghabiskan waktu selama 2,5 tahun pada 2021–2024. Ia sudah bermain dalam 58 pertandingan dengan catatan 11 gol dan 5 assist. Musim 2022/2023 lalu, ia berperan penting membawa Granada promosi ke LaLiga 2023/2024.

Aktifnya Bayern Munich pada bursa transfer Januari 2024 ini tidak terlepas dari kebutuhan tim yang mendesak. Banyaknya pemain yang cedera membuat manajemen memutuskan untuk merekrut tiga nama di atas demi bisa tetap kompetitif pada 2023/2024. Terlebih lagi, mereka masih bersaing di Bundesliga dan Liga Champions Eropa. Kehadiran mereka bakal sangat membantu tim di sisa musim ini untuk memperebutkan titel juara.

Baca Juga: Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLiga

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya