Erick Thohir Bakal Selaraskan Jadwal PSSI dengan AFC

Erick bawa sejumlah oleh-oleh dari Kongres FIFA di Rwanda

Jakarta, IDN Times - Oleh-oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dari Kongres FIFA di Rwanda menghadirkan upaya adanya penyelarasan agenda PSSI dengan jadwal AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia.

Hal ini dilakukan agar ke depannya tidak ada penjadwalan yang bentrok antara ranah nasional dengan regional serta level dunia.

"Kalau dengan AFC, kami menyinergikan agenda. Karena kami ingat agenda sepak bola dunia ada FIFA Match Day, kalender AFC, AFF. Kapan istirahatnya para pemain, kapan juga kami mempersiapkan timnas," kata dia saat ditemui dalam agenda Sarasehan Sepak Bola Indonesia, di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Dorong Pembinaan Sepak Bola Dimulai Sejak Usia 9 Tahun

1. Kerja sama dengan Jepang kembangkan sepak bola putri

Erick Thohir Bakal Selaraskan Jadwal PSSI dengan AFCKetua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Dirut PLN Darmawan Prasodjo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengecek kesiapan lokasi Stadion Manahan Solo untuk ajang Piala Dunia 2023 U-20, Minggu (12/3/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Erick mengatakan, sejumlah federasi sudah setuju melanjutkan kerja sama ke jenjang lebih serius. Salah satunya dengan Jepang untuk mengembangkan sepak bola putri.

"Kami akan bawa ke Exco (Komite Eksekutif), salah satunya Jepang sudah menandatangani kerja sama dengan Indonesia. Kerja sama seperti apa? Itu bisa manajemen, perwasitan, sistem, dan lain-lain," kata dia.

Baca Juga: Indonesia Bakal Kerja Sama dengan Jepang Kembangkan Sepak Bola Putri

2. PSSI jajaki kerja sama dengan federasi Asia lainnya

Erick Thohir Bakal Selaraskan Jadwal PSSI dengan AFCMenteri BUMN Erick Thohir resmi mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum PSSI. (IDN Times/Tino Satrio)

Dia mengatakan, PSSI juga tengah menjajaki kerja sama dengan sejumlah federasi sepak bola Asia selain Jepang. Misalnya dengan Australia.

"Dengan Australia kita juga melihat, ini kan negara tetangga yang sudah masuk zona Asia. Di bola basket juga begitu. Artinya apa? Dengan kelasnya dia cukup tinggi, kita juga ingin melihat apa yang namanya teknologi olahraga. Karena Pak (Wakil Ketua Umum PSSI) Zainudin juga sering mengingatkan bahwa salah satu yang terbaik itu di Australia. Nah kita juga ingin belajar sport science," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Jamin Kualitas Rumput Venue Piala Dunia U-20 2023

3. PSSI gelar agenda Sarasehan, sudah berjalan dua kali

Erick Thohir Bakal Selaraskan Jadwal PSSI dengan AFCKetua Umum PSSI, Erick Thohir menggelar agenda Sarasean dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) di Jakarta, MInggu (19/3/2023) (Dok. PSSI)

Diketahui, Erick sebagai Ketua Umum PSSI menggelar agenda Sarasehan dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) yang nantinya akan dilaporkan ke AFC dan dipaparkan dalam Konfederasi Sepak bola Asia itu.

PSSI menggelar agenda tersebut sudah dua kali. Sarasehan adalah agenda dengar permasalahan sepak bola yang ada di Indonesia

PSSI sendiri punya rencana strategis yang tertuang dalam Visi PSSI 2045. Ada empat fase menuju itu, yaitu pemulihan (tahun 2023), pengembangan (tahun 2024-2028), performa (2028-2034), dan keemasan (2034-2045).

Baca Juga: Erick Thohir: AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya