Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Kiper Baru

Cyrus meramaikan persaingan kiper Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Cyrus Ashkon Margono resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Itu terjadi setelah Cyrus mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Kamis (21/3/2024).

Cyrus memang menjadi salah satu pemain yang ditargetkan untuk dinaturalisasi. Bermain buat Panathinaikos B, kualitas Cyrus dianggap mumpuni untuk mengawal gawang Timnas.

1. Baru selesai disumpah sekitar pukul 09.55 WIB

Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Kiper BaruCyrus Margono resmi menjadi Warga Negara Indonesia (YouTube.com/Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

Cyrus sebenarnya sudah tiba di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta kisaran pukul 08.15 WIB. Mengenakan setelan jas dan bawahan hitam dipadankan dengan kemeja putih, Cyrus tampak antusias menanti proses pengambilan sumpahnya

Ada beberapa orang lainnya yang ikut diambil sumpah sebagai WNI. Pengambilan sumpah digelar kisaran pukul 09.15 WIB dan berakhir pada pukul 09.55 WIB.

Baca Juga: Segera Jadi WNI, Cyrus Margono Mau Bela Timnas Indonesia

2. Jadi WNI lagi setelah sempat dilepas

Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Kiper BaruCyrus Margono resmi menjadi Warga Negara Indonesia (YouTube.com/Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)

Cyrus merupakan pemain berdarah keturunan Indonesia-Iran yang lahir di Amerika Serikat. Ayahnya merupakan WNI sementara ibunya berkewarganegaraan Iran.

Sebenarnya, pemain kelahiran 9 November 2001 ini sempat menyandang status WNI, makanya dianggap pemain diaspora atau berdarah keturunan Indonesia. Tapi, dia pernah melepas status WNI miliknya. Kini, dia kembali menyandangnya.

Demi mendapatkan status WNI-nya kembali, pemain berusia 21 tahun tersebut diproses menggunakan PP No 21 Tahun 2022.

3. Bukan permintaan Shin Tae Yong

Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Kiper BaruCalon pemain naturalisasi Indonesia, Cyrus Margono. (Instagram/@cmargono).

Mantan utusan PSSI di era Mochamad Iriawan, Hamdan Hamedan, tak menampik perpindahan kewarganegaeaan yang dijalankan Cyrus bukan permintaan langsung dari pelatih Timnas, Shin Tae Yong. Namun asisten pelatih Shin disebut Hamdan kepincut dengan Cyrus dan ingin memantaunya lebih dekat. Dengan syarat, sudah berstatus WNI.

"Salah satu tim kepelatihan Coach STY memberitahu saya, mereka ingin melihat Cyrus lebih dekat, asalkan dia punya paspor Indonesia, sehingga tidak perlu naturalisasi," ujar Hamdan.

"Intinya, Cyrus Margono ingin kembali menjadi WNI sehingga dia memenuhi syarat untuk dipanggil ke Timnas Indonesia, karena keputusan pemanggilan pemain ada di pelatih kepala," lanjutnya.

Baca Juga: Menanti Pecah Telur Penyerang Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya