Profil Menakutkan Uzbekistan di Piala Asia U-23, Timnas Yakin Menang?

Uzbekistan belum terkalahkan selama Piala Asia U-23 2024

Setelah menorehkan keajaiban di babak perempat final dengan menyingkirkan Korea Selatan melalui adu penalti, selanjutnya Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi lawan berat lainnya di Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda akan berjumpa Uzbekistan U-23 di semifinal. Hal ini terjadi setelah Uzbekistan berhasil membungkam sang juara bertahan, Arab Saudi, dengan skor 2-0 di babak perempat final yang diselenggarakan di Stadion International Khalifa, Al Rayyan, pada Jumat (26/4/2024) malam tadi.

Perlu diketahui, Uzbekistan U-23 bukanlah sembarang tim yang bisa dikalahkan dengan mudah. Tim ini merupakan salah satu negara unggul yang memiliki memiliki profil yang mengerikan di ajang Piala Asia U-23. Garuda Muda harus berjuang ekstra keras untuk bisa membuat kejutan kembali sehingga bisa membawa kemenangan pada pertandingan besok. Yuk, simak ulasan berikut mengenai profil singkat Uzbekistan U-23 di Piala Asia U-23.

1. Pernah menjadi juara di Piala Asia U-23 2018

Profil Menakutkan Uzbekistan di Piala Asia U-23, Timnas Yakin Menang?Uzbekistan (the-afc.com)

Beberapa tahun terakhir Uzbekistan menjelma sebagai salah satu tim kuat di pentas sepak bola Asia. Tidak heran, tim U-23 mereka dijagokan sebagai salah satu calon juara Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar. Bukan tanpa alasan, Uzbekistan U-23 memiliki prestasi gemilang di turnamen ini.

Pada 2018, mereka berhasil meraih gelar juara pertama setelah berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-2 dengan gol kemenangan Uzbekistan yang dicetak Andrey Sidorov pada menit ke-120 di Guangzhou Sport Complex, China. Tidak hanya itu, mereka juga sangat berpengalaman dalam turnamen ini. Pada empat edisi terakhir, Uzbekistan selalu berhasil menembus babak semifinal Piala Asia U-23.

Pada edisi kemarin saja yang berlangsung pada tahun 2022, mereka berhasil menjadi runner-up setelah mengakui keunggulan Arab Saudi di partai puncak. Pencapaian ini menunjukkan konsistensi dan perkembangan performa tim muda Uzbekistan. Berbekal pengalaman dan kepercayaan diri yang tinggi, Uzbekistan U-23 siap mengulangi kesuksesan mereka di Piala Asia U-23 2024.

2. Rapor mengerikan yang dibuat Uzbekistan selama Piala Asia U-23 2024

Profil Menakutkan Uzbekistan di Piala Asia U-23, Timnas Yakin Menang?Uzbekistan U-23 vs Malaysia U-23 (instagram.com/uzbekistanfa)

Berbekal dengan status pernah dua kali lolos ke final (2018 dan 2022), Uzbekistan U-23 memulai perjalanannya di Piala Asia U-23 2024 tanpa perlawanan berarti. di fase grup, mereka sukses menggulung perlawanan dua wakil ASEAN, Malaysia dan Vietnam, dengan skor 2-0 dan 3-0. Tidak lupa Uzbekistan juga sukses mempermalukan Kuwait 5-0 pada Sabtu (20/4/2024).

Perjalanan Uzbekistan di fase grup terbilang sangat mulus. Mereka berhasil menyapu bersih semua pertandingan dan lolos ke babak 8 besar (perempat final) sebagai juara grup dengan raihan sempurna 9 poin. Begitu juga di babak 16 besar, mereka dengan mudah menyingkirkan sang juara bertahan, Arab Saudi, dengan skor 2-0 dan sukses membalaskan dendam mereka setelah kekalahan menyakitkan di final Piala Asia U-23 2022.

Namun, yang patut jadi perhatian oleh Garuda Muda adalah sejak fase grup hingga perempat final, tim asuhan Timur Kapadze ini belum pernah merasakan kebobolan sama sekali dalam empat laga yang telah mereka lakukan. Selain memiliki pertahanan yang kokoh, Uzbekistan juga memiliki lini serang yang mengerikan. Mereka berhasil mencetak 12 gol dari empat pertandingan dan menjadi tim tersubur di Piala Asia U-23 2024.

3. Uzbekistan memiliki pemain berbahaya yang tersebar di liga-liga Eropa

Profil Menakutkan Uzbekistan di Piala Asia U-23, Timnas Yakin Menang?Ibrokhim Ibragimov (instagram.com/uzbekistanfa)

Dengan mayoritas diisi pemain yang berasal dari liga lokal, Uzbekistan U-23 siap bertanding melawan Indonesia di semifinal Piala Asia U-23. Meskipun diisi liga lokal, mereka tidak boleh dianggap remeh. Uzbekistan memiliki beberapa pemain muda yang bermain di liga Eropa, seperti Ibrokhimkhalil Yuldoshev (Kairat Almaty, Kazakhstan), Abbosbek Fayzullaev (CSKA Moskow, Rusia), Umarali Rakhmonaliev (Rubin Kazan, Rusia), dan Abdukodir Khusanov (RC Lens, Prancis).

Dilansir dari Instagram resmi @timnas.indonesia, Uzbekistan memiliki rata-rata usia pemain 21,4 tahun, sementara Indonesia 20,56 tahun. Walaupun tidak terpaut jauh, produktivitas di semua lini Uzbekistan yang harus diperhatikan. Kekuatan utama mereka terletak pada kolektivitas tim karena 12 gol mereka terbagi rata di antara 10 pemain berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa Uzbekistan tidak bergantung pada satu individu untuk mencetak gol, tetapi pada kerja sama tim yang solid.

Selain bermain secara kolektif, Uzbekistan juga dikenal dengan gaya bermain fisik yang kuat, mirip dengan tim-tim Eropa Timur seperti Rusia. Hal ini diakui oleh salah satu petinggi PSSI, Arya Sinulingga, dalam wawancara bersama ANTARA. Arya juga meyakini bahwa coach STY pasti telah mempelajari juga gaya permainan Uzbekistan dan mempersiapkan strategi yang tepat untuk melawan White Wolves, julukan untuk Uzbekistan.

Pertandingan ini diprediksi akan menjadi laga sengit dan penuh perjuangan bagi kedua tim. Stadion Abdullah bin Khalifah pada Senin (29/4/2024) akan menjadi saksi siapa antara kedua tim yang berhasil merebut tiket final Piala Asia U-23 sekaligus mengamankan tempat di Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Head to Head Indonesia U-23 vs Uzbekistan, Catatan Buruk Garuda Muda

Muhamad Luthfi Maruf Photo Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya