5 Laga Terakhir Real Madrid di Final Liga Champions, Tak Terkalahkan!

Real Madrid mendominasi dalam 5 final terakhir

Real Madrid dan Borussia Dortmund akan bertanding di partai puncak Liga Champions 2023/2024. Kepastian ini didapatkan setelah kedua tim sukses menyingkirkan lawan-lawannya di babak semifinal. Real Madrid berhasil mengalahkan Bayern Munchen, sedangkan Borussia Dortmund memastikan tempatnya setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain pada Rabu (8/5/2024).

Bagi Real Madrid, pencapaian ini menjadikan mereka sebagai klub yang paling sering lolos ke final. Sejak format Liga Champions diubah pada tahun 1992/1993, Los Blancos telah tampil di final sebanyak 9 kali, termasuk musim ini. Dominasi Real Madrid di Liga Champions terlihat sejak tahun 2013 ke atas saat mereka berhasil mencapai final sebanyak 5 kali.

Berikut ulasan singkat 5 final terakhir Los Blancos di Liga Champions.

1. Real Madrid menang telak atas Atletico Madrid di final UCL 2013/2014

5 Laga Terakhir Real Madrid di Final Liga Champions, Tak Terkalahkan!Real Madrid 2013/2014 (uefa.com)

Final Liga Champions 2014 menjadi saksi bisu kegemilangan Real Madrid di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Don Carlo berhasil membawa Real Madrid meraih gelar La Decima, yaitu gelar ke-10 mereka di Liga Champions. Pertandingan berlangsung di Estádio da Luz, Lisbon, pada (24/5/2014).

Real Madrid sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu melalui gol Diego Godin di menit ke-36. Tertinggal satu gol, Real Madrid tampil lebih menekan di babak kedua. Usaha mereka membuahkan hasil di menit ke-93 lewat Sergio Ramos. Pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Memasuki babak perpanjangan waktu, Real Madrid semakin menggila. Gol Gareth Bale di menit ke-109 diikuti oleh Marcelo di menit ke-118 dan Cristiano Ronaldo melalui penaltinya di menit ke-120 berhasil memenangkan Real Madrid. Atletico Madrid pun harus takluk di tangan Los Blancos dengan skor telak (4-1).

2. Real Madrid kembali berhasil mengalahkan Atletico Madrid di final UCL 2015/2016

5 Laga Terakhir Real Madrid di Final Liga Champions, Tak Terkalahkan!Real Madrid 2015/2016 (uefa.com)

Final Liga Champions 2015/2016 kembali mempertemukan dua raksasa Spanyol, Atletico Madrid dan Real Madrid. Kali ini, Stadion San Siro di Milan menjadi saksi perebutan gelar juara Liga Champions. Sebenarnya, Atletico Madrid tampil lebih dominan dengan penguasaan bola 55 persen.

Namun, Real Madrid membuka skor terlebih dahulu melalui sundulan Sergio Ramos pada menit ke-16. Keunggulan ini sempat membuat Los Blancos percaya diri. Akan tetapi, Yannick Carrasco berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-79 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Karena tidak ada gol tambahan di babak perpanjangan waktu, pertandingan dilanjutkan ke adu penalti. Semua algojo Real Madrid tampil sempurna, sedangkan hanya ada tiga eksekutor Atletico Madrid yang berhasil. Kekalahan ini membuat Atletico harus puas menjadi runner-up Liga Champions untuk kedua kalinya.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid 2023/2024 Pernah ke Final UCL dengan Tim Lain

3. Real Madrid dengan mudah menaklukkan Juventus di final UCL 2016/2017

5 Laga Terakhir Real Madrid di Final Liga Champions, Tak Terkalahkan!Real Madrid 2016/2017 (uefa.com)

Real Madrid kembali menunjukkan dominasinya setelah berhasil menjuarai Liga Champions 2016/2017. Kali ini, Juventus yang menjadi korban keganasan Los Blancos. Real Madrid berhasil mengalahkan Bianconeri dengan skor telak (4-1) di Millennium Stadium, Cardiff, pada tanggal (4/6/2017).

Pertandingan berlangsung seru dengan jual beli serangan kedua tim. Real Madrid membuka skor terlebih dulu melalui Cristiano Ronaldo. Namun, Juventus berhasil menyamakan kedudukan lewat gol akrobatik Mario Mandzukic. Namun, Real Madrid kembali unggul dibabak kedua melalui gol Cristiano Ronaldo dan Casemiro.

Upaya Juventus untuk mengejar ketertinggalan semakin berat setelah Juan Cuadrado harus diusir keluar lapangan. Real Madrid yang tampil lebih leluasa kemudian memperbesar keunggulan lewat gol Marco Asensio. Los Blancos menutup laga dengan kemenangan telak (4-1) atas Bianconeri di final 2016/2017.

4. Blunder Karius memudahkan jalan Real Madrid untuk menjuarai UCL 2017/2018

5 Laga Terakhir Real Madrid di Final Liga Champions, Tak Terkalahkan!Real Madrid 2017/2018 (uefa.com)

Final Liga Champions 2017/2018 menjadi luka mendalam bagi para penggemar Liverpool. Pertandingan yang awalnya berlangsung seimbang ini seketika berubah saat Mohamed Salah harus ditarik keluar akibat cedera. Kehilangan Mohamed Salah sangatlah berpengaruh bagi daya gedor The Reds di lini depan.

Dua blunder fatal Loris Karius semakin menambah luka bagi pendukung Liverpool. Kesalahannya dalam membuang bola di menit ke-50 membawa Real Madrid untuk unggul terlebih dulu. Meskipun Sadio Mane sempat menyamakan kedudukan, masuknya Gareth Bale di babak kedua membawa petaka Liverpool.

Los Blancos kembali unggul setelah Bale mencetak gol spektakuler melalui tendangan salto. Terlebih lagi Karius yang kembali menjadi sorotan setelah gagal mengantisipasi tendangan jarak jauh Bale. Berkat dua blunder Karius, Real Madrid berhasil mengunci kemenangan dengan skor akhir (3-1) atas Liverpool.

5. Real Madrid berhasil mengalahkan Liverpool dan keluar sebagai juara UCL 2021/2022

5 Laga Terakhir Real Madrid di Final Liga Champions, Tak Terkalahkan!Real Madrid 2021/2022 (uefa.com)

Liverpool harus kembali mengakui ketangguhan Real Madrid di liga Champions 2021/2022. Los Blancos berhasil menumbangkan The Reds (1-0) di Stade de France, Minggu (29/5/2022). Sebenarnya Liverpool tampil dominan di babak pertama. Mereka mendominasi permainan dan terus menekan pertahanan Real Madrid. 

Namun, kokohnya lini belakang Los Blancos membuat skor imbang bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Real Madrid mulai bangkit dan mengambil alih permainan. Benar saja, Los Blancos berhasil membuka kebuntuan lewat gol Vinicius Junior melalui skema serangan balik cepat di menit 59.

Liverpool berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Namun, kokohnya lini pertahanan Real Madrid dan apiknya penampilan Thibaut Courtois membuat mereka gagal mencetak gol. Skor (1-0) pun bertahan hingga peluit akhir dan Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions 2021/2022.

Dominasi dan kualitas Real Madrid di dataran Eropa memang tidak perlu diragukan lagi. Menarik dinantikan bagaimana nasib Borussia Dortmund di partai final nanti. Bisakah Die Borussen menaklukkan Los Blancos atau sebaliknya Real Madrid akan kembali juara? Pertandingan final akan tersaji di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Minggu (2/6/2024).

Baca Juga: 10 Tim Sepak Bola Paling Berharga di Dunia, Real Madrid Juaranya

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya