3 Eks Akademi Southampton yang Pernah Juara Liga Champions

Gareth Bale paling sukses

Akademi Southampton terkenal sebagai salah satu akademi terbaik di dunia. Mereka punya reputasi gemilang dalam melahirkan talenta-talenta muda berbakat. Tidak hanya mendominasi English Premier League, para jebolan akademi ini juga telah mengukir prestasi di berbagai liga top eropa. Para alumnus akademi ini bahkan mampu bersaing di kancah sepak bola profesional, termasuk di kompetisi sepak bola paling bergengsi, Liga Champions Eropa.

Sejak berdirinya, akademi Southampton telah menghasilkan banyak pemain bintang, seperti Gareth Bale, Alan Shearer, Wayne Bridge, Alex Oxlade-Chamberlain, Matthew Le Tissier, Terry Payne, dan Theo Walcott. Nama-nama tersebut merupakan contoh nyata kehebatan akademi Southampton dalam mencetak bibit-bibit hebat. Menariknya, terdapat sejumlah pemain jebolan akademi mereka yang sukses merasakan manisnya mengangkat trofi Liga Champions.

Siapa sajakah pemian yang dimaksud? Yuk, simak ulasan eks akademi Southampton yang pernah juara Liga Champions!

1. Alex Oxlade-Chamberlain, alumnus akademi Southampton yang sukses bersama Liverpool

3 Eks Akademi Southampton yang Pernah Juara Liga ChampionsAlex Oxlade-chamberlain (instagram.com/alexoxchamberlain)

Alex Oxlade-Chamberlain adalah salah satu talenta muda terbaik yang pernah dilahirkan akademi Southampton. Bergabung pada usia 7 tahun, Oxlade-Chamberlain menunjukkan bakat luar biasa dan debutnya di tim senior Southampton pada usia 16 tahun. Meskipun hanya 2 musim memperkuat Southampton, Oxlade-Chamberlain berhasil mencatatkan 36 penampilan dan 9 gol.

Arsenal mencium bakat luar biasa yang dimiliki Oxlade-Chamberlain sehingga tim asal London itu memboyongnya ke Emirates Stadium pada 2011. Saat bermain di Arsenal, ia berkembang pesat dan meraih berbagai gelar juara, seperti Piala FA dan Community Shield. Kesuksesan besarnya kembali terjadi setelah Oxlade-Chamberlain memutuskan untuk pindah dari Arsenal ke Liverpool pada 2017. Kepindahannya itu berbuah manis saat menjadi bagian Liverpool dalam meraih gelar juara Liga Champions 2018/2019, UEFA Super Cup 2018/2019, dan FIFA Club World Cup 2019.

Namun, setelah kontraknya di Liverpool berakhir pada musim panas 2023, Oxlade-Chamberlain memutuskan untuk pindah ke klub Turki, Besiktas JK. Ia menandatangani kontrak 2 tahun dengan klub tersebut pada Agustus 2023. Di Besiktas, Oxlade-Chamberlain sudah bermain sebanyak 22 kali dengan mencetak 4 gol di seluruh kompetisi, termasuk di UEFA Europa Conference League, per 13 April 2024.

Baca Juga: 3 Gelandang Akademi Southampton Mewarnai Premier League 2023/2024

2. Adam Lallana berhasil membawa Liverpool kembali juara setelah puasa selama 30 tahun di EPL

3 Eks Akademi Southampton yang Pernah Juara Liga ChampionsAdam Lallana (instagram.com/officiallallana)

Adam Lallana adalah produk akademi Southampton. Pemain asal Inggris ini menunjukkan bakat luar biasa sejak usia muda dan menjadi salah satu pemain binaan Southampton yang moncer di Liga Inggris. Selama memperkuat Southampton, Lallana sukses mencatat 265 penampilan dan membuat 60 gol.

Puncak karier Lallana terjadi pada 2014 ketika diboyong Liverpool dengan nilai transfer 25 juta pound sterling atau 502 miliar rupiah. Di Anfield, Lallana menjadi bagian penting dari skuad The Reds dalam meraih banyak gelar juara. Juara Liga Champions 2018/2019, UEFA Super Cup 2018/2019, dan FIFA World Club Cup 2019 adalah beberapa di antaranya. Ia juga membantu Liverpool memenangkan Premier League 2019/2020 setelah harus menunggu selama 30 tahun.

Setelah 6 musim membela Liverpool, Lallana melanjutkan kariernya ke Brighton & Hove Albion pada 2020. la direkrut dengan tujuan untuk memperkuat lini tengah. Ia juga didapuk sebagai mentor bagi para pemain muda yang dimiliki Brighton. Pada 2023/2024 ini, Lallana sudah bermain sebanyak 27 kali di seluruh kompetisi dan menjadi pemain kunci di lini tengah The Seagulls.

3. Gareth Bale, eks akademi tersukses setelah empat kali menjuarai UCL bersama Real Madrid

3 Eks Akademi Southampton yang Pernah Juara Liga ChampionsGareth Bale (instagram.com/garethbale11)

Gareth Bale adalah pemain sepak bola asal Wales yang memulai kariernya di akademi Southampton. Pada usia 16 tahun, bakat luar biasa Bale menarik perhatian Tottenham Hotspur. Mereka lantas membawanya ke London Utara pada 2007. Selama di Tottenham, Bale berkembang pesat. Ia awalnya bermain sebagai bek kiri, kemudian bertransformasi menjadi penyerang sayap yang mematikan.

Pada 2013, Real Madrid sampai memecahkan rekor dunia untuk memboyongnya ke Santiago Bernabeu. Mereka harus membayar 85 juta pound sterling atau sekitar 1 triliun 710 miliar rupiah hanya untuk seorang Gareth Bale. Selama bermain di Santiago Bernabeu, Bale mencapai puncak kejayaannya dan menjadi bagian kunci Los Blancos saat mendominasi Eropa. Bersama Real Madrid, Bale juga berhasil berhasil memenangkan 4 gelar juara Liga Champions, 1 Copa del Rey, 2 UEFA Super Cup, 2 FIFA Club World Cup, dan 1 LaLiga Spanyol.

Pada 2022, Bale memutuskan untuk hengkang ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Los Angeles FC. Namun, pada Januari 2023, Bale mengejutkan seluruh dunia dengan pengumuman pensiunnya dari dunia sepak bola. Keputusan ini diambil karena Bale ingin merealisasikan mimpinya untuk mencari pengalaman baru di luar sepak bola.

Ketiga pemain di atas menunjukkan, akademi Southampton berhasil mencetak pemain-pemain yang sukses meraih gelar juara Liga Champions. Alex Oxlade-Chamberlain dan Adam Lallana meraihnya bersama Liverpool, sedangkan Gareth Bale meraihnya bersama Real Madrid. Keberhasilan mereka menunjukkan kualitas akademi Southampton dalam melahirkan talenta-talenta muda yang mampu bersinar di level tertinggi sepak bola Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Los Angeles FC, Ada Gareth Bale!

Muhamad Luthfi Maruf Photo Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya