5 Prestasi Luar Biasa Liliyana Natsir yang Kini Berusia 37 Tahun

Salah satu legenda bulu tangkis Indonesia

Liliyana Natsir menjadi salah satu legenda bulu tangkis Indonesia. Ia sangat sering mengharumkan nama bangsa ketika aktif bermain. Dirinya bahkan menerima penghargaan BWF Hall of Fame di Istora Senayan pada 18 Juni 2022 lalu.

Selama masa aktifnya sebagai atlet bulu tangkis, Liliyana Natsir sudah banyak menorehkan prestasi luar biasa di kancah internasional. Berikut prestasi luar biasa Liliyana Natsir yang kini berusia 37 tahun setelah ulang tahun pada 9 September 2022 lalu.

1. Juara Olimpiade

5 Prestasi Luar Biasa Liliyana Natsir yang Kini Berusia 37 TahunLiliyana Natsir bercerita di hadapan peserta audisi umum bulutangkis di GOR Jati Kudus. (IDN Times/Istimewa)

Olimpiade adalah ajang olahraga paling prestisius di dunia. Ajang ini menampilkan banyak cabang olahraga dibanding ajang lainnya.

Pada ajang olahraga paling prestisius ini, Liliyana Natsir sempat meraih 1 medali perak dan 1 medali emas dengan 2 rekan yang berbeda. Pada Olimpiade 2008, Butet bersama rekannya kala itu, Nova Widianto, meraih medali perak. Sementara, pada Olimpiade 2016, ia berhasil meraih medali emas bersama Tontowi Ahmad.

2. Empat kali juara SEA Games

5 Prestasi Luar Biasa Liliyana Natsir yang Kini Berusia 37 TahunLiliyana Natsir bercerita di hadapan peserta audisi umum bulutangkis di GOR Jati Kudus. (IDN Times/Istimewa)

Liliyana Natsir mencatatkan rekor luar biasa di ajang olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games. Ia berhasil menjadi juara SEA Games empat kali berturut-turut dengan tiga rekan berbeda.

Butet juara di SEA Games 2005 dan 2009 bersama Nova Widianto, lalu juara bersama Vita Marissa pada 2017. Ia juga juara bersama Tontowi Ahmad pada 2011.

Baca Juga: Pemain Indonesia yang Masuk BWF Hall of Fame, Terbaru Liliyana Natsir

3. Dua kali juara Asia

5 Prestasi Luar Biasa Liliyana Natsir yang Kini Berusia 37 TahunLiliyana Natsir bercerita di hadapan peserta audisi umum bulutangkis di GOR Jati Kudus. (IDN Times/Istimewa)

Selain di tingkat Asia Tenggara, Liliyana Natsir juga menorehkan prestasi di tingkat Asia, yaitu pada Kejuaraan Asia. Ia tercatat 2 kali juara di Kejuaraan Asia bersama 2 rekan berbeda.

Pada Kejuaraan Asia 2006, Butet meraih medali emas bersama Nova Widianto di Malaysia. Sementara itu, pada Kejuaraan Asia 2015 di China, ia kembali meraih medali emas bersama Tontowi Ahmad.

4. Empat kali jadi juara dunia

5 Prestasi Luar Biasa Liliyana Natsir yang Kini Berusia 37 TahunLiliyana Natsir (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tidak hanya di level Asia Tenggara atau Asia, Liliyana Natsir juga berjaya di level dunia. Ia pernah menjadi juara di Kejuaraan Dunia BWF sebanyak empat kali.

Bersama dengan Nova Widianto, ia meraih gelar juara dunia pada 2005 dan 2007. Sementara, dengan Tontowi Ahmad, ia menyabet gelar juara dunia pada 2013 dan 2017.

5. Tiga kali juara All England

5 Prestasi Luar Biasa Liliyana Natsir yang Kini Berusia 37 TahunLiliyana Natsir dapat gelar BWF Hall of Fame. (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Liliyana Natsir mempunyai rekor luar biasa di ajang turnamen bulu tangkis tertua, All England. Ia bersama Tontowi Ahmad tercatat tiga kali berturut-turut meraih medali emas di All England.

Butet dan Tontowi menyabet itu pada 2012, 2013, dan 2014. Mereka luar biasa di turnamen tertua bulu tangkis tersebut.

Liliyana Natsir menjadi salah satu atlet bulu tangkis yang memiliki gelar juara terlengkap. Tidak heran kalau dirinya sampai masuk BWF Hall of Fame.

Baca Juga: Garang di Lapangan, 9 Potret Manis Liliyana Natsir dan Mama

Lulu SARIFAH Photo Verified Writer Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya