Tommaso Baldanzi, Pemain Muda AS Roma yang Siap Bersinar

Salah satu talenta potensial

Intinya Sih...

  • AS Roma merekrut Tommaso Baldanzi dari Empoli dengan biaya 10 juta euro atau Rp168 miliar.
  • Baldanzi merupakan talenta potensial Italia yang berperan sebagai gelandang serang, winger, dan second striker.
  • Ia telah membela Empoli dan tim nasional Italia dengan penampilan impresif di level usia dan tim utama.

AS Roma berhasil mendapatkan tanda tangan pemain muda potensial, Tommaso Baldanzi. Ia direkrut dari Empoli pada bursa transfer Januari 2024. Harga senilai 10 juta euro atau Rp168 miliar menjadi biaya kesepakatan transfer kedua klub. Sang pemain sendiri meneken kontrak berdurasi 4,5 tahun yang akan membuatnya berada di klub ibu kota Italia hingga 2028 mendatang.

Perekrutan Tommaso Baldanzi oleh AS Roma ini bertujuan untuk menambah opsi di lini serang tim. Pemain yang baru berusia 20 tahun ini merupakan salah satu talenta potensial yang dimiliki Italia. Kedatangannya ke Stadio Olimpico diharapkan dapat membantu I Giallorossi untuk kembali kompetitif. Bermain dengan nama-nama top dan berpengalaman bisa menjadi sarana belajar bagi sang pemain untuk mengasah kualitasnya.

Seperti apakah sosok Tommaso Baldanzi? Simak sederet fakta menarik tentang rekrutan baru AS Roma melalui ulasan di bawah ini!

1. Menimba ilmu di akademi lokal dan bergabung ke Empoli berkat talenta dan potensinya

Tommaso Baldanzi, Pemain Muda AS Roma yang Siap BersinarTommaso Baldanzi (instagram.com/tommasobaldanzi)

Tommaso Baldanzi merupakan pemain kelahiran Poggibonsi, Italia, pada 23 Maret 2003. Ia mulai menimba ilmu sepak bola di akademi lokal dekat tempat tinggalnya, Castelfiorentino. Sejak usia 6 tahun, ia berada di sana dan menghabiskan waktu selama 2 tahun.

Kendati terbilang singkat, Baldanzi menjadi salah satu pemain yang menonjol. Hal ini yang membuat Empoli kepincut kepadanya. Ia kemudian bergabung pada 2011 saat usianya 8 tahun. Ia belajar dengan baik dan mampu naik jenjang dengan cepat.

Selama di akademi, Baldanzi bermain produktif di sektor penyerangan. Ia tidak hanya memainkan peran sebagai gelandang serang, tetapi juga kerap dipasang di posisi winger dan second striker. Selama sedekade di tim muda, ia bermain dalam 77 laga dengan koleksi 38 gol dan 16 assist.

2. Kiprahnya yang menonjol di akademi membuatnya dipromosikan ke tim utama Empoli

Tommaso Baldanzi, Pemain Muda AS Roma yang Siap BersinarTommaso Baldanzi (instagram.com/tommasobaldanzi)

Berkat penampilan menonjolnya di akademi, Tommaso Baldanzi dipercaya melakoni debut di tim utama Empoli pada 2020. Ia bermain saat laga melawan Benevento di Coppa Italia pada 28 Oktober 2020. Masuk sebagai pemain pengganti, ia berhasil menciptakan satu assist dalam kemenangan 4-2 klub berjuluk Azzurri ini.

Setelah debutnya, Baldanzi tetap berkompetisi secara reguler di Empoli U-19. Ia membantu tim menjuarai Campionato Primavera atau liga teratas di level usia tersebut pada 2020/2021. Ia mendapatkan penghargaan MVP pada musim tersebut berkat torehan 16 gol dan 12 assist yang diciptakannya. Kiprahnya ini membuka kesempatan baginya untuk berlatih di tim utama.

3. Baldanzi mencuri perhatian berkat performa impresifnya bersama Empoli pada 2022/2023

Tommaso Baldanzi, Pemain Muda AS Roma yang Siap BersinarTommaso Baldanzi (instagram.com/tommasobaldanzi)

Pada 2021/2022, Tommaso Baldanzi masih membela Empoli U-19. Penampilannya di liga dan UEFA Youth League membuatnya menjadi sorotan. Pada musim itu, ia memainkan 27 laga dengan mengemas 10 gol dan 3 assist. Sementara, di tim utana, ia hanya bermain sekali.

Kiprah impresif Baldanzi di U-19 membuatnya dipromosikan menjadi bagian dari tim utama Empoli pada 2022/2023. Ia mendapatkan kesempatan perdana menjalani laga sebagai starter. Hal itu terjadi pada laga melawan Lecce di Serie A Italia pada 28 Agustus 2022.

Penampilannya bersama Empoli langsung mencuri perhatian. Baldanzi bisa menunjukkan potensinya sebagai pemain muda bertalenta. Beroperasi sebagai gelandang serang, ia berhasil tampil sebanyak 27 kali dengan catatan 4 gol pada musim penuh pertamanya.

Salah satu gol penting dalam kariernya dibuat saat melawan Inter Milan di Serie A pada 24 Januari 2023. Baldanzi mencetak satu-satunya gol kemenangan bagi Empoli. Ia mampu membawa tim meraih kemenangan di markas I Nerazzurri dengan skor 1-0.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 3 di AS Roma sebelum Dean Huijsen

4. Menjadi andalan Italia di berbagai level kelompok usia

Tommaso Baldanzi, Pemain Muda AS Roma yang Siap BersinarTommaso Baldanzi (instagram.com/tommasobaldanzi)

Kualitasnya sebagai pemain muda membuat Tommaso Baldanzi juga diandalkan di level internasional. Ia sudah membela Italia mulai level U-17 hingga U-21. Secara keseluruhan, ia mengoleksi 26 caps dengan mengemas 8 gol dan 6 assist

Baldanzi berperan penting di berbagai turnamen level usia bersama Italia. Ia pernah mentas di Euro U-19 dan Piala Dunia U-20 dan mampu menjadi andalan. Meski belum bisa menghadirkan prestasi, potensinya bisa menjadi salah satu prospek cerah bagi masa depan Timnas Italia. 

5. Mengidolakan Paulo Dybala sebagai inspirasi bermain

Tommaso Baldanzi, Pemain Muda AS Roma yang Siap BersinarTommaso Baldanzi (kiri) dan Paulo Dybala saat berduel pada laga Empoli vs AS Roma di Serie A 2022/2023. (asroma.com)

Tommaso Baldanzi secara terbuka mengidolakan Paulo Dybala sebagai sosok pemain. Ia terinspirasi dengan gaya bermainnya sebagai seorang pemain serbabisa di lini serangan. Hal ini juga yang membuatnya memiliki posisi yang sama dengan pemain Argentina tersebut.

Pemain berusia 20 tahun ini berposisi sebagai gelandang serang yang memainkan peran playmaker. Baldanzi juga kerap dipasang di posisi second striker dan winger. Ia memiliki kecepatan, teknik, dan kreativitas yang ditopang dengan kemampuan olah bola mumpuni. Berkat gaya bermainnya, ia dinilai seperti eks pemain Timnas Italia, Sebastian Giovinco. 

Pada paruh pertama musim 2023/2024, Baldanzi merupakan andalan Empoli. Ia sudah bermain sebanyak 15 kali dengan koleksi 2 gol. Dengan usia yang masih muda, ia berpotensi berkembang lebih baik lagi. Terlebih lagi, bermain dengan Paulo Dybala yang merupakan idolanya membuatnya kualitasnya bisa terasah dengan baik. Ia berpotensi menjadi bintang masa depan AS Roma jika bisa meningkatkan kemampuan bermainnya. 

Baca Juga: Rapor 4 Penyerang AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya