Bacuya Is Back! Dipilih Jadi Maskot Piala Dunia U-17 2023

Bacuya jadi maskot

Jakarta, IDN Times - FIFA secara resmi meluncurkan lambang resmi Piala Dunia U-17 FIFA 2023. Badak jawa diangkat menjadi maskot Piala Dunia U-17.

Piala Dunia U-17 sendiri rencananya akan berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Ini bukan kali pertama Badak Cula Cahaya alias Bacuya menjadi maskot. Sejatinya, Bacuya ditunjuk menjadi maskot Piala Dunia U-20 yang semula direncanakan berlangsung di Indonesia.

1. Filosofi Bacuya

Bacuya Is Back! Dipilih Jadi Maskot Piala Dunia U-17 2023Logo piala dunia U-17 2023 (dok.FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023)

Bacuya merupakan badak bercula yang mengacu pada nama hewan asli Indonesia. Filosofi Bacuya adalah badak jawa muda yang sangat pemalu dan pendiam. Namun, rasa ingin tahunya memaksa untuk berlari dengan tabah ke lapangan seperti ingin mencari sesuatu.

Bacuya punya kisah panjang dalam filosofinya. Bacuya adalah pembela. Dia memperjuangkan hak anak muda untuk bersenang-senang dan berekspresi.

Dia juga adalah penjaga talenta muda dan mercusuar untuk masa depan sepak bola. Bacuya siap bangkit bersama generasi baru.

Baca Juga: 11 Fakta Badak Jawa, Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023

2. Bacuya harusnya jadi maskot Piala Dunia U-20

Bacuya Is Back! Dipilih Jadi Maskot Piala Dunia U-17 2023Maskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya. (Dok. Kemenpora).

Indonesia sebelumnya sempat diagendakan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, polemik panas di dalam negeri membuatnya batal menjadi tuan rumah.

Sejatinya, Bacuya menjadi maskot dalam ajang Piala Dunia U-20 tersebut. Bacuya sudah sempat diperkenalkan pada Semptember 2022 lalu.

Bacuya berpakaian menggunakan jersey Tim Nasional Indonesia berwarna merah putih. 

3. Indonesia debut di Piala Dunia U-17

Bacuya Is Back! Dipilih Jadi Maskot Piala Dunia U-17 2023TC Timnas U-17 di Jakarta. (pssi.org)

Indonesia untuk pertama kalinya bakal mentas di Piala Dunia U-17. Berstatus tuan rumah, Timnas U-17 secara otomatis dapat slot berlaga di ajang ini.

Indonesia menempati pot pertama bersama Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jepang.

Total ada 24 negara yang akan berlaga di Piala Dunia U-17. Pada edisi sebelumnya, Brasil mencuat menjadi juara pada 2019. Tim Samba Junior yang bertindak sebagai tuan rumah jadi yang terbaik setelah menggasak Meksiko 2-1 di laga puncak.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sudah Teken Jaminan untuk Piala Dunia U-17

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya