5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel Umtiti

Didominasi nama-nama muda

LOSC Lille bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Les Dogues mendatangkan sejumlah pemain anyar. Adanya nama baru tersebut bertujuan untuk membuat tim bermain lebih kompetitif pada musim 2023/2024.

Sejauh ini, terdapat lima pemain yang sudah direkrut oleh Lille. Beberapa di antaranya merupakan nama berpengalaman. Kedalaman skuad bertambah bagus dengan kedatangan para pemain ini. Siapa saja? Berikut lima rekrutan anyar Lille pada musim panas 2023.

1. Samuel Umtiti merapat ke Lille usai pemutusan kontrak bersama Barcelona

5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel UmtitiSamuel Umtiti (twitter.com/losclive)

Barcelona memutuskan untuk mengakhiri kontrak Samuel Umtiti pada 30 Juni 2023. Sejatinya masa kerja bek asal Prancis ini masih berlaku hingga 2026. Namun, faktor cedera kambuhan yang dialaminya membuat kontraknya diakhiri lebih cepat. Ia kemudian direkrut oleh Lille selama 2 tahun hingga 2025 mendatang.

Umtiti merupakan salah satu bek muda potensial saat bergabung dengan Barcelona pada 2016 lalu. Ia menjadi andalan di lini pertahanan pada musim-musim awalnya. Hal tersebut membuatnya juga dipanggil ke Timnas Prancis. Penampilan apiknya mengantarkan Les Bleus menjuarai Piala Dunia 2018 lalu.

Sayangnya, setelah juara bersama Timnas Prancis, performanya menurun. Pada periode 2018–2022, ia mengalami banyak cedera dan masalah kebugaran. Mulai dari cedera lutut, paha, hamstring, hingga yang terparah adalah patah jari kaki. Ia total absen dalam 100 pertandingan bersama Barcelona akibat cedera.

2. Ivan Cavaleiro bergabung secara bebas transfer dari Fulham

5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel UmtitiIvan Cavaleiro (losc.fr)

Ivan Cavaleiro direkrut Lille secara cuma-cuma usai kontraknya habis bersama Fulham. Ia dikontrak singkat selama setahun hingga 2024. Pengalamannya dibutuhkan Les Dogues untuk tampil kompetitif pada 2023/2024.

Pemain asal Portugal ini sudah bermain sebanyak 104 kali bersama Fulham. Cavaleiro mampu mengemas 11 gol dan 8 assist. Sebelum pindah ke Lille, musim 2022/2023 lalu ia dipinjamkan ke klub Turki, Alanyaspor.

Cavaleiro tidak asing dengan sepak bola Prancis. Ia pernah membela AS Monaco pada musim 2015/2016. Saat itu, ia terlibat dalam 22 pertandingan. Dengan pengalamannya di klub-klub Eropa, Lille berharap akan ketajaman pemain berusia 26 tahun ini.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Membela LOSC Lille pada 2022/2023

3. Ignacio Miramon diboyong dari klub Argentina, Gimnasia

5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel UmtitiIgnacio Miramon (losc.fr)

Lille memboyong bintang muda potensial bernama Ignacio Miramon. Ia didatangkan dari klub Argentina, Gimnasia. Harga 6 juta euro atau Rp99 miliar menjadi kesepakatan transfer kedua klub. Ia dikontrak selama 5 tahun hingga 2028 mendatang.

Posisi bermain Miramon adalah gelandang bertahan. Usianya saat ini baru 20 tahun, tetapi mampu menjadi andalan di Gimnasia. Ia merupakan didikan akademi yang berhasil menembus tim utama pada usia 17 tahun. Kala itu, ia dipromosikan oleh pelatih Diego Maradona pada Agustus 2020.

Perlahan tapi pasti, Miramon berhasil berkembang dengan baik. Kualitasnya terasah dengan cepat bersama Gimnasia. Ia mulai menjadi andalan saat musim kompetisi 2023. Secara keseluruhan, pemain kelahiran Boliver ini telah mencatatkan 31 pertandingan di berbagai ajang.

4. Tiago Santos dibeli dari Estoril Praia sebagai bintang muda potensial

5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel UmtitiTiago Santos (losc.fr)

Tiago Santos didatangkan Lille dari klub Portugal, Estoril Praia. Pemain berusia 21 tahun ini dibeli seharga 6,5 juta euro atau Rp107 miliar. Les Dogues memberinya kontrak selama 5 tahun yang berlaku hingga 2028.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini menimba ilmu di akademi Sporting CP. Ia menghabiskan waktu saat anak-anak hingga usia remaja. Namun, Santos pindah ke akademi Estoril Praia memperkuat jenjang U-23.

Penampilan Santos di akademi Estoril Praia cukup menonjol. Ia dipromosikan ke tim utama pada 2022/2023 lalu. Musim debutnya itu berjalan gemilang dengan catatan 34 laga dengan torehan 7 assist. Pada musim panas 2023, ia diminati oleh Benfica. Namun, klausul pelepasannya di masa depan cukup menyulitkan sehingga klub lebih memilih menerima tawaran dari Lille.

5. Hakon Arnar Haraldsson didatangkan dari FC Copenhagen

5 Rekrutan LOSC Lille pada Musim Panas 2023, Ada Samuel UmtitiHakon Arnar Haraldsson (losc.fr)

Hakon Arnar Haraldsson menjadi pembelian termahal Lille sejauh ini pada musim panas 2023. Ia dibeli dari FC Copenhagen dengan biaya 15 juta euro atau Rp247 miliar. Les Dogues kepincut dengan performanya di klub Denmark tersebut. Ia dikontrak dengan durasi selama 5 tahun.

Usia Haraldsson masih 20 tahun, tetapi potensinya menonjol di Copenhagen. Sejak debutnya pada 2021, ia telah tampil dalam 58 pertandingan. Ia mampu mengemas 9 gol dan 8 assist. Performanya di klub membawanya dipanggil ke Timnas Islandia. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 11 caps.

Pergerakan Lille di bursa transfer musim panas 2023 terbilang cukup aktif. Les Dogues membenahi segala lini mulai dari pertahanan hingga penyerangan. Tujuannya adalah untuk bisa bermain konsisten dan kompetitif pada musim 2023/2024. Akankah ada pemain lagi yang datang?

Baca Juga: 4 Pemain yang Dilepas Gratis oleh LOSC Lille pada Musim Panas 2023

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya