3 Tim dengan Raihan Kemenangan Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2023

Ketiganya menjadi unggulan juara turnamen

Fase grup Piala Asia 2023 rampung dilaksanakan. Sebanyak 16 tim telah memastikan diri bakal berlaga di babak gugur. Beberapa negara unggulan mampu bermain sesuai dengan harapan. Mereka tampil konsisten dalam tiga pertandingan yang dijalani selama fase grup.

Selama fase grup, banyak kejutan yang terjadi dan dialami beberapa tim unggulan. Sebut saja Jepang dan Korea Selatan yang harus menyelesaikan hingga pertandingan terakhir untuk bisa melaju ke babak 16 besar. 

Kendati beberapa tim unggulan tampil tidak maksimal, terdapat juga sejumlah tim yang tampil tanpa kesulitan. Ada 3 tim yang berhasil menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan di fase grup Piala Asia 2023.

1. Berstatus tuan rumah, Qatar tanpa kesulitan melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup A

3 Tim dengan Raihan Kemenangan Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2023Selebrasi striker Qatar, Akram Afif, usai mencetak gol ke gawang Lebanon di laga pertama fase grup Piala Asia 2023. (the-fa.com)

Qatar tergabung di Grup A bersama China, Lebanon, dan Tajikistan. Status unggulan disematkan kepada mereka sebab bertindak sebagai negara tuan rumah. Ditambah lagi, mereka juga merupakan juara bertahan Piala Asia. Tim berjuluk Al-Annabi ini sukses memanfaatkan hal tersebut dengan tampil tanpa kesulitan.

Dari tiga pertandingan yang dimainkan, Qatar menunjukkan dominasinya. Mereka mampu memenangi semua laga dengan tanpa kebobolan. Skuad asuhan Tintin Marquez ini berhasil membuat lima gol ke gawang lawan. Tiga gol di antarnya diciptakan sang striker, Akram Afif.

Qatar berhasil membekuk perlawanan Lebanon di laga pembuka dengan kemenangan 3-0. Sementara dua laga lainnya saat menghadapi China dan Tajikistan, mereka menang dengan skor serupa 1-0. Hasil selama fase grup ini menjadi modal penting tim untuk menatap lawan. Qatar bakal berjumpa Palestina di babak 16 besar.

2. Iran menjuarai Grup C untuk memastikan mentas di babak 16 besar

3 Tim dengan Raihan Kemenangan Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2023Iran menyapu bersih semua laga fase grup dengan kemenangan untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Iran menjadi tim favorit di Piala Asia 2023 berkat status sebagai pengoleksi tiga kali gelar juara. Skuad asuhan Amir Ghalenoei berada di Grup C bersama Hongkong, Palestina, dan Uni Emirat Arab. Mereka tampil apik dengan memenangkan semua laga fase grup.

Pada laga pembuka kontra Palestina, Iran berhasil menang meyakinkan melalui skor 4-1. Laga selanjutnya melawan Hongkong, mereka cukup kesulitan. Mehdi Taremi cs. menang susah payah dengan skor 1-0. Hal serupa juga terjadi di laga terakhir melawan Palestina. Mereka memenangkan duel dengan skor ketat 2-1.

Kendati mengalami kesulitan, Iran tetap menjadi unggulan berkat meratanya komposisi skuad. Mereka juga menjadi salah satu tim terproduktif selama fase grup. Catatan tujuh gol berhasil dilesakkan oleh para pemain. Performa mereka bisa ditingkatkan lagi untuk menyongsong babak 16 besar. Iran bakal berduel dengan lawan kuat, yakni Suriah.

3. Irak sukses lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup D meski menghadapi lawan sulit

3 Tim dengan Raihan Kemenangan Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2023Selebrasi striker Irak, Aymen Hussein, usai mencetak gol ke gawang Jepang di laga kedua fase grup Piala Asia 2023. (the-fa.com)

Irak mampu menunjukkan penampilan gemilang di fase grup Piala Asia 2023. Mereka tergabung bersama Jepang yang merupakan favorit juara. Terdapat juga Indonesia dan Vietnam yang juga tidak diperhitungkan, tetapi mampu tampil menyulitkan.

Laga pembuka kontra Indonesia menjadi kemenangan perdana Irak. Skuad asuhan Jesus Casas berhasil menumbangkan Tim Garuda dengan skor 3-1. Sementara itu di laga kedua, Jepang sukses dikalahkan lewat skor 2-1. Di laga terakhir melawan Vietnam, mereka menang susah payah melalui skor ketat 3-2.

Penampilan Irak selama di fase grup ini menjadi bekal untuk berlaga di fase gugur. Produktivitas gol mereka menjadi salah satu keunggulan tim. Tim berjuluk Singa Mesopotamia ini mencetak delapan gol di fase grup. Lima gol di antaranya dihasilkan oleh sang bomber andalan, Aymen Hussein. Irak akan ditantang Yordania di babak 16 besar.

Keberhasilan tiga tim di atas menyapu bersih semua laga fase grup dengan kemenangan tentu menjadi modal penting. Performa ciamik yang ditunjukkan tersebut bakal berguna untuk mentas di babak 16 besar. Jika bisa meneruskan konsistensinya di sepanjang turnamen, bukan tidak mungkin salah satu dari tiga tim di atas menjadi juara Piala Asia 2023.

Baca Juga: 4 Peserta Piala Asia 2023 yang Pertama Kali Lolos ke Fase Gugur

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya