5 Pemain U-23 ini bisa Diandalkan Inggris di Euro 2024, Mainoo Termuda

Gareth Southgate banyak memangil pemain muda

Intinya Sih...

  • Jarell Quansah, bek tengah Liverpool, dipanggil ke Timnas Inggris. Bermain solid dan mencetak gol di Premier League, dia dapat memperkuat pertahanan The Three Lions.
  • Kobbie Mainoo, yang baru berusia 19 tahun, menunjukkan performa gemilang di lini tengah Timnas Inggris. Dengan akurasi umpan 89%, ia menjadi aset berharga bagi timnas.
  • Jude Bellingham tampil menggila bersama Real Madrid dan telah membawa kontribusi besar bagi timnas Inggris. Dengan 35 gol dalam 40 pertandingan untuk Real Madrid, perannya sangat vital bagi The Three Lions.

Euro 2024 segera berlangsung dengan Jerman sebagai tuan rumah. Turnamen sepak bola antarnegara Eropa ini akan digelar pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024. Timnas Inggris selaku tim tim unggulan secara resmi mengumumkan skuad sementara mereka pada Selasa (22/5/2024).

Menariknya, dari 33 pemain yang dipanggil Gareth Southgate untuk The Three Lions, terdapat sejumlah pemain muda. Pemanggilan pemain muda ini diharapkan membantu Southgate menemukan bakat muda bagi masa depan Timnas Inggris. Dari banyaknya pemain muda yang dipanggil, berikut ulasan lima pemain yang bisa diandalkan Southgate di Euro 2024.

1. Jarell Quansah (21 tahun) bisa menjadi opsi di sektor bek tengah

5 Pemain U-23 ini bisa Diandalkan Inggris di Euro 2024, Mainoo TermudaJarell Quansah (instagram.com/jarellquansah)

Jarell Quansah menjadi satu diantaranya banyaknya pemain baru yang hadir untuk pertama kalinya di Timnas Inggris. Bek tengah bertinggi 190 meter ini merupakan pemain muda Liverpool yang berhasil diorbitkan oleh Juergen Klopp. Bersama The Reds, ia dipercaya tampil sebanyak 17 kali di English Premier League 2023/2024 dan mencetak 2 gol.

Quansah juga ikut andil dalam kemenangan Liverpool atas Wolverhampton pada pekan terakhir, Minggu (19/5/2024). Bermain solid dan mencipta goal pada menit ke-40, membuatnya terpilih sebagai Man of the Match. Southgate layak untuk memberikan kesempatan kepada Quansah untuk tampil bersama Inggris. Dengan akurasi tekel mencapai 88 persen, Quansah dapat memperkuat pertahanan The Three Lions.

2. Kobbie Mainoo (19 tahun) bakat yang muncul saat Manchester United terpuruk

5 Pemain U-23 ini bisa Diandalkan Inggris di Euro 2024, Mainoo TermudaKobbie Mainoo (instagram.com/kobbie)

Kemunculan Kobbie Mainoo musim ini memang sangat tak terduga bagi semua pihak. Bagaimana tidak, awal 2021 lalu, Mainoo masih tergabung dalam tim muda Manchester United. Namun, kini pada usianya yang baru menginjak 19 tahun, ia telah dipercaya Erik ten Hag untuk mengisi lini tengah Setan Merah.

Mainoo juga menunjukkan performa gemilang bersama Timnas Inggris dalam pertandingan persahabatan. Selama 2 pertandingan, penampilan Mainoo terbilang apik, terutama saat bermain 74 menit saat melawan Belgia. Mainoo berhasil mencatatkan 89 persen umpan sukses dan 3 di antaranya berbahaya. Ini menjadikan Mainoo aset berharga Timnas Inggris.

Baca Juga: 4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024

3. Jude Bellingham (20 tahun) bersinar bersama Real Madrid

5 Pemain U-23 ini bisa Diandalkan Inggris di Euro 2024, Mainoo TermudaJude Bellingham (instagram.com/judebellingham)

Jude Bellingham tampil menggila bersama Real Madrid di musim ini. Tidak perlu waktu lama baginya untuk beradaptasi dengan permainan Los Blancos. Gelandang serang yang diboyong dengan mahar hampir 2 triliun ini telah berkontribusi membuat 35 gol (23 gol dan 12 assist) dalam 40 pertandingan bagi Real Madrid di seluruh kompetisi.

Pemain yang debut bersama Timnas Inggris pada 2020 ini telah menjelma sebagai gelandang serang berbahaya. Kontribusinya bersama The Three Lions tidak kalah mentereng. Dalam 29 penampilannya, ia berhasil mencetak 3 gol dan membawa Inggris hingga ke perempat final Piala Dunia 2022. Menarik melihat peran Bellingham di Euro 2024 nanti.

4. Cole Palmer (22 tahun) tampil gemilang bersama Chelsea musim ini

5 Pemain U-23 ini bisa Diandalkan Inggris di Euro 2024, Mainoo TermudaCole Palmer (instagram.com/colepalmer10)

Sejak kepindahannya ke Chelsea pada 2023/2024, Cole Palmer menjadi pilar penting di lini depan The Blues. Pemain berusia 22 tahun ini kerap diturunkan sebagai striker meskipun aslinya adalah gelandang serang. Meskipun begitu insting golnya tidak kalah mengerikan. buktinya dalam 34 pertandingan di Premier League, ia menorehkan 22 gol dan 11 assist.

Namun, di bawah asuhan Gareth Southgate, Palmer baru dipercaya tampil dua kali untuk Timnas Inggris. Pertandingan terakhirnya bagi The Three Lions adalah saat melawan Malta pada babak kualifikasi Euro 2024 (18/11/2023). Akan tetapi melihat performa apiknya di Chelsea musim ini, Palmer diyakini mampu untuk mendapatkan tempat di tim utama The Three Lions.

5. Bukayo Saka (22 tahun) pilihan utama di lini depan Inggris

5 Pemain U-23 ini bisa Diandalkan Inggris di Euro 2024, Mainoo TermudaBukayo Saka (instagram.com/bukayosaka87)

Kesedihan menyelimuti Bukayo Saka setelah kegagalannya membawa Arsenal meraih gelar English Premier League. Meskipun gagal meraih juara, Bukayo Saka tetap menunjukkan peran pentingnya sebagai pencetak gol terbanyak klub dengan torehan 16 gol. Jumlah gol tersebut menunjukkan berbahayanya Saka saat beroperasi di sektor kanan penyerangan Arsenal.

Kemampuan Saka tak hanya diakui di level klub. Ia pun pilihan utama Gareth Southgate di timnas senior Inggris. Sampai saat ini, belum ada pemain lain yang mampu menggusur posisinya. Selama berkarier di tim nasional, Saka telah mencatatkan 32 penampilan dengan torehan 11 gol. Banyaknya penampilan yang dimainkan Saka menunjukkan peran vitalnya bagi Inggris.

Dari 33 pemain yang dipanggil, hanya 26 nama yang akan dibawa ke Euro 2024. Pemain muda seperti Jarell Quansah, Kobbie Mainoo, dan Cole Palmer harus menunjukkan performa impresif agar dilirik oleh Gareth Southgate. Mari kita nantikan siapa di antara kelima pemain di atas yang mampu menjadi andalan The Three Lions di Euro 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya