Banyak Peluang Terbuang, Indonesia Menang Tipis Lawan Timor Leste

Indonesia berharap menjadi runner up terbaik untuk lolos

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 menang tipis melawan Timor Leste dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF U-23 2023 di Rayong Province Stadium, Thailand, Minggu (20/8/2023). Skuad asuhan Shin Tae Yong menang dengan skor 1-0.

Gol semata wayang Timnas Indonesia dicetak bomber asal Persis Solo, Muhammad Ramadhan Sananta pada menit ke-45+1. 

Timnas Timor Leste menekan sejak awal laga. Beberapa kali, Timor Leste mengancam gawang Timnas Indonesia pada awal pertandingan.

Para pemain Timnas Indonesia juga memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol. Namun, eksekusi yang tak maksimal membuat peluang terbuang sia-sia. 

Gol baru tercipta setelah Ramadhan Sananta membobol gawang Timor Leste pada akhir babak pertama. Sananta sukses mengeksekusi umpan manis dari Beckham Putra. Indonesia unggul 1-0.

Pada babak kedua, anak asuh Shin Tae Yong terus menggempur pertahanan Timor Leste. Setidaknya ada lima peluang emas yang terbuang sia-sia.

Pada menit ke-50, tembakan Sananta ke arah gawang melebar dan keluar lapangan. Sementara pada menit ke-66, Sananta kembali mendapat peluang menambah angka. Sayang, peluang tersebut tak tereksekusi dengan baik.

Pada menit ke-70, Sananta yang menerima bola di dekat gawang Timor Leste gagal mencetak gol. Tendangannya melambung ke atas mistar.

Pada menit ke-78, sepakan Sananta meluncur mulus ke gawang Timor Leste. Namun, hakim garis mengangkat bendera karena bomber asal Persis Solo itu lebih dulu terperangkap offside.

Timor Leste sempat mencoba memberi tekanan. Namun, tak ada gol yang tercipta.

Skuad Garuda terus menyerang hingga peluit panjang dibunyikan. Namun, skor 1-0 bertahan hingga akhir waktu.

Meski menang, Indonesia belum memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Indonesia kini berada di posisi kedua Grup, usai kalah dengan skor 1-2 melawan Malaysia pada laga pertama.

Indonesia tinggal berharap menjadi runner-up grup terbaik dari tiga grup yang ada untuk melaju ke empat besar Piala AFF U-23 2023.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya