AFF Umumkan Shopee Resmi Jadi Mitra Utama Kejuaraan Klub ASEAN

Diberi nama Shopee Cup

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi menggandeng raksasa e-commerce Shopee. Dalam pernyataan resmi, Shopee akan menjadi mitra utama Kejuaraan Klub ASEAN perdana.

Kemitraan ini diakhiri oleh mitra komersial eksklusif AFF, SPORTFIVE, dan juga termasuk dengan menjadi Mitra Presentasi Kejuaraan ASEAN besar AFF lainnya.

"Hari ini menandai tonggak bersejarah dalam sepak bola ASEAN. Shopee Cup™ akan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi sepakbola di kawasan ini. Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," ujar Presiden AFF, Khiev Sameth mengutip keterangan tertulis pada Kamis (4/4/2024).

1. Turnamen diberi nama Shopee Cup

AFF Umumkan Shopee Resmi Jadi Mitra Utama Kejuaraan Klub ASEANTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bermitra dengan Shopee, AFF memberi nama untuk Kejuaraan Klub ASEAN perdana ini dengan titel Shopee Cup. Ini menjadi kompetisi klub regional resmi pertama di Asia Tenggara.

Nantinya, tiap klub yang memenangkan pertandingan akan bergelar Juara Klub ASEAN tiap tahunnya. Kegiatan ini dilakukan dengan dorongan semangat terhadap sepak bola klub di salah satu pasar konsumen terbesar di dunia dan wilayah asal Shopee.

"Shopee Cup memberikan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi dengan demografi kaum muda. Melalui ini, kami berharap dapat memperkenalkan merek Shopee kepada khalayak baru dan tetap berhubungan dengan pembeli yang sudah ada, dengan cara yang menghibur dan menyenangkan," ujar Chief Commercial Officer Shopee, Zhou Jun Jie mengutip keterangan tertulis.

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam: Bak Final Piala AFF atau SEA Games

2. Digelar hingga Mei 2025

AFF Umumkan Shopee Resmi Jadi Mitra Utama Kejuaraan Klub ASEANAFF resmi bekerja sama dengan Shopee (dok. Istimewa)

Shopee Cup rencananya akan digelar dalam format liga dengan babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup. Disebutkan akan ada 14 klub terkemuka se-Asia Tenggara yang akan berkompetisi dalam turnamen ini.

Ajang ini rencananya akan mulai berlangsung mengikuti kalender Eropa yakni pada 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025. Terjadwal akan ada 40 pertandingan sepanjang musim Shopee Cup.

Baca Juga: Semarang Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 atau U-16 2024

3. Sekilas soal sistem Shopee Cup

AFF Umumkan Shopee Resmi Jadi Mitra Utama Kejuaraan Klub ASEANTimnas Indonesia saat merengkuh gelar runner-up di Piala AFF 2020. (twitter.com/nadeowinataa_1)

Shopee Cup disebut akan menampilkan juara liga nasional. Dua tim akan bertanding masing-masing dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Serta masing-masing satu tim dari Filipina dan Singapura.

Sementara itu, juara liga nasional Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di babak grup turnamen dalam babak play-off kualifikasi.

Sebanyak 30 pertandingan penyisihan grup akan dimainkan dengan sistem kandang atau tandang selama lima hari. Skuad yang berada di pertama dan kedua dari masing-masing grup akan lolos ke semi final.

Disebutkan, laga empat besar dan final akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang.

Baca Juga: Di AFF 2024, Dirut Mandiri Bagikan Kisah Sukses Transformasi Digital

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam: Bak Final Piala AFF atau SEA Games

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya