Comscore Tracker

Menang Lewat Penalti, Ini 5 Informasi Chelsea Tumbangkan Tottenham 1-0

Gol Jorginho antar kekalahan beruntun untuk Spurs

Derby London antara Tottenham Hotspur dengan Chelsea terjadi pada pertandingan terakhir di pekan-22 Premier League yang dimainkan di Tottenham Hotspur Stadium (5/2/21) dini hari. Gol semata wayang Jorginho dari titik putih memastikan The Blues bawa pulang tiga poin dari kandang Spurs. Gol tersebut menjadi koleksi keempat bagi gelandang kebangsaan Italia di Premier League musim ini.

Kemenangan ini melanjutkan tren positif Thomas Tuchel yang belum kebobolan selama tiga laga dan meraih dua kemenangan. Sementara untuk Spurs, ini menjadi kekalahan ketiga beruntun di Premier League.

1. Setali tiga uang, Tottenham dan Jose Mourinho telan kekalahan beruntun

Menang Lewat Penalti, Ini 5 Informasi Chelsea Tumbangkan Tottenham 1-0Twitter.com/FutbolBible

Tottenham menderita tiga kekalahan beruntun di Premier League untuk pertama kalinya sejak November 2012 di bawah André Villas-Boas. Sementara bagi The Special One, kekalahan beruntun ini merupakan pertama kali dalam karier kepelatihannya sepanjang 327 laga bermain sebagai tuan rumah di liga. Skuat asuhan Jose Mourinho harus takluk melawan Liverpool (1 - 3) dan Chelsea (1 - 0).

Kekalahan ini membuat Tottenham kalah dalam dua dari tiga pertandingan (1 menang) saat bermain di kandang, lebih banyak dari yang mereka alami dalam 11 pertandingan sebelumnya (5 menang, 5 imbang, 1 kalah).

2. Thomas Tuchel menjadi pelatih Chelsea pertama yang raih tiga clean sheet sejak 2004 

Menang Lewat Penalti, Ini 5 Informasi Chelsea Tumbangkan Tottenham 1-0Twitter.com/FrankKhalidUK

Thomas Tuchel menjadi pelatih pertama yang menjaga clean sheet di tiga pertandingan pertamanya untuk The Blues sejak José Mourinho (3) melakukannya pada Agustus 2004.

Edouard Mendy berhasil mencapai 10 clean sheet Premier League dalam 18 laga. Kiper kebangsaan Senegal hanya kalah dari Petr Cech yang mengumpulkan dalam 15 penampilan. Sementara kiper termahal Chelsea, Kepa Arrizabalaga mengoleksi 10 clean sheet dalam 21 laga.

Baca Juga: Kalah dari Chelsea, Tottenham Gagal Merebut Posisi Keempat

3. Spurs kalah ketika kebobolan lebih dulu di tiga laga kandang terakhir

Menang Lewat Penalti, Ini 5 Informasi Chelsea Tumbangkan Tottenham 1-0Twitter.com/premierleague

Spurs kalah dalam tiga pertandingan kandang Premier League sebelumnya di mana mereka kebobolan gol pembuka musim ini, sementara Chelsea hanya kalah satu dari 14 pertandingan terakhir mereka saat mencetak gol pertama di kompetisi (11 menang, 2 imbang).

Thomas Tuchel berhasil memenangkan derby London pertamanya. Hanya dua dari 17 pelatih Premier League Chelsea yang kalah dalam derby London pertama mereka di Premier League. Guus Hiddink kalah melawan Spurs pada tahun 2009 dan Andre Villas-Boas saat bertemu Queens Park Rangers di tahun 2011.

4. Thomas Tuchel akui Chelsea bermain dominan dalam laga ini

Menang Lewat Penalti, Ini 5 Informasi Chelsea Tumbangkan Tottenham 1-0Twitter.com/angelomangiante

Thomas Tuchel mengatakan timnya bermain dominan pada laga ini. Pelatih kebangsaan Jerman mengaku senang dengan hasil keseluruhan walau harus berjuang sampai peluit akhir dibunyikan.

"Kami (Chelsea) sangat bagus dalam yang pertama, sangat dominan, bagus dalam menekan balik dan menghentikan serangan balik. Kami kurang ketenangan di dalam kotak penalti untuk menjadikannya 2-0 dan seharusnya membuat menjadi pertandingan yang lebih mudah." Secara keseluruhan senang tetapi mengaku harus 'menderita' pada akhirnya," ungkap Tuchel dikutip Goal

5. Lebih banyak kemenangan tandang terjadi di musim ini

Menang Lewat Penalti, Ini 5 Informasi Chelsea Tumbangkan Tottenham 1-0Twitter.com/premierleague

Takluknya Spurs atas Chelsea di Tottenham Hotspur Stadium menjadi kemenangan tandang ketujuh dalam pekan 22 Premier League. Kemarin (4/11) menjadi sejarah sepak bola Inggris dengan lima pertandingan berakhir dimenangkan oleh tim tamu.

Dari 215 pertandingan Premier League sejauh musim ini, 88 telah dimenangkan oleh tim tandang dibandingkan dengan 79 oleh tim tuan rumah. Belum pernah satu musim kompetisi dalam sejarah Premier League berakhir dengan lebih banyak kemenangan tandang daripada kandang.

Dengan hasil ini, Chelsea naik ke peringkat 6 dengan koleksi 36 poin, terpaut 4 poin dengan Liverpool di posisi 4. Sementara Spurs harus turun ke urutan 8 dengan raihan 33 poin setelah alami tiga kekalahan beruntun.

Baca Juga: Tottenham Hotspur vs Chelsea: Menanti Terobosan Jose Mourinho 

Lukito Wijaya Photo Verified Writer Lukito Wijaya

Sedikit-sedikit buat karya, lama-lama jadi mahakarya. Amin. Twitter: @lukitowijayaa19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya