7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija Jakarta

Ada jagoanmu tidak?

Jakarta, IDN Times - Persija menjadi salah satu klub yang tak jarang diperkuat pemain naturalisasi. Setidaknya ada tujuh pesepak bola naturalisasi yang pernah menjadi bagian dari Macan Kemayoran.

Beberapa di antaranya berkarier panjang dengan Persija. Tapi tak sedikit juga yang hanya sebentar memperkuat skuad Persija.

Baca Juga: Ketum PSSI Indikasikan Kebut Naturalisasi Thom dan Ragnar

1. Arnold Van Der Vin

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaLogo Persija Jakarta (Persija.id)

Pemain naturalisasi pertama yang membela Persija Jakarta adalah Arnold van der Vin. Resmi menjadi WNI pada 1950-an, Van der Vin berseragam Persija pada 1948 hingga 1954.

Selama berseragam Persija, Arnold Van der Vin sudah bermain sebanyak 30 kali. Van der Vin menempati posisi penjaga gawang. Dia kemudian pensiun di Penang FA.

2. Stefano Lilipaly

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaStefano Lilipaly (twitter.com/PSSI)

Persija baru kembali diperkuat pemain naturalisasi pada 2015 lalu. Kala itu, Stefano Lilipaly memutuskan untuk berseragam Persija.

Lilipaly mengambil sumpah kewarganegaraan Indonesia pada 2011 lalu. Kariernya di Persija Jakarta tak panjang karena kompetisi sempat dihentikan di Indonesia.

Pergi meninggalkan Persija, Lilipaly kembali ke sepak bola Indonesia saat bergabung dengan Bali United pada 2017 silam.

3. Raphael Maitimo

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaRaphael Maitimo (instagram.com/raphaelmaitimo)

Pada tahun yang sama, Persija juga mendatangkan pemain naturalisasi lainnya. Raphael Maitimo diminta memperkuat Macan Kemayoran untuk gelaran Piala Jenderal Sudirman.

Raphael Maitimo tercatat sudah tampil tujuh kali bersama Persija. Tak sekadar tampil, Raphael Maitimo juga menyumbang tujuh gol untuk skuad.

4. Osas Saha

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaDua mantan pemain PSM Makassar, Osas Saha (PSBS Biak) dan Rachmat Latief (Persipal Palu). (Kolase Berbagai Sumber)

Pada 2018, Persija kembali diperkuat pemain naturalisasi. Pemain kelahiran Nigeria, Osas Saha, memperkuat Persija selama satu musim.

Sebelum pindah ke Tira Persikabo, Osas Saha menorehkan dua gol dari 13 pertandingannya bersama Persija. Pada 2022, Osas Saha diketahui memperkuat Persita Tangerang.

5. Beto Goncalves

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaPesepak bola Madura United Beto Goncalves (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Ganjar Mukti dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Sabtu (8/1/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/rwa.

Alberto Goncalves da Costa atau akrab disapa Beto Goncalves juga pernah bermain untuk Persija. Pesepak bola kelahiran Brasil, 31 Desember 1980 ini bermain untuk Persija pada 2019 lalu.

Kala itu, Beto Goncalves bermain dengan status pemain pinjaman dari Madura United. Beto resmi menjadi WNI pada 6 Februari 2018 lalu dan membela Timnas U-23 dalam laga uji coba melawan timnas Thailand kala itu.

6. Otavio Dutra

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaPemain Persija, Otavio Dutra. (persija.id).

Otavio Dutra juga pernah memperkuat Persija Jakarta. Pemain kelahiran Portaleza, Brasil ini disumpah sebagai WNI pada 2019 lalu.

Otavio Dutra berseragan Persija pada 2020 lalu. Usai bermain dalam 25 pertandingan, Otavio Dutra hengkang dari Persija. Kini, Otavio Dutra menjadi bagian dari PSBS Biak yang dapat promosi ke Liga 1 musim depan.

7. Marc Klok

7 Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persija JakartaGelandang Timnas Indonesia dan Persib, Marc Klok. (IDN Times/Tino).

Marc Anthony Klok atau akrab disapa Marc Klok juga pernah bermarkas bersama Persija Jakarta. Dia berseragam Persija pada 2020 lalu ketika memproses naturalisasinya.

Namun, karier Marc Klok di Persija tak lama. Pemain berdarah Belanda itu memutuskan hengkang ke klub rival Persija, Persib Bandung.

Baca Juga: Persija Semprot Wasit Usai Kalah dari Arema FC

Baca Juga: Pertahanan Persija Loyo, Thomas Doll Ngamuk

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya