Arkhan Kaka Menghilang dari Timnas U-17, Bukan Dicoret!

Sudah komitmen dengan Persis Solo

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman, buka suara soal menghilangnya Arkhan Kaka dari pemusatan latihan. Bima menegaskan Arkhan Kaka tidak dicoret dari Timnas U-17.

Saat ini, Arkhan Kaka hanya dipulangkan ke klubnya, Persis Solo. Sebab, itu sudah sesuai dengan kesepakatan antara manajemen Timnas U-17 dengan Persis.

"Bukan dicoret," kata Bima Sakti ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17

1. Ada perjanjian dengan klub

Arkhan Kaka Menghilang dari Timnas U-17, Bukan Dicoret!Pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Persis, disebutkan Bima, memiliki kepentingan pula dengan Arkhan Kaka. Sebab, mereka juga butuh tenaga Arkhan Kaka. Memang, ada hak klub buat bertindak demikian, karena pemusatan latihan digelar bersamaan dengan kompetisi dan di luar jeda internasional.

Jadi, manajemen Timnas U-17 dan Persis membuat perjanjian tertentu. Kebijakan ini, juga diterapkan oleh manajemen Timnas U-17 dengan klub lain yang pemainnya dipanggil.

"Kemarin sudah komitmen dengan Persis, Kaka akan kami panggil dua pekan TC. Itu sangat penting buat Kaka juga, dan buat pemain lain. Sebab, di awal TC, kami melakukan beberapa tes. Hasilnya sudah ada dan setelah dua pekan, kami kembalikan ke klub," kata Bima.

2. Bukan hanya Arkhan Kaka yang dipulangkan

Arkhan Kaka Menghilang dari Timnas U-17, Bukan Dicoret!Pemain Timnas U-17, Arkhan Kaka. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Bukan hanya Arkhan Kaka yang dipulangkan Bima ke klubnya. Hal serupa juga dialami pemain PSM Makassar, Sulthan Zaky. Namun, Zaky masih mengikuti latihan bersama Timnas U-17, pagi tadi.

"Sebenarnya si Zaky juga (dipulangkan), tapi sementara ini masih di sini," ujar Bima.

3. Menghilangnya Arkhan Kaka sempat jadi sorotan

Arkhan Kaka Menghilang dari Timnas U-17, Bukan Dicoret!Arkhan Kaka dan Nabil Asyura (Instagram/pssi)

Menghilangnya Arkhan Kaka sempat menjadi sorotan. Sebab, dia merupakan pemain kunci kala Bima menukangi Timnas U-16.

Arkhan Kaka menjadi motor utama di lini tengah Timnas U-16 dalam Piala AFF U-16. Dengan komandonya, Timnas U-16 berhasil jadi juara.

Pun, sensasi Arkhan Kaka berlanjut di Liga 1 2022/23. Dia menjadi pemain termuda yang melakoni debut saat usianya baru 15 tahun bersama Persis.

Baca Juga: Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17

Baca Juga: Bima Sakti Pastikan Gak Ada Pemain Titipan di Timnas U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya