5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala Lini

Berbenah demi kompetitif di Premier League

Luton Town bakal mentas untuk pertama kalinya di English Premier League (EPL) pada 2023/2024. Pencapaiannya dengan promosi ke kasta teratas sepak bola Inggris mencuri perhatian. Kini, The Hatters bersiap untuk bersaing dengan klub-klub lainnya.

Bursa transfer musim panas 2023 menjadi sarana untuk membenahi skuad. Luton Town aktif merekrut permain baru. Adanya pemain baru itu menambah kualtias skuad agar bisa bermain kompetitif.

Berikut lima pemain yang sudah direkrut Luton Town pada musim panas 2023.

1. Chiedozie Ogbene

5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala LiniChiedozie Ogbene (lutontown.co.uk)

Luton Town mendapatkan rekrutan pertamanya secara gratis. Chiedozie Ogbene merapat usai kontraknya habis bersama Rotherham United. Pemain berusia 26 tahun ini berposisi sebagai seorang winger.

Ogbene mempunyai pengalaman matang sebagai pemain. Selama berseragam Rotherham United, ia pernah mengantarkan promosi dari League One ke Championship pada 2019/2020. Pengalamannya tersebut dapat berguna bagi Luton Town di Premier League.

Pemain internasional Irlandia bermain bersama Rotherham United selama 4 musim. Obgbene menjalani peran vital di sisi kanan penyerangan. Secara keseluruhan, ia telah bermain dalam 136 pertandingan. Ia turut menyumbang 14 gol dan menghasilkan 22 assist. 

2. Mads Andersen

5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala LiniMads Andersen (instagram.com/madsjuelandersen)

Mads Andersen didatangkan Luton Town dari Barnsley. The Hatters mengeluarkan dana senilai 3,5 juta euro atau sekitar Rp58 miliar. Kualitasnya sebagai bek dipercaya menjadi tambahan kuat bagi lini belakang tim.

Pemain asal Denmark ini cukup familier dengan kultur sepak bola Inggris. Ia telah menghabiskan kariernya di sepak bola Inggris dalam 4 tahun terakhir. Peran vitalnya mampu menjaga kestabilan lini belakang Barnsley. Ia juga didapuk sebagai kapten tim berkat pengaruhnya.

Bersama Barnsley, ia turut terlibat dalam 175 pertandingan. Bek berusia 25 tahun ini berhasil membukukan 5 gol 8 assist. Pengalamannya tersebut diharapkan bisa membantu Luton Town bersaing di Premier League 2023/2024. Jiwa kepemimpinan yang dimilikinya menjadi nilai plus bagi Luton Town.

Baca Juga: 5 Klub Debutan Terakhir di EPL sebelum Luton Town, Sukses Bertahan?

3. Tahith Chong

5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala LiniTahith Chong (lutontown.co.uk)

Luton Town merekrut Tahith Chong dari Birmingham City. Ia bermain impresif selama musim 2022/2023 sehingga The Hatters kepincut. Berposisi sebagai winger, ia ditebus dengan nilai 4,7 juta euro atau sekitar Rp78 miliar.

Menariknya, Chong merupakan mantan pemain akademi Manchester United. Ia pernah melakoni debut di Piala FA pada 5 Januari 2019 lalu menggantikan Juan Mata. Namun, ia kesulitan menembus tim utama dan dipinjamkan ke beberapa klub.

Selain itu, pemain asal Belanda ini juga serbabisa. Selama di Birmingham, ia kerap dipasang di berbagai posisi. Mulai dari winger, striker, gelandang tengah, hingga gelandang sayap. Pemain berusia 23 tahun itu melakoni 61 pertandingan dengan catatan 5 gol dan 8 assist.

4. Marvelous Nakamba

5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala LiniMarvelous Nakamba (twitter.com/Nakamba_11)

Luton Town menebus Marvelous Nakamba secara permanen pada musim panas 2023. Sebelumnya, ia bergabung sebagai pemain pinjaman dari Aston Villa pada Januari 2023 lalu. Ia menjadi salah satu pemain penting pada 2022/2023.

Kualitasnya sebagai gelandang bertahan sangat vital bagi lini tengah. Berkat kemampuannya tersebut, ia akhirnya dipermanenkan dari Aston Villa. Luton Town mengontraknya dengan durasi 3 tahun, yang berlaku hingga 2026 mendatang.

Selama menjalani masa peminjaman, Nakamba terlibat dalam 20 pertandingan. Meski hanya bermain dalam kurun waktu 6 bulan, kiprahnya impresif. Pengalamannya di EPL bersama Aston Villa berguna. Ia terlibat dan berkontribusi besar membawa Luton Town promosi ke EPL 2023/2024.

5. Issa Kobore

5 Rekrutan Luton Town pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala LiniIssa Kobore (instagram.com/issa_kobore_29)

Issa Kobore dipinjam Luton Town dari Manchester City. Pemain berusia 22 tahun tersebut akan menjalani peminjaman semusim penuh pada 2023/2024. Posisinya merupakan seorang bek sayap kanan.

Manchester City bukan kali pertama meminjamkan Kobore. Pada tahun-tahun sebelumnya, ia juga disekolahkan ke klub lain. Pada 2022/2023, ia menjalani masa peminjaman di Olympique Marseille.

Selama berseragam Marseille, Kobore dipercaya bermain sebanyak 29 kali. Ia turut membantu Les Phoceens finis di posisi tiga klasemen akhir Ligue 1 Prancis. Kualitasnya bermain di klub besar dinilai mampu memberikan warna baru bagi lini belakang Luton Town.

Bursa transfer musim panas 2023 masih berjalan hingga saat ini. Potensi Luton Town untuk merekrut pemain anyar terbuka lebar. Mentasnya The Hatters untuk pertama kalinya di Premier League membuat mereka harus membenahi skuad. Jika tak ingin hanya sekadar mampir, maka tambahan pemain berpengalaman sangat diperlukan agar bisa bertahan.

Baca Juga: Luton Town FC, Klub Promosi EPL yang Stadionnya di Tengah Permukiman

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya