Rapor Seluruh Wakil Premier League di Liga Champions (UCL) 2023/2024

Tidak ada wakil Inggris yang lolos ke babak semifinal

Liga Champions 2023/2024 menjadi mimpi buruk bagi seluruh wakil English Premier League (EPL). Meskipun final UCL akan digelar di Stadion Wembley pada 1 Juni 2024 mendatang, tidak ada satu pun klub dari EPL yang akan ambil bagian. Pasalnya, seluruh perwakilan EPL yang tersisa tumbang di leg kedua perempat final UCL pada Kamis dini hari (18/4/2024).

UEFA setiap tahunnya menyelenggarakan tiga kompetisi antarklub top Eropa dengan Liga Champions sebagai kasta tertinggi. Di musim ini, Premier League mengirimkan empat wakil di Liga Champions 2023/2024, yaitu Arsenal, Manchester City, Manchester United, dan Newcastle. Keempat tim ini berhasil menduduki posisi empat besar klasemen akhir Premier League musim 2022/2023 dengan Manchester City sebagai juara liga.

Setiap musimnya, wakil Inggris selalu jadi salah satu favorit juara Liga Champions. Musim ini pun demikian. Namun, sayangnya tidak ada satu pun wakil dari premier league yang bisa menembus babak final pada UCL 2023/2024. Yuk, simak ulasan berikut mengenai rapor seluruh wakil premier league di liga Champions musim ini.

1. Newcastle United harus tersingkir di fase grup setelah tergabung di grup neraka

Rapor Seluruh Wakil Premier League di Liga Champions (UCL) 2023/2024Newcastle United (instagram.com/nufc)

Comeback Newcastle United di Liga Champions setelah 20 tahun absen berakhir dengan kepahitan. Tim asuhan Eddie Howe ini gagal lolos dari fase grup dan harus mengubur mimpi mereka untuk melaju ke babak selanjutnya. Sejak awal, mereka memang diragukan untuk lolos.Tergabung di Grup F bersama PSG, AC Milan, dan Borussia Dortmund, Newcastle United dihadapkan dengan rintangan berat.

Kekhawatiran ini terbukti benar. Newcastle United hanya mampu meraih 5 poin dari 6 pertandingan, hasil dari 1 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 3 kekalahan. Satu-satunya kemenangan mereka diraih di laga kandang melawan PSG (5/10/2023). Di laga lainnya, Newcastle United menelan kekalahan dari PSG (away), AC Milan (home), dan Borussia Dortmund (home dan away).

Hasil ini membuat Newcastle finis di urutan terakhir Grup F, di bawah PSG, AC Milan, dan Borussia Dortmund. Meskipun gagal lolos ke fase gugur, perjalanan Newcastle United di Liga Champions 2023/2024 patut diapresiasi mengingat ini adalah musim perdananya setelah absen selama 20 tahun di kompetisi Eropa.

2. Manchester United hanya mampu meraih satu kemenangan di Grup A

Rapor Seluruh Wakil Premier League di Liga Champions (UCL) 2023/2024Pemain Manchester United Merayakan kemenangan Atas West Ham (twitter.com/ManUtd)

Mimpi Manchester United untuk melaju di Liga Champions 2023/2024 harus pupus. Tim asuhan Erik ten Hag ini terpaksa menelan pil pahit setelah menjadi juru kunci Grup A dan gagal lolos ke babak 16 besar. Awalnya, banyak yang memprediksi Manchester United tidak akan kesulitan di grup ini.

Di atas kertas, mereka memiliki skuad yang lebih baik jika dibandingkan dengan Galatasaray dan FC Copenhagen. Mungkin hanya Bayern Munchen yang menjadi batu sandungan utama. Benar saja, Manchester United kalah dua kali dari Bayern Munchen.

Namun, masalah utama mereka adalah performa di empat laga lainnya. Setan Merah hanya mampu meraih satu kemenangan dari enam pertandingan. Alhasil, Manchester United harus puas finis di dasar klasemen Grup A dengan hanya mengoleksi empat poin. Itu membuat mimpi mereka untuk melaju ke babak selanjutnya pupus.

Baca Juga: Ten Hag Ngambek Ditanya soal Potensi Rekor Buruk Manchester United

3. Mimpi Arsenal untuk meraih UCL pertamanya harus pupus di tangan Bayern Munchen

Rapor Seluruh Wakil Premier League di Liga Champions (UCL) 2023/2024Daclan Rice (kiri) dan Martin Odegaard (kanan) (instagram.com/arsenal)

Perjalanan Arsenal di Liga Champions 2023/2024 harus berhenti di babak perempat final dan gagal melaju ke babak semifinal. Setelah Tim Meriam London kalah agregat 2-3 dari Bayern Munchen di Allianz Arena pada Kamis (18/4/2024). Kekalahan ini tentu menjadi kekecewaan besar bagi Arsenal dan para penggemarnya.

Arsenal mengawali kiprahnya dengan gemilang. Mereka lolos dari fase grup dengan menduduki puncak klasemen Grup B, mengungguli PSV, Lens, dan Sevilla. Dalam enam pertandingan, tim asuhan Mikel Arteta berhasil mengumpulkan 13 poin, hasil dari 4 kemenangan, 1 kali mbang, dan 1 kekalahan.

Di babak 16 besar, Arsenal bertemu dengan FC Porto. Meriam London berhasil melaju ke perempat final setelah Mereka menang dramatis lewat drama adu penalti 4-2 setelah agregat 1-1 hingga akhir pertandingan. Namun, mimpi Arsenal untuk meraih gelar UCL pertama mereka harus pupus di tangan Bayern Munchen.

Pada leg pertama di Emirates Stadium, Arsenal harus puas ditahan imbang 2-2 oleh Bayern Munchen. Petaka hadir Di leg kedua yang berlangsung di Allianz Arena. Gol Joshua Kimmich di menit 63 membuat Arsenal harus mengakui keunggulan Bayern Munchen dengan skor 1-0 dan berakhir dengan agregat 3-2 untuk kemenangan Bayern Munchen.

4. Manchester City kalah dramatis setelah gagal mengalahkan Real Madrid lewat adu penalti di perempat final

Rapor Seluruh Wakil Premier League di Liga Champions (UCL) 2023/2024Erling Haaland (kiri) dan Antonio Rudiger (kanan) (instagram.com/mancity)

Mimpi Manchester City untuk meraih gelar juara Liga Champions keduanya harus pupus di babak perempat final. Tim asuhan Pep Guardiola ini kalah dramatis dari Real Madrid lewat babak adu penalti.

Perjalanan Manchester City di fase grup terbilang mulus. Mereka berhasil menyapu bersih semua pertandingan dan lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan raihan sempurna 18 poin. Begitu juga di babak 16 besar, mereka dengan mudah menyingkirkan FC Copenhagen dengan agregat skor 6-2. Namun, tantangan berat menanti di babak perempat final.

Manchester City harus berhadapan dengan Real Madrid, tim raksasa yang sarat pengalaman di Liga Champions. Leg pertama di Santiago Bernabeu berlangsung sengit (10/4/2024). Manchester City sempat unggul 3-2, namun Real Madrid berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di menit ke-79 lewat tendangan voli Federico Valverde.

Leg kedua di Etihad Stadium tak kalah seru. Real Madrid unggul 1-0 terlebih dahulu, namun Manchester City kembali bangkit dan menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan sehingga agregat menjadi 4-4.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Di momen krusial ini, penampilan heroik kiper Real Madrid, Andriy Lunin, menjadi mimpi buruk bagi Manchester City. Dua penendang Manchester City berhasil digagalkannya. Alhasil, Manchester City harus mengakui keunggulan Real Madrid dengan skor 4-3 di babak adu penalti yang berlangsung di Etihad Stadium, Kamis (18/4/2024).

UCL 2023/2024 menjadi musim yang kelam bagi sepak bola Inggris. Keempat wakil Premier League, yaitu Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Newcastle United, semuanya telah gugur dan tidak ada satupun yang sampai babak semifinal. Kegagalan total ini tentu menjadi tamparan keras bagi sepak bola Inggris.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Real Madrid Singkirkan Manchester City

Muhamad Luthfi Maruf Photo Writer Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya